ILLOSA NATHANIA SUTANTO 0411010042

) merupakan tanaman yang penting dan produksinya di dunia menempati urutan ketiga setelah padi dan gandum. Selama ini stik hanya diolah dengan menggunakan tepung terigu sebagai bahan dasar. Sedangkan di Indonesia menempati urutan kedua setelah padi. Pengolahan jagung menjadi stik jagung dilakukan dengan menggunakan teknologi ekstrusi.LATAR BELAKANG Jagung (Zea mays L. Stik merupakan makanan ringan yang mudah dilakukan pengolahannya karena prosesnya relatif mudah dan harga terjangkau. .

2. Memenuhi persyaratan untuk menyelesaikan jenjang pendidikan Strata 1 di Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Mahasiswa dapat mengkorelasikan dan menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama perkuliahan dengan realitas yang ada di lapangan .TUJUAN Tujuan Umum : 1.

dan aspek ketenagakerjaan. perkembangan perusahaan. mempelajari dan memahami lebih jauh aspek penerapan bidang teknologi hasil pertanian di PT Sunny Boy Indonesia khususnya proses ekstrusi yang diterapkan. yang meliputi sejarah. Mengetahui secara umum kondisi di PT Sunny Boy Indonesia. Mengetahui. 2. struktur organisasi. .Tujuan Khusus 1.

Sunny Boy yang berlokasi di Jalan Simpang Industri No. 8A Lawang . pada tanggal 2 – 27 Mei 2011.Malang. .Tempat dan Waktu PKL Praktek Kerja Lapang dilaksanakan di PT.

Metode Pelaksanaan PKL 1. Praktek kerja. 3. . Studi literatur. sebagai bahan pembanding atau pun untuk memperkuat seluruh aspek yang berkaitan dengan kegiatan Praktek Kerja Lapang yang dilakukan. Sunny Boy Indonesia beserta tempat pelaksanaan yang berkaitan. 4. Observasi. Sunny Boy Indonesia untuk memperoleh informasi yang diperlukan. yaitu melihat seluruh kegiatan produksi yang dilakukan oleh PT. 2. Wawancara dan diskusi dengan staf dan karyawan di PT. yaitu ikut serta dalam membantu aktivitas produksi yang sedang berlangsung sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh perusahaan.

Diagram Alir Proses Produksi Grit Jagung Menir Beras Mixing Pewarna Extruding Pengovenan Flavoring Bumbu Packaging .

perasa serta pewarna dengan tujuan memperoleh adonan yang homogen .Mixing Mixing merupakan proses pencampuran dan pengadukan bahan dasar (grit jagung) dengan bahan penunjang lainnya seperti menir beras.

Extruding Secara spesifik. ekstrusi dapat didefinisikan sebagai proses mendorong bahan didalam laras (barrel) dengan mekanisme transport menggunakan ulir (screw) melewati suatu lubang atau die untuk menghasilkan bentuk yang diinginkan .

menjadikannya awet selama penyimpanan bila dikemas dengan baik.Pengovenan Proses ini bertujuan untuk mengurangi kadar air sehingga kadar aw stik jagung sangat rendah. Selain itu. dapat diperoleh tekstur yang diinginkan yaitu renyah .

Proses ini menggunakan mesin seperti molen dengan alat penyemprot bumbu (berupa bubuk) .Flavoring Merupakan proses pemberian flavor pada stik jagung yang telah dioven. agar diperoleh cita rasa sesuai dengan yang diinginkan.

Packaging Packaging merupakan proses terakhir dalam proses produksi stik jagung. Stik jagung diletakkan pada mesin pengemas secara manual .

.

Kesimpulan Ekstrusi merupakan suatu proses yang mengkombinasikan beberapa proses meliputi pencampuran. pemasakan. penghancuran. pencetakan. dan pembentukan. pengadonan. Sunny Boy Indonesia . seperti stik jagung ‘SAGA’ yang diproduksi oleh PT. Teknologi ekstrusi dapat diaplikasikan pada pembuatan snack.

Selain itu. Namun ada baiknya jika masing-masing proses produksi dicatat dengan pasti lama masing-masing prosesnya. kebersihan lingkungan produksi juga harus lebih diperhatikan .Saran PT. Sunny Boy Indonesia merupakan perusahaan skala kecil yang memiliki sistem produksi yang sudah tertata dengan baik.

.

W_\aSZ _`^a_ W^a\SSZ _aS`a \^[_W_ SZY WZY[TZS_SZ TWTW^S\S \^[_W_ W\a` \WZUS\a^SZ \WS_SSZ \WZYSV[ZSZ \WZYSZUa^SZ \WZUW`SSZ VSZ \WTWZ`aSZ WZ[[Y W_`^a_ VS\S` VS\S_SZ \SVS \WTaS`SZ _ZSU _W\W^` _` SYaZY   SZY V\^[Va_ [W  aZZ [ ZV[ZW_S .

S^SZ  aZZ [ ZV[ZW_S W^a\SSZ \W^a_SSSZ _SS WU SZY W __`W \^[Va_ SZY _aVS `W^`S`S VWZYSZ TS SaZ SVS TSZ S S S_ZYS_ZY \^[_W_ \^[Va_ VUS`S` VWZYSZ \S_` SS S_ZYS_ZY \^[_W_Z S WSZ `a WTW^_SZ ZYaZYSZ \^[Va_ aYS S^a_ WT V\W^S`SZ .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful