DASAR – DASAR JARINGAN KOMPUTER

Abdul Hamid A. Nawawi hameed@linuxmail.org registered GNU/Linux user #343957

Preambule
  

Komputer muncul sejak tahun 1950-an Komputer generasi awal digunakan untuk pemrosesan tunggal (single processing) Perkembangan teknologi memungkinkan komputer dapat terhubung dengan komputer lain (jaringan). Yang dimaksud dengan terhubung adalah terhubung menggunakan media komunikasi (wired atau wireless) dengan menggunakan protokol (aturan) komunikasi.

Manfaat jaringan komputer

 

Mengintegrasikan dan berbagi pakai peralatan. Komunikasi. Perlindungan data dan informasi.

Pengelompokkan jaringan komputer
  

Berdasarkan ruang lingkup Topologi Arsitektur

Jaringan komputer berdasarkan ruang lingkup
 

  

Jaringan komputer lokal – LAN Interkoneksi jaringan komputer lokal – InterNetwork Jaringan komputer metropolitan – MAN Jaringan komputer skala luas – WAN Internet

Jaringan komputer berdasarkan topologi

Topologi Bus Kelebihan: - Mudah dikembangkan - Hemat kabel. Kekurangan: - Jumlah terminal terbatas. - Jika ada terminal yang rusak/mati maka keseluruhan jaringan juga akan rusak/mati. - Lalu-lintas data padat - Diperlukan repeater untuk jarak jauh

Topologi Ring Kelebihan: - Hemat kabel. Kelemahan; - Peka terhadap kesalahan. - Pengembangan jaringan kaku.

Topologi Star Kelebihan: - Mudah dikembangkan, baik untuk penambahan maupun pengurangan terminal. - Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan komputer lain. - Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan. - Kemudahan pengelolaan jaringan. Kekurangan: - Tergantung penuh dengan terminal pusat (hub,switch) menjadi titik krisis, jika terminal pusat mengalami masalah maka jaringan pun akan bermasalah juga. - Boros kabel.

Jaringan komputer berdasarkan arsitektur

Peer to peer (P2P)

Client – Server

TCP/IP

TCP/IP adalah Protokol utama yang digunakan dalam jaringan internet yang diciptakan oleh departemen pertahanan Amerika. TCP/IP saat ini digunakan secara luas dari mulai jaringan LAN hingga tahap internet.

Alamat IP

 

Supaya data yang dikirimkan dapat mencapai tempat yang dituju, dalam jaringan internet ada yang disebut alamat IP. Alamat IP terdiri dari dua bagian, yaitu bagian alamat jaringan dan bagian alamat host. Setiap alamat IP memiliki alamat host sekaligus alamat jaringan. Alamat IP berbentuk bilangan empat angka desimal dipisahkan dengan titik. Contoh sebuah alamat IP adalah sebagai berikut: 179.168.0.1

Pengalamatan IP

Berdasarkan lingkup kerjanya IP dibagi menjadi dua, yaitu IP local dan IP publik. Alamat IP local dibagi menjadi kelas-kelas, yaitu A, B dan C:
Alamat IP
10.0.0.0 10.255.255.255 172.16.0.0 172.31.255.255 192.168.0.0 192.168.255.255

Kelas
A B C

Jumlah jaringan
1 16 256

Hardware dan Software pendukung jaringan komputer

Hardware - Network Interface Card (NIC)

NIC

Wireless-NIC

-

Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP). Kabel UTP ini memiliki delapan sub (kabel yang lebih kecil). Kabel UTP ini digunakan sebagai media penghubung wired-NIC, sedangkan untuk Wireless-NIC maka tidak diperlukan lagi kabel UTP ini.

Kabel UTP

-

Konektor RJ-45 Dalam urutan pemasangan kabel UTP ke konektor terbagi dua jenis tergantung dengan terminal yang akan dihubungkan, Straight dan Cross. Straight digunakan untuk menghubungkan terminal yang tidak sejenis, misalkan komputer dengan hub/switch. Sedangkan Cross digunakan untuk menghubungkan terminal yang sejenis, misalkan komputer dengan komputer, hub dengan hub.

Konektor RJ-45

Urutan Straight dan Cross-over

-

Switch, Hub dan Access-Point

Switch

Access-Point Hub

 -

Software Sistem Operasi → Linux Linux diciptakan pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds, Selain murah dan sifat free nya, Linux terkenal akan keunggulannya dibidang keamanan.

→ Berkeley Software Distribution (BSD) BSD dikembangkan di Universitas Berkeley, California. BSD merupakan versi UNIX yang dikembangkan sejak tahun 1970. BSD banyak digunakan sebagai di server-server yang bertebaran di Internet. BSD juga bersifat free dan bebas dikembangkan oleh siapa saja.

→ Windows Diciptakan pertama kali oleh Bill Gates pada tahun 1985. Selama ini diakui memang system operasi windows ini mudah digunakan. Untuk urusan game dan multimedia, diantara ke-tiga system tersebut windows yang paling unggul.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful