MEKANIKA GERAK KENDARAAN

PROGRAM STUDI DIPLOMA III OTOMOTIF Institut Teknologi Indonesia
J. Victor Tuapetel, Ph.D

KOMPONEN UTAMA KENDARAAN
4 Komponen utama pada kendaraan : 1. Komponen mesin atau pembangkit tenaga. 2. Komponen sasis, yang termasuk didalamnya penyalur daya dan transmisi, suspensi, sistem kemudi, sistem rem, roda, rangka. 3. Komponen Bodi termasuk untuk keindahan, pelinding dan kenyamanan penumpang. 4. Komponen pengaman, pengendalian dan navigasi.

Komponen pembangkit tenaga (mesin torak dan mesin rotary, Wankel)

Kendaraan dengan tenaga matahari

Kendaraan dengan tenaga hibrid

Komponen Rangka Chasis

Komponen body

Komponen Penyalur Daya

Penyalur daya dari mesin sampai ke roda penggerak

Sistem transmisi manual

Sistem transmisi otomatis

Komponen Pengarah Gerak (Kemudi)
Fungsi : mengarahkan gerakkan kendaraan sesuai dengan arah yang diinginkan. 2 Model sistem yaitu : 1. Sistem kemudi dua roda (two wheel stearing-2WS). 2. Sistem kemudi empat roda (four wheel stearing-4WS) Tenaga penggerak roda : sistem manual dan sistem power steering. Sistem manual adalah sistem kemudi yang tenaga untuk membelokkan roda seluruhnya dari tenaga pengemudi. Sistem power steering : sistem kemudi yang tenaga untuk membelokkan roda datang dari tenaga fluida, gas, udara atau tenaga listrik.

 Sistem kemudi harus dirancang besaran sudut belok roda kiri dan kanan sedemikian rupa agar pada saat kendaraan berbelok kendaraan mempunyai satu titik putar sementara (instantenous centre) agar keausan roda bisa berimbang.  Pada saart berbelok roda sebelah dalam harus berbelok lebih besar dibandingkan belokan roda sebelah luar.
 Keunggulan sistem kemudi empat roda dari dua roda :  dapat berbelok tajam atau dapat melakukan parkir dengan ruang gerak yang lebih sempit.  dapat menghindari kendaraan over steer, sehingga kestabilan arah kendaraan lebih terjamin dengan membelokkan roda belakang searah dengan belokan roda depan.

Sistem kemudi 4 roda, belokan roda belakang dapat dilakukan dengan sistem mekanis, sistem hidrolis, dan sistem elektronik-mekanik.

Komponen Rem : untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan. Sumber gaya untuk pengereman :  sistem rem manual, gaya pengereman seluruhnya dari injakan pedal rem.  sistem power brake, gaya pengereman dari gaya sistem hidrolik, pneumatik atau sistem elektrik.

Sistem pengereman dimana roda tidak sampai “lock” dikenal dengan sebutan Anti-lock Brake System (ABS).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful