Sistem Integument

By.Zeti Harriyati

Sistem Integument

Terdiri dari :

 Kulit
 Derivat

dari Kulit :- Kulit -Rambut - Kelenjar, termasuk disini kelenjer sebasea dan kelenjar keringat, payudara, gigi

Fungsi Kulit

Fungsi Kulit

( ektoderm dan Mesoderm) .Kulit  Kulit terdiri dari 2 lapisan yang berasal dari 2 lapisan germinal yang berbeda.

lapisan dalam yang lebih padat. berasal dari mesoderm  . jaringan epitel permukaan yang berasal dari ektoderm permukaan Dermis .Kulit  Epidermis. disusun oleh connective tissue yang tidak beraturan.

.

Kulit (Embriologi) Epidermis  Selama Trimester 1 dan 2. terjadi pertumbuhan epidermis dengan berbagai tingkatan.  peningkatan ketebalan dari epidermal .

 Sel ini kemudian berproliferasi dan membentuk epitel squamosa = periderm. membentuk lapisan dibagian luar dengan sel lebih tipis dan diameter lebih besar dari sebelumnya (epitel squamosa)---Periderm  . dan lapisan basal germinativum  Ektoderm embrio mula-mula terdiri dari sel kuboid selapis---minggu ke5.Epidermis Primordia dari epidermis adalah sel ektoderm permukaan.

.

Mesenchyme . Ectoderm 2.Minggu ke-4 1.

Mesenchyme . Basal layer 3. Periderm 2.Minggu ke-7 1.

.

Epidermis  Lapisan basal germinal dari epidermis membentuk stratum germinativum. menghasilkan sel baru selanjutnya membentuk lapisan permukaan.  Pada minggu ke -11. sel-sel yang berasal dari stratum germinativum membentuk lapisan intermediet .

Formation of the skin . Mesenchyme . Periderm 2. Migrating melanoblast 5. Intermediate layer 4. Basal layer 3.11th week 1.

Epidermis .

Epidermis  Periderm terus menerus mengalami keratinosit dan desquamosa. dan selanjutnya digantikan oleh sel yang berasal dari lapisan basal germinal .

Perkembangan Epidermis .

 Sel-sel periderm biasanya dibuang selama trmester kedua masa janin dan dapat ditemukan dalam cairan amnion. .

 Terjadi penggantian sel periderm sampai kira-kira minggu 21. setelah itu periderm tidak didapatkan lagi. Proliferasi dari sel stratum germinativum juga membentuk epidermal ridge (garis epidermis) yang berkembang sampai kedermis.  Pola garis ini :  -Pemeriksaan FingerPrint pada kasus kriminal  -Genetika kedokteran  .yang terbentuk stratum corneum.

Dermis  Dermis berkembang dari mesenkim yang berasal dari mesoderm .

letaknya lebih kedalam lapisan papilaris). Stratum Compactum (lapisan retikuler/tebal.Reseptor.Serat kolagen tersususn dalam berkas yang kasar yang saling bersilangan satu sama lain .kapiler darah dan limfe .Dermis B. Meisner dll .tdd: -.

Rambut  Rambut .

mulai berkembang pada awal periode fetus ( minggu 9-12) tapi belum mudah dikenali sampai minggu ke -20 Folikel rambut mulai proliferasi pada stratum germinativum pada epidermis dan meluas kedalam laisan dermis  Rambut pertama dikenali sebagai rambut lanugo  .Rambut  Rambut.

Pembentukan rambut .

Kelenjar keringat Terletak sepanjang tubuh dan berasal dari pertumbuhan kebawah dari epidermis sampai dasar mesenkim (dermis)  .

.

.

Kelenjer minyak .

.

 Pada mudigah 7 minggu garis ini terbentang dikiri-kana tubuh dari pangkal lengan samapai tungkai bawah. garis atau rigi susu.Kelenjar payudara.  Penebalan epidermis yang menyerupai pita.  .

 Ductus lactiferus pada mulanya bermuara kesebuah lubang epitel kecil. tunas induknya membentuk saluransaluran kecil dan alveoli kelenjer susu.tunastunas epitel ini berongga membentuk ductus lactiferus. lubang ini berubah menjadi putting susu karena mesenkim dibawahnya berproliferasi  .Menjelang akhir masa kehidupan pralahir.  Setelah lahir.

Pembentukan kelenjar payudara .

Penyakit kulit Genetik  Penyakit kulit Genetik .

Iktiosis  Iktiosis .

.

Keratosis piliaris  Keratosis piliaris .

 Selamat belajar .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful