Akhmadi Subbag Keperawatan Komunitas

Model Pengkajian y berfungsi untuk memandu perawat kesehatan komunitas dalam melakukan pengkajian. y Model pengkajian akan mempengaruhi jenis dan metode dalam pengumpulan data. 2001). . sistem dan susunannya (Soukhanov. y Model pengkajian ini akan memberikan batasan umum.1984 dikutip dari Ervin.

2000. . y Model ini memberi penekanan pada filosofi yang mendasari perawatan kesehatan utama. model komunitas sebagai klien telah dikembangkan menjadi suatu model yang diberi nama dengan model komunitas sebagai partner. 1972 dalam Anderson dan Mc Farlane. terdapat dua fokus sentral. y Model komunitas sebagai partner. yaitu fokus pada komunitas sebagai partner (direpresentasikan oleh roda pengkajian komunitas pada bagian atas.Model Pengkajian y Berdasarkan pada model pendekatan dari Neuman. yang menggabungkan orang-orang dari komunitas sebagai inti) dan penggunaan proses keperawatan.

y Subsistem-subsistem ini adalah: lingkungan fisik. komunikasi. pendidikan. . dan rekreasi (Anderson & McFarlane. 2001). y Yang termasuk dalam inti adalah demografis dari populasi. serta nilai-nilai. layanan kesehatan dan sosial.Model Pengkajian y Inti dari roda pengkajian merepresentasikan orang-orang yang menyusun komunitas. y Orang-orang dari komunitas. politik dan pemerintah. ekonomi. mempengaruhi dan dipengaruhi oleh delapan subsistem dari komunitas. keamanan dan transportasi. dan sejarah-nya. kepercayaan.2000 dalam Ervin.

y Metoda yang digunakan dalam mencari data ini adalah literatur review dari laporan Puskesmas dan Kelurahan . y Perkembangan terjadinya masalah gizi buruk pada anak usia balita. Inti Komunitas a. Jumlah populasi khususnya balita dengan karakteristik umurnya dan jenis kelamin. Demografi dan Sejarah y Sejarah terbentuknya komunitas. sejarah tentang riwayat daerah yang berhubungan dengan kejadian gizi buruk dan kurang pada anak balita.Cth: Penerapan balita gizi buruk 1.

Statistik y Angka kesakitan : meliputi jumlah anak balita dengan gizi buruk dan gizi kurang. y Angka Kematian : meliputi jumlah kematian anak balita yang disebabkan oleh gizi buruk. . y Metoda yang digunakan dalam mencari data ini adalah literatur review dari laporan Puskesmas.b.

Etnisitas y Bentuk bangunan perumahan. y Gaya hidup kelompok masyarakat terutama dalam pola makan. y Sumber data dari orang tua khususnya ibu dengan menggunakan metoda kuisioner dan fokus group discuss (FGD ). apakah berpengaruh terhadap pertumbuhan perkembangan anak usia balita y Kegiatan di kelompok masyarakat sesuai dengan budaya yang dianut. pola pemberian makanan.c. seperti kebiasaan memasak. pola penggunaan obat dan zat. pola asuh. . apakah berpengaruh terhadap kejadian gizi buruk. pola pemanfaatan layanan kesehatan.

d. nilai dan kepercayaan yang dianut oleh keluarga terkait nutrisi meliputi pantangan makanan dan keyakinan pada makanan. . Nilai-nilai dan Kepercayaan y Agama. y Sumber dari orang tua dengan metoda kuisioner. warisan budaya/ pola kebiasaan.

pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pemenuhan nutrisi.2. . Lingkungan fisik y Hal-hal yang dikaji meliputi keadaan atau kondisi rumah. adanya warung atau toko tempat menjual makanan dan sayuran. y Sumber data dari orangtua dan lingkungan dengan menggunakan metode wawancara dan Winshild Survey. adanya peternakan atau kolam ikan untuk pemenuhan nutrisi. Sub Sistem a.

dana . rencana kerja ) y Sumber daya (tenaga . ongkos . sarana Transportasi y Kecukupan dan keterjangkauan oleh pemakai dan pemberian pelayanan : . Pos Gizi) . & perencanaan) y Karakteristik pemakai (penyebaran geografi . Pelayanan Sosial dan Kesehatan y Fasilitas pelayanan kesehatan baik didalam maupun diluar komuniti y Hospital y Praktik dokter. tempat . y Fasilitas pelayanan social baik didalam maupun diluar communiti : y Counseling support services y Pelayanan khusus (social worker) y Catatan : y Dari kedua tempat pelayanan tersebut . perawat y Puskesmas y Pelayanan kesehatan khusus (Posyandu. gaya hidup. aspek aspek / data data yang perlu dikumpulkan adalah sebagai berikut : y Pelayananya ( waktu . bidan.b.

. Ekonomi Karakteristik pendapatan keluarga / rumah tangga y Rata rata pendapatan keluarga / rumah tangga Karakteristik pekerjaan y Sumber data dari responden melalui metode kuisioner.c.

akses terhadap makanan yang tidak aman. y Keamanan makanan yang disajikan untuk balita. metode yang digunakan adalah kuisioner dan Winshield Survey. . kemudahan mendapat sumber makanan.d. y Sumber data dari responden. kemudahan mencapai akses kesehatan. Transportasi & keamanan / kenyamanan y Hal yang dikaji meliputi transportasi mencapai fasilitas kesehatan.

y Sumber data dari tokoh masyarakat dan Puskesmas melalui metode wawancara.e. . Politik dan Pemerintah y Apakah masyarakat terlibat dalam pembuatan keputusan dalam mengatasi masalah. penyusunan program di masyarakat khususnya dalam penanganan balita dengan gizi kurang / buruk? y Adakah bantuan dari pemerintah atau swasta dalam mengatasi masalah gizi.

wawancara dan kuisioner.f. Komunikasi y Media komunikasi apa yang digunakan orangtua dalam memperoleh informasi tentang gizi. y Sumber data dari responden menggunakan metode observasi. pola komunikasi yang diterapkan orangtua dalam pemberian nutrisi terhadap pemberian makanan terhadap balita. .

Pendidikan y Tingkat pendidikan orangtua yang mempengaruhi pengetahuan orangtua terkait gizi. . pengalaman orangtua tentang pendidikan terkait nutrisi.g. Sumber data dari orangtua melalui metode wawancara dan kuisioner.

. Rekreasi y Dimana anak-anak bermain? y Apa saja bentuk rekreasi utama? y Fasilitas untuk rekreasi apa yang anda lihat? Apakah bisa membantu dalam pemenuhan nutrisi anak? y Sumber data dari orangtua dengan metode wawancara dan melalui Winshield Survey.h.

PKK dan ibu rumah tangga) tentang program penanggulangan masalah gizi yang dijalankan . kader kesehatan. tokoh formal. keuntungan dan kerugiannya .Persepsi Penduduk y Bagaiamana persepsi masyarakat tentang balita kurang gizi ? y Masalah-masalah? (Tanyakan beberapa orang dari kelompok berbeda misalnya tokoh masyarakat. hambatan.

Pengkajian Diagnosis Keperawatan Komunitas Perencanaan : ‡Sehat : prevensi primer ‡Ancaman : prevensi sekunder ‡Aktual : prevensi tersier Implementasi Evaluasi (dari Community as partner . McFarlane. 2000) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful