TUGAS KDK

DISUSUN OLEH : KELOMPOK 2
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. ASTI JUWITA CLAUDIA ALVIOADARRA ENGGO AFRIANTO EKA CHANDRA EZI SUTRA FIKA ANGGRAYANTI HUTI NETRIA DIANNA JONNI PRANATA MAYSILLA FIRMA NOVI NALURITA RIRIN ERYASNITA RICKO ERIAWAN DOSEN PEMBIMBING : EMITRA FATRIONA, S.KEP,NERS

Konseptual Keperawatan Calista Roy

A. Riwayat Singkat Calista Roy

Suster Calista Roy adalah seorang suster dari Saint Joseph of Carondelet. Roy dilahirkan pada tanggal 14 oktober 1939 di Los Angeles California. Roy menerima Bachelor of Art Nursing pada tahun 1963 dari Mount Saint Marys College dan Magister Saint in Pediatric Nursing pada tahun 1966 di University of California Los Angeles.

B. Definisi dan Konsep Mayor
Konsep Mayor yang membangun kerangka konseptual model adaptasi Roy adalah:

Sistem 2. Derajat Adaptasi 3. Problem Adaptasi 4. Stimulus Fokal 5. Stimulus Konstektual 6. Stimulus Residual 7. Regulator 8. Kognator 9. Model Efektor Adaptif 10. Respon Adaptif 11. Fisiologis 12. Konsep Diri 13. Penampilan Peran 14. Interdependensi
1.

C. Model Konseptual Adaptasi Roy
Empat elemen penting yang termasuk dalam model adaptasi keperawatan adalah :

(1)Manusia; (2)Lingkungan; (3)Kesehatan; (4)Keperawatan.

1. Manusia
Roy mengemukakan bahwa manusia sebagai sebuah sistem adaptif. Sebagai sistem adaptif, manusia dapat digambarkan secara holistic sebagai satu kesatuan yang mempunyai input, control, output, dan proses Umpan balik.

2.Lingkungan
Lingkungan digambarkan sebagai dunia di dalam dan di luar manusia. Lingkungan merupakan masukan (input) bagi manusia sebagai sistem yang adaptif sama halnya lingkungan sebagai stimulus eksternal dan internal. Lebih lanjut stimulus itu dikoelompokkan menjadi tiga jenis stimulus yaitu : fokal, konstektual, dan residual. Lebih luas lagi lingkungan didefinisikan sebagai segala kondisi, keadaan disekitar dan mempengaruhi keadaan, perkembangan dan perilaku manusia sebagai individu atau kelompok.

3. Kesehatan
Menurut Roy, kesehatan didefinisikan sebagai keadaan dan proses menjadi manusia secara utuh dan terintegrasi secara keseluruhan. Integritas atau keutuhan manusia menyatakan secara tidak langsung bahwa kesehatan atau kondisi tidak terganggu mengacu kelengkapan atau kesatuan dan kemungkinan tertinggi dari pemenuhan potensi manusia. Jadi Integritas adalah sehat, sebaliknya kondisi yang tidak ada integritas kurang sehat. Definisi kesehatan ini lebih dari tidak adanya sakit tapi termasuk penekanan pada kondisi sehat sejahtera.

4. Keperawatan
Roy (1983) menggambarkan keperawatan sebagai disiplin ilmu dan praktek. Sebagai ilmu, keperawatan mengobservasi, mengklasifikasikan dan menghubungkan proses yang secara positif berpengaruh pada status kesehatan. Sebagai disiplin, praktek, keperawatan menggunakan pendekatan pengetahuan untukmenyediakan pelayanan pada orang-orang. Lebih spesifik dia mendefinisikan keperawatan sebagai ilmu da praktek dari peningkatan adaptasi untuk meningkatkan kesehatan sebagai tujuan untuk mempengaruhi kesehatan secara positif. Keperawatan meningkatkan adaptasi individu dan kelompok dalam situasi yang berkaitan dengan kesehatan, Jadi model adaptasi keperawatan menggambarkan lebih spesifik perkembangan ilmu keperawatan dan praktek keperawatan yang berdasarkan ilmu keperawatan tersebut. Dalam model tersebut, keperawatan terdiri dari tujuan keperawatan dan aktivitas keperawatan.

Terima Kasih Atas Perhatiannya

Ada Pertanyaan Nggak«..???????

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful