STERILISASI

BY : GROUP THREE

Free Powerpoint Templates

Page 1

Sterilisasi adalah suatu proses dimana kegiatan ini bertujuan untuk membebaskan alat ataupun bahan dari berbagai macam mikroorganisme.
Powerpoint Templates Page 2

CARA-CARA STERILISASI Secara fisika Fisis basah (lembab) Fisis kering Secara mekanis (filtrasi) Secara kimia Teknis radiasi Page 3 .

SECARA FISIS PEMANASAN BASAH (LEMBAB) dengan cara mengkoogulasi atau denaturasi protein penyusun tubuh mikroba sehingga dapat membunuh mikroba Powerpoint Templates Page 4 .

2 % atau larutan bakerisida yang lain lalu diisikan dalam wadah kedap. ‡ Sterilisasi ini hanya dilakukan dalam keadaan darurat.MACAM-MACAM PEMANASAN BASAH (LEMBAB) Bertekanan (autoklaf) ‡ Aotaklaf merupakan alat yang terdiri dari suatu tempat yang tahan terhadap tekanan tinggi yang dilengkapi dengan barometer termometer dan kleb. Digunakan untuk sterilisasi alat bedah seperti jarum Powerpoint Templates spoit.penutup karet. dan alat-alat bedah. ‡ Cara ini dengan melarutkan atau mensuspensi bahan obat dalam air proinjeksi dan ditambah Klorklersol 0. 5 Page Bakterisida Air Mendidih .

waktu sterilisasi lebih pendek dari pada panas kering.KEUNTUNGAN Paling efektif. atau sterilisasi kimia. Powerpoint Templates Page 6 .

bahan plastik tidak tahan suhu tinggi. Powerpoint Templates Page 7 . membutuhkan peralatan yang butuh perwatan serius.KERUGIAN Membutuhkan sumber panas yang terus menerus.

dibunuh Metode oleh ini memerlukan temperatur yang lebih tinggi dan waktu yang lebih panjang. . mikroorganisme proses oksidasi.Sterilisasi Fisis Pemanasan Kering Sterilisasi panas kering dilakukan dengan Selama pemanasan kering.

batang gelas. filter logam bekerfield. ‡ Merupakan metode untuk sterilisasi alat bedah. Minyak dan Penangas Lain Pemijaran Langsung .Macam-macam Sterilisasi Pemanasan Kering Udara Panas Oven ‡ Oven digunakan untuk sterilisasi panas kering biasanya secara panas di kontrol dan mungkin gas atau elektrik gas. ‡ Digunakan untuk mensterilkan spatula logam. Minyak dapat menjaga alat tetap tajam. dan filetr bakteri lainnya.

KARENA PANAS KERING EFISIEN DIBANDING PANAS LEMBAB .Keuntungan DAPAT BAHAN MENSTERILKAN YANG TIDAK BEBERAPA DAPAT DISTERILKAN DENGAN UAP.

KARENA AKAN MELELEHKAN BAHAN LAINNYA. .Kerugian MEMBUTUHKAN LISTRIK TERUSMENERUS.DIGUNAKAN PADA BENDA-BENDA GELAS ATAU LOGAM. KURANG EFEKTIF DI DAERAH TERPENCIL.

Free Powerpoint Templates Page 12 .Sterilisasi (filtrasi) Cara Secara ini Mekanik untuk produk sterilisasi berupa cairan yang dapat disaring atau bahan yang tidak tahan terhadap panas dan tidak dapat disterilkan dengan cara sterilisasi lain.

‡ Mempunyai adaptor khusus. ‡ Filter ini tidak digunakan untuk mensterilkan larutan yang mengandung alkohol dengan jumlah besar. Filter ini mampu dengan kapasitas volume dari 30 mL hingga lebih dari 100mL. dan tidak dapat Bakteri disterilkan dengan cara sterilisasi yang lain. Filter Digunakan untuk cairan yang dapat disaring. yaitu terdiri dari lapisan abses. bersama dengan layer dan pencuci. atau bahan yang tidak tahan terhadap panas. Free Powerpoint Templates Filter Sietz Filter Swinny Page 13 .Macam-macam Sterilisasi Mekanik (filtrasi) ‡ Menghilangkan mikroorganisme melalui penyaringan dan tidak menghancurkan mikroorganisme tersebut.

SELAMA TERSUMBAT PADA PENYARING KONSENTRASI MIKRORGANISME.KEUNTUNGAN KEEFEKTIFAN STERILISASI FILTRASI DAPAT MERUPAKAN FUNGSI MAGNITUDE DARI BEBAN MIKRORGANISME. DAPAT YANG TERJADI TINGGI PADA DARI Free Powerpoint Templates Page 14 .

Free Powerpoint Templates Page 15 .KERUGIAN TIDAK DAPAT DIGUNAKAN UNTUK FILTER YANG SAMA ATAU TIDAK BOLEH DIGUNAKAN UNTUK PROSEDUR BERLANGSUNG LEBIH DARI SATU HARI KERJA.

STERILISASI KIMIA Sterilisasi ini digunakan apabila dengan sterilisasi panas kering atau sterilisasi panas tinggi akan merusak objek tersebut atau peralatan tidak tersedia. .

metu bromida. klorin oksida. makanan. anti biotik. beta propiolakton. digunakan untuk sterilisasi bahan yang termolabil seperti bahan biologi. propilen oksida. Sterilisasi Gas ‡ Dalam pensterilan digunakan bahan kimia dalam bentuk gas atau uap sperti etilen oksida. . fenol 5%. formaldehid. kloropikrin.Macam-macam Sterilisasi Kimia Bahan Kimia ‡ Dalam pensterilan digunakan bahan kimia seperti alkohol 70%. plastik.

. kedua larutan ini digunakan untuk instrumen yang tidak tahan panas. seperti sterilisasi panas.KELEBIHAN Larutan glutyaraldehid dan formal dehid tidak begitu mudah dinonaktifkan oleh materi organik.

. formal dehid tidak gas dapat yang dicampur dengan klorin karena memproduksi berbahaya.KEKURANGAN Glutaraldehid mahal harganya.

Free Powerpoint Templates Page 20 .Sterilisasi Teknik Radiasi Radiasi adalah tenaga dalam bentuk sinar atau partikel yang dipancarkan dari zat radio aktif.

sinarPowerpoint Templates beta).Macam-macam Teknik Radiasi Sinar Ultra Violet ‡ Sinar ultra violet umumnya digunakan untuk membantu mengurangi kontaminasi di udara dan pemusnahan selama proses di lingkungan. oranisme itu mati atau tidak dapat berproduksi. tetapi suatu penambahan garam atau bahan tersuspensi dalam air atau udara menyebabkan penurunan derajat penetrasi dengan cepat. Ketika eksitasi dan perubahan atom-atom utama terjadi dalam molekul2 mikroorganisme atau metabolit utamanya. Aksi Letal ‡ Absorbsi ini menyebabkan meningginya keadaan tertinggi atomatom dan mengubah kereaktifannya. Radiasi Pengion ‡ Adalah energi tinggi yang terpancar dari radiasi isotop radioaktif seperti kobalt-60 (sinar gamma) atau yang dihasilkan oleh percepatan mekanis elektron sampai kecepatan dan energi tinggi (sinar katode. Sinar UV menembus udara bersih dan air murni dengan baik. Free Page 21 .

MEMBUNUH MIKROBA DAN VIRUS TERTENTU. PENETRASI SINAR DALAM SEHINGGA DAPAT MENSTERILKAN JARINGAN DALAM KEMASAN AKHIR 5. MUDAH DIGUNAKAN UNTUK MENSTERILKAN JARINGAN TRANSPLANTASI 3. STERILISASI DINGIN SEHINGGA TIDAK MERUSAK JARINGAN 4. KEUNTUNGAN TEKNOLOGI SUDAH MANTAP UNTUK MENSTERILKAN ALAT KESEHATAN 2.KEUNTUNGAN 1. DOSIS STERILISASI BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP JUMLAH KONTAMINASI MIKROBA Free Powerpoint Templates Page 22 .

7 NM. PADA PANJANG GELOMBANG 2353.KERUGIAN PENETRASI TERBATAS. DISERAP OLEH BANYAK BAHAN DAN MEMBUAT PENGUMPULAN ORGANISME. Free Powerpoint Templates Page 23 .

Powerpoint Templates Page 24 .Thaks For U·R Attention.....

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful