.

.

.

Sedangkan pola-pola terjadinya gelombang disebut pola gelombang.Tinggi Nada dan Pola gelombang Setiap bunyi yang didengar manusia selalu memiliki frekuensi tertentu. . Untuk memenuhi frekuensi yang di harapkan maka munculnya berbagai alat musik. misalnya: seruling dan gitar. Tinggi rendahnya frekuensi bunyi yang teratur dinamakan tinggi nada. Saat bermain gitar maka dawainya akan dipetik untuk mendapatkan frekuensi yang rendah atau tinggi.

l = 3/2 .3(c) dinamakan nada atas kedua. Pola ini dinamakan nada atas pertama (n = 1) dan berlaku: l = . Pada gelombang stasionernya terjadi 2 simpul dan 1 perut dan memenuhi l = ½ . Atau = 2 l Jika dipetik di tengah dawai. Pola ini disebut nada dasar (n = 0).3(b).POLA GELOMBANG PADA DAWAI Kemungkinan pertama terjadi seperti pada Gambar 2. Atau = 2l/2l Sedangkan pada Gambar 2. maka akan terbentuk Pola gelombang seperti Gambar 2.3(a). Atau = 2/3 l . Ada 3 simpul dan 2 perut.

27) Contohnya pada nada dasar dapat berlaku: .Sehingga frekuensinya (1.

Contoh: .

frekuensi nada atas keduanya? . Jika ujung-ujung dawai diikat sehingga memiliki tegangan 30 N maka tentukan : a. panjang gelombang pada nada atas keduanya b.Dawai sepanjang 60 cm memiliki massa 20 gr.

.

Pipa organa merupakan semua pipa yang berongga didalamnya.2. Alat musik itulah contoh dari pipa organa. Kedua jenis pipa ini memiliki pola gelombang yang berbeda. Bahkan kalian dapat membuatnya dari pipa paralon. Pipa Organa Kalian tentu pernah melihat seruling atau terompet dan mendengar suaranya. . Keduanya merupakan alat musik tiup. Pipa organa ini ada dua jenis yaitu: pipa organa terbuka berarti kedua ujungnya terbuka dan pipa organa tertutup berarti salah satu ujungnya tertutup dan ujung lain terbuka.

Pipa organa terbuka L =½ =2l L = L = 3/2 = 2/3 l .a.

. Pipa organa terbuka : nada : n = 0.3 ini dapat ditentukan besar frekuensi nadanya dengan persamaan berikut. bagian (b) terjadi nada atas pertama (n = 1).. 2.. f = v/ .. Pola ini jika diteruskan akan selalu bertambah ½ setiap peningkatan nada ke atas. l = 3/2 . Dari persamaan 2. .... Dari gambaran itu dapat dirumuskan seperti berikut... .. 1.Pola gelombang yang terjadi pada pipa organa terbuka dapat terlihat seperti pada Gambar 2.. . l = dan bagian (c) terjadi nada atas kedua (n = 2)..4..3) panjang : l = ½ .. . (2...... 3/2 .. Bagian (a) terjadi nada dasar (n = 0). l = ½ ...

b. Pipa organa tertutup l =¼ L =¾ L = 5/4 .

.... bagian (b) menunjukkan nada atas pertama (n = 1)... CONTOH 2. Pada Gambar 2.... Pipa organa tertutup : nada : n = 0..Pipa organa tertutup berarti salah satu ujungnya tertutup dan ujung lain terbuka..... (2. Saat ditiup maka pada ujung terbuka terjadi regangan dan pada ujung tertutup terjadi rapatan.. (2..4) . Pola ini akan terus bertambah ½ setiap naik satu nada dan dapat dirumuskan sebagai berikut.... l = 5/4 ........ .. 5/4 .. .......... l = 3/4 . Pada saat ditiup terjadi nada atas pertama.5... dan bagian (c) menunjukkan nada atas kedua (n = 2). 1.......3 1.. 2.5(a) terjadi nada dasar (n = 0) l = ¼ ..3) panjang : l = ¼ . Jika cepat rambat bunyi di udara saat itu 330 m/s maka tentukan panjang gelombang dan frekuensi nada tersebut! .. ¾ .... Pola gelombang simpangan getar partikel udara dapat digambarkan seperti pada Gambar 2. Pipa organa tertutup memiliki panjang 18 cm..

.

.

Energi Gelombang Gelombang dapat merambat dari satu tempat ke tempat lain melalui medium yang bermacam-macam. partikel-partikel udara akan bergetar sehingga setiap partikel akan mempunyai energi sebesar: dengan: E = energi gelombang ( J) = frekuensi sudut (rad/s) k = konstanta (N/m) f = frekuensi (Hz) A = amplitudo (m) . Gelombang dapat merambatkan energi. Dengan demikian. Jika udara atau gas dilalui gelombang bunyi. gelombang mempunyai energi.

Yang menarik bahwa bunyi disebarkan dari sumber ke segala arah. Jika ada gelombang tali berarti energinya dirambatkan melalui tali tersebut. Berarti energi yang diterima pendengar itu tidak lagi sebesar sumbernya.C. Jika seseorang berdiri berjarak R dari sumber akan mendengar bunyi maka bunyi itu telah tersebar membentuk luasan bola dengan jari-jari R. Intensitas dan Taraf Intensitas 1. . Sedangkan kalian tentu sudah mengenal bahwa besarnya energi yang dipancarkan tiap satu satuan waktu dinamakan dengan daya. Intensitas Bunyi Gelombang merupakan rambatan energi getaran. y Sehingga yang dapat diukur adalah energi yang terpancarkan tiap satu satuan waktu tiap satu satuan luas yang dinamakan dengan intensitas bunyi. y Berarti intensitas bunyi sama dengan daya persatuan luas. Bagaimana dengan bunyi? Bunyi dirambatkan dari sumber ke pendengar melalui udara.

.

.

Taraf Intensitas Bunyi Kalian tentu pernah mendengar bunyi dalam ruangan yang bising. Taraf intensitas didefinisikan sebagai sepuluh kali logaritma perbandingan intensitas dengan intensitas ambang pendengaran. . Tingkat kebisingan inilah yang dinamakan dengan taraf intensitas. Misalnya ada n buah sumber bunyi yang terdengar bersama an. maka In = n I dan taraf intensitasnya TIn memenuhi persamaan berikut. dengan : TI = taraf intensitas (dB) I = intensitas (watt/m2) -12 I0 = intensitas ambang pendengar (10 watt/m2) Dari persamaan 2.2.5 dapat dikembangkan untuk menentukan taraf intensitas dari kelipatan intensitasnya.

.

.

.

.

maka suara putaran mesin akan terdengar lebih keras. sebuah sepeda motor bergerak mendekati pengamat. Sebaliknya. jika sepeda motor menjauh.Efek Doppler y Perubahan frekuensi gerak gelombang yang disebabkan gerak relatif antara sumber dan pengamat disebut sebagai efek Doppler). Jika sebuah sumber dan pengamat samasama bergerak saling mendekat. jika keduanya bergerak saling menjauh. y Sebagai contoh. maka frekuensi yang terdengar akan lebih rendah. Tetapi. maka y frekuensi yang terdengar akan lebih tinggi dari frekuensi yang dihasilkan sumber. y perlahan-lahan suara putaran mesin tidak terdengar. . Peristiwa ini dapat ditemukan pada gelombang bunyi.

.

Gambar 3.PELAYANGAN Pelayangan (beats) merupakan fenomena yang menerapkan prinsip interferensi gelombang. Kita anggap kedua gelombang tersebut mempunyai amplitudo sama. .14(b) menunjukkan resultan getaran di titik tersebut sebagai fungsi dari waktu. Pada Gambar 3. Pelayangan akan terjadi jika dua sumber bunyi menghasilkan frekuensi gelombang yang mempunyai beda frekuensi yang kecil.14(a) menunjukkan pergeseran yang dihasilkan sebuah titik di dalam ruang di mana rambatan gelombang terjadi. Kita dapat melihat bahwa amplitudo gelombang resultan di titik yang diberikan tersebut berubah terhadap waktu (tidak konstan). dengan dua gelombang secara terpisah sebagai sebuah fungsi dari waktu.

...................16) Berdasarkan prinsip superposisi gelombang...........15) Sementara itu... maka pergeseran resultan adalah: y = y1 + y2 = A(cos 2 f1t + cos 2 f2t) yang merupakan frekuensi rata-rata dari kedua gelombang tersebut dengan amplitudo yang berubah terhadap waktu dengan frekuensi: ............................................. (3...... pergeseran di titik tersebut yang dihasilkan gelombang lain dan amplitudo sama adalah: y2 = A cos 2 f2t ......... (3.Pergeseran pada titik tersebut yang dihasilkan oleh sebuah gelombang dapat dinyatakan: y1 = A cos 2 f1t ................

.Jika f1 dan f2 adalah hampir sama. akan terjadi bila sama dengan 1 atau -1. yaitu: fpelayangan = 2. Karena masing-masing nilai ini terjadi sekali di dalam setiap siklus. maka suku ini adalah kecil dan amplitudo akan berfluktuasi secara lambat.famplitudo Jadi. banyaknya pelayangan per detik setara dengan perbedaan frekuensi gelombang-gelombang komponen. yaitu sebuah maksimum amplitudo. maka banyaknya pelayangan per detik adalah dua kali frekuensi amplitudo. Sebuah pelayangan.

Contoh soal Dua buah garputala dengan frekuensi nada dasar 340 Hz masing-masing digerakkan relatif ke seorang pengamat yang diam. Pengamat mendengar layangan dengan frekuensi 5 Hz. Garputala pertama dibawa lari menjauh dari pengamat. Jika diketahui cepat rambat bunyi di udara 340 m/s. sedangkan garputala lainnya dibawa lari menuju pengamat dengan kelajuan yang sama. berapakah kelajuan lari tersebut? .

atau sekelompok ikan. Kapal mengirimkan suatu gelombang bunyi dan mengukur waktu yang dibutuhkan gema untuk kembali. kapal karam. .Sonar merupakan suatu teknik yang digunakan untuk menentukan letak benda di bawah laut dengan menggunakan metode pantulan gelombang. metode ini juga dapat digunakan untuk mengetahui lokasi karang. setelah pemantulan oleh dasar laut. Penduga gema (echo sounder) ialah peralatan yang digunakan untuk menentukan kedalaman air di bawah kapal. Selain kedalaman laut. Perlambatan antara kedua gelombang menunjukkan jarak permukaan pemantul. kapal selam. Pantulan gelombang oleh suatu permukaan atau benda sehingga jenis gelombang yang lebih lemah terdeteksi tidak lama setelah gelombang asal disebut gema.

laju gelombang bunyi pada jaringan tubuh manusia sekitar 1. Frekuensi yang digunakan pada diagnosis dengan gelombang ultrasonik antara 1 sampai 10 MHz. sehingga panjang gelombangnya adalah: Perkembangan janin dalam kandungan . Dengan menggunakan teknik ini. dan pantulannya dari batas atau pertemuan antara organ-organ dan struktur lainnya dan luka dalam tubuh kemudian dideteksi.Bunyi ultrasonik digunakan dalam bidang kedokteran dengan menggunakan teknik pulsa-gema. hati. atau gumpalan fluida dapat dilihat. Pulsa bunyi dengan frekuensi tinggi diarahkan ke tubuh. tumor dan pertumbuhan abnormal lainnya. Selain itu juga dapat digunakan untuk memeriksa kerja katup jantung dan perkembangan janin dalam kandungan. jantung. Teknik ini hampir sama dengan sonar. Informasi mengenai berbagai organ tubuh seperti otot.540 m/s. dan ginjal bisa diketahui.

yaitu dengan memberikan pemanasan lokal pada otot yang cedera Dalam dunia industri. dengan menggunakan gelombang ultrasonik berintensitas tinggi (setinggi 107 W/m2) yang kemudian difokuskan pada jaringan yang tidak diinginkan tersebut. Pengobatan meliputi penghancuran jaringan yang tidak diinginkan dalam tubuh. . Diagnosa dengan menggunakan gelombang ultrasonik berupa USG (ultrasonografi). Selain itu bunyi ultrasonik juga digunakan untuk terapi fisik. dapat digunakan untuk mengetahui janin di dalam kandungan. misalnya batu ginjal atau tumor.Dalam dunia kedokteran. gelombang ultrasonik digunakan dalam diagnosa dan pengobatan. dengan menggunakan bor-bor ultrasonik dapat dibuat berbagai bentuk atau ukuran lubang pada gelas dan baja.

Grafik waktu perjalanan dapat digunakan untuk menentukan jarak stasiun seismograf dari episenter gempa bumi.seismograf adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi gelombangi disebut. laju gelombang seismik bergantung pada sifat medium. yang biasanya digunakan untuk mendeteksi adanya gempa bumi. Seperti semua gelombang. dan kerapatan medium. . ketegaran. rigiditas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful