PUPUK BOKASHI

Disusun Oleh : Atika Dewi Rhistiana ( 08431047 ) Greta Intan Yarta ( 08431087 ) Hana Pertiwi ( 08431088 ) Hengki Fitroh P.( 08431089 ) Mita Kholifah ( 08431107 ) Mitachul Arif M. ( 08431108 )

fungsi.Limbah merupakan sisa pembuangan dari suatu proses kegiatan manusia. Dari segi estetika sangat kotor. maupun gas. Umumnya limbah yang dibuang ke lingkungan menunjukkan kesan buruk karena menurunkan mutu. tidak enak dipandang dan dari segi bau sangat mengganggu. . dapat berwujud padat. cair. dan kemampuan lingkungan.

 Bokashi adalah sebuah metode pengomposan yang dapat menggunakan starter aerobik maupun anaerobik untuk mengkomposkan bahan organik. dan sekam padi. . starter mikroorganisme. air. yang biasanya berupa campuran molasses.PENGERTIAN.

 Keunggulan penggunaan teknologi EM4 adalah pupuk organik (kompos) dapat dihasilkan dalam waktu yang relatif singkat dibandingkan dengan cara konvensional.Bokashi adalah pupuk kompos yang dihasilkan dari proses fermentasi atau peragian bahan organik dengan teknologi EM4 (Effective Microorganisms 4).  .

PEMBUATAN PUPUK BOKASHI : 1. Alat : ´ ´ ´ ´ ´ Sekop Ayakan/saringan Termometer Timbangan Sepatu boot ´ ´ ´ ´ ´ Sarung tangan Masker Ember Terpal Alat angkut bahan-bahan .

Bahan : ´ Feses ternak (sapi) 3.5 kw ´ Dedak/katul 0.5 kw ´ Tetes tebu 2 lt ´ EM4 1 lt ´ Air bersih 1 lt .5 kw ´ Arang sekam 1.2.5 kw ´ Bagase 3.

dan tetes tebu.CARA PEMBUATAN: 1. Feses ternak. 4. . 5. dan tetes tebu. dan arang sekam dicampur dan diaduk rata. Feses ternak dan bagase dihaluskan. air bersih. 3. Mencampur EM4. 2. air bersih. kemudian ditutup dengan terpal. dedak/katul. Setelah 24 jam penutup tersebut dibuka dan diaduk kembali. Adonan tersebut disiram dengan campuran EM4. bagase. Perlakuan ini diulangi hingga 3 hari berturut-turut dengan waktu pencampuran yang sama.

. maka pupuk tersebut siap pakai. Penutup tersebut dibuka dan pupuk dikeringkan. pupuk diayak karena ada beberapa bagian yang masih berbentuk padat dan hasil ayakan yang dibawah telah siap digunakan ataupun kemudian dikemas.6. Setelah kering. memiliki kandungan air sekitar 30%. 7. Apabila suhu telah mencapai 600C atau dipegang terasa panas. dan di penutup tumbuh cendawan. tidak berbau atau berbau seperti kompos.

 Menurunkan biaya produksi  Meningkatkan kesuburan tanah dengan kandungan humus  Dapat diserap cepat oleh perakaran tanaman  Menyehatkan tanaman.  .KEGUNAAN PUPUK BOKASHI : Meningkatkan produksi tanaman.

kita dapat menggandakan EM4 dengan cara mencampurkan 1 liter EM4 dengan 2 liter air bersih dan 2 liter tetes tebu. . Jika kita harus membeli EM4 tersebut harganya lumayan mahal.KENDALA PEMBUATAN PUPUK BOKASHI Sebagai starter mikroorganisme pada proses dekomposer EM4 menjadi begitu penting dalam dunia pertanian organik.

5 kg ´ Pisang matang atau kulitnya 0.5 kg ´ Nanas matang atau kulitnya 0.25 kg ´ Batang pisang muda bagian dalam 1.5 liter ´ .25 kg ´ Kangkung air segar 0.5 kg ´ Gula pasir 1 kg ´ Air tuak dari nira 0.SALAH SATU CARANYA PEMBUSTSN EM4 : Pepaya matang atau kulitnya 0.5 kg ´ Kacang panjang segar 0.

Campurkan gula pasir dan tuak dalam ember tadi dan aduk hingga rata. Setelah dihancurkan. Wadah ditutup rapat dan disimpan selama 7 hari Setelah 7 hari larutan yang dihasilkan dikumpulkan secara bertahap setiap hari hingga habis. kangkung dan batang pisang muda dihancurkan hingga ukuran menjadi agak halus. . campuran bahan tersebut dimasukkan dalam ember. kacang panjang. Buah harus yang sudah matang atau dapat juga digunakan kulit buah yang tidak dimakan. Larutan tersebut adalah EM4 yang siap digunakan dan dapat bertahan hingga 6 bulan.CARA PEMBUATAN: ´ ´ ´ ´ ´ ´ ´ Pepaya. Ampas dari hasil penyaringan larutan bisa digunakan sebagai pupuk kompos. Larutan tersebut disaring dan dimasukkan kedalam wadah yang tertutup rapat. nanas. pisang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful