Nyeri abdomen

Minarni Vita Saputri Esther

‡ Intensitas nyerinya bergantung dari jumlah dan jenis zat yang mengiritasi peritoneum parietalis. . ± Inflamasi dari peritoneum parietalis ‡ Nyerinya menetap.merupakan nyeri tumpul yang sakit sekali. ‡ Biasanya disertai dengan spasme dari otot.berdiri terlalu lama dan penekanan memperjelas rasa tidak nyaman. ‡ Pergerakan. biasanya terletak tepat diatas peritoneum parietalis yang mengalami peradangan.Mekanisme nyeri abomen ‡ Nyeri yang berasal dari abdomen ± Kelainan pada dinding abdomen ‡ Nyerinya bersifat tetap dan sakit sekali.

± Kelainan vaskuler ‡ Trombosis emboli dan pecahnya aneurisma aorta memberikan rasa sakit yang berat dan menyebar. ‡ Pasien dengan oklusi ateri mesenterika memiliki rasa sakit yang menyebar ringan selama 2-3 hari sebelum peradangan peritoneum muncul. ± Peregangan peritonium viseralis . colic ‡ Nyeri colic karena obstruksi dari usus halus biasanya di periumbilicalis atau di supraumbilikalis. ‡ Peradangan akut dari kandung empedu menyebabkan sakit di kuadran kanan atas.± Obstruksi dari organ2 berongga ‡ Nyerinya bersifat intermiten. ‡ Peradangan duktus bilier dan carcinoma caput pankreas terkadang tidak menimbulkan nyeri hanya memberikan rasa tidak nyaman di epigastrium atau di kuadran kanan atas ‡ Obstruksi kandung kemih nyeri tumpul di suprapubik dengan intensitas rendah.

± Genitalia ‡ Nyeri alih ke abdomen dari testis atau vesikula seminalis umumnya diperparah oleh tekanan pada salah satu organ-organ ini ‡ Rasa tidak nyaman pada abdomen dengan karakter nyeri tumpul dengan lokalisasi yang tidak jelas. . ± Medulla spinalis ‡ Nyeri dari tulang belakang biasanya akibat kompresi dan iritasi serabut saraf. Apabila nyeri berasal dari abdominal.‡ Nyeri alih dari extraabdominal ± Thorax ‡ Nyeri perut yang dirasakan terkadang merupakan nyeri yang menjalar dari thorax. meningkat dengan adanya gerakan tertentu seperti batuk dan bersin. nyeri dirasakan oleh pasien pada saat inspirasi dan hilang pada saat ekspirasi. nyeri dirasakan oleh pasien pada saat inspirasi maupun ekspirasi. Apabila nyeri berasal dari thorax.

Tetapi dapat disebabkan adanya appendicitis acute atau obstruksi intestinal.‡ Kelainan metabolik ± Eksogen ‡ Gigitan serangga (black widow spider bites) ± Memberikan rasa sakit dan kekakuan pada otototot perut dan punggung. jarang terlibat dalam penyakit intraabdominal ‡ Keracunan timbal ± Endogen ‡ Uremia ± Nyeri tidak spesifik. ‡ Alergi ‡ porphyria . sering berpindah dan tidak teratur intensitasnya ‡ Ketoasidosis diabetikum ± Nyeri abdomen yang didapatkan. tidak selalu karena adanya ketoasidosis diabetikum.

‡ Gangguan sistem saraf ± Organic ‡ Tabes dorsalis ‡ Herpes zooster ± Fungsional .

pemeriksaaan fisiknya.Pendekatan kepada pasien ‡ Hanya sedikit pasien yang mengeluhkan nyeri perut. .kecuali bila terjadi pecahnya aneurisma. ‡ Yang harus diperhatikan pada pasien dengan nyeri perut: riwayat perjalanan penyakitnya. membutuhkan tindakan operasi segera.

‡ Tidak ada kontra indikasi untuk tindakan operasi bila terjadi perdarahan intraabdominal yang bersifat masif ‡ IBS merupakan penyebab tersering pada kasus nyeri abdomen ‡ Perjalanan penyakit terkadang menjadi penting daripada lokasi nyeri tersebut ‡ Nyeri abdomen juga bisa terjadi akibat kelainan organ ekstraabdomen. Cth. perhatikan riwayat menstruasi pada wanita. ‡ Px lab sbg penunjang diagnosa: ± Leukositosis .‡ Banyak pasien dengan nyeri akut abdomen meninggal karena terlambat ditangani.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful