MEMBACA EKSTENSIF MEMBACA INTENSIF MEMBACA CEPAT

membaca memindai (skimming). dan membaca dangkal. dilakukan tanpa bersuara dan jari tangan tidak menunjuk atau mengikuti bagian tulisan yang sedang dibaca. Termasuk ke dalam membaca ekstensif adalah membaca survei. membaca scanning. .MEMBACA EKSTENSIF teknik membaca dalam hati yang efektif. Membaca ekstensif atau membaca luas lebih mengutamakan segi kuantitas dari pada kualitas.

.Gagasan Utama dan Gagasan Penjelas gagasan utama adalah ide atau gagasan pokok penulis yang dikembangkan menjadi gagasan penjelas yang lebih terperinci dalam suatu paragraf. Gagasan penjelas adalah gagasan yang menjelaskan gagasan utama berupa perincian. contoh atau pertentangan.

yaitu:  deduktif : terletak di awal paragraf  induktif : terletak di akhir paragraf  variatif : terletak di awal dan akhir paragraf  ineratif : terletak di tengah paragraf  deskriftif naratif: terletak di keseluruhan paragraf .Berdasarkan letaknya. paragraf dapat dibedakan dalam beberapa jenis.

Membaca Intensif untuk dapat memahami grafik. . pembaca harus mencermati. tabel atau bagan dalam teks bacaan. kita harus dapat membahasakannya dalam bentuk uraian/ penjelasan. lalu menyimpulkannya. dan menganalisis secara detail bagian-bagian grafik. atau bagan yang ada dalam teks tersebut. Untuk itu. membandingkan. tabel.

.Membaca cepat membaca cepat sebenarnya termasuk jenis membaca scanning. yaitu membaca secara sepintas kilas untuk menangkap hal-hal yang pokok atau penting.

2.Cara-cara meningkatkan kecepatan membaca: 1. 4. Baca dalam hati dan mulut tidak bersuara Jangan menunjuk bagian teks Gerakan mata secara vertikal Perluas jangkauan mata Tingkatkan konsentrasi Jangan mengulang bagian yang sudah dibaca. 6. . 3. 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful