30 September 2011

PRESENTASI PROPOSAL TUGAS AKHIR

PERENCANAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PARKIR PADA INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA

Penyusun Tugas Akhir :

Radityo Aryo Baskoro
(NRP : 5206.100.013) Dosen Pembimbing : Bekti Cahyo Hidayanto, S.Si, M.Kom (NIP. 197504052008011013)

Latar Belakang
1. Masih terjadinya curanmor 2. Sistem parkir yang dikelola secara manual 3. Penggunaan Smart card

Perumusan Masalah 1. Bagaimana arsitektur dari sistem manajemen parkir 3. Bagaimana menentukan spesifikasi kebutuhan dari sistem 2. Bagaimana mendesain alur kerja sistem manajemen parkir 4. Bagaimana mendesain sistem perparkiran yang sesuai dengan kebutuhan .

Batasan Masalah ‡ Tempat : Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya ‡ ReadySET ‡ ICONIX ‡ Software yang digunakan antara lain: Microsoft word Enterprise architect Microsoft visio Adobe photoshop .

Tujuan Tugas Akhir 1. Menghasilkan desain alur kerja dari setiap entitas dalam sistem 4. Menghasilkan disain sistem informasi perparkiran yang sesuai dengan kebutuhan 2. Menghasilkan manajemen yang tepat dalam mengelola parkir sehingga memudahkan manajemen dalam mengevaluasi data . Menghasilkan arsitektur dari sistem yang sesuai dengan kebutuhan 3.

Mendapatkan rasa aman 2. Memberikan kepastian mengenai ketersediaan lahan parkir . Menambah kenyamanan dalam menggunakan sistem parkir 3.Manfaat Tugas Akhir Bagi Pengguna : 1.

Manfaat Tugas Akhir Bagi manajemen penyelenggara jasa parkir ‡ Meningkatkan kepuasan dari pengguna ‡ Meningkatkan keamanan parkir ‡ Meningkatkan kepercayaan pengguna ‡ Memudahkan manajemen dalam pengelolaan data ‡ Meningkatkan nilai perusahaan. .

Tinjauan Pustaka Sistem Informasi Manajemen Parkir (SIM-P) ‡ Prosesnya dalam sistem informasi yang dibuat lebih spesifik untuk parkir. . sehingga membantu kinerja pihak manajemen dalam menilai proses bisnis.

and User Stories Interview Notes Interview Checklist System Requirement Spesification Use Case Non Funtional & Environmental Requirement 2.Tinjauan Pustaka Modul pada ReadySET: 1. System Requirement . Project Kick Off x x x x x x User needs.

Tinjauan Pustaka 3. Design x x x x x x Overview Architecture Persistance User Interface Security Source Organisation .

Tinjauan Pustaka ICONIX Domain Model Use Case model Robustness Diagram Sequence Diagram .

Tinjauan Pustaka SMART CARD Merupakan sebuah kartu yang ditanamkan sebuah chip kecil terprogram untuk menangani fungsi-fungsi tertentu maupun untuk menyimpan informasi .

Tinjauan Pustaka Keunggulan smart card dibandingkan dengan magnetic card adalah sebagai berikut: ‡ lebih handal / tidak mudah rusak ‡ mampu menyimpan data ratusan kali lebih banyak ‡ dapat digunakan berulang-ulang ‡ multi fungsi (dapat digunakan pada area industri yang luas) ‡ cocok digunakan di berbagai media elektronik (PDA. PC. HP) ‡ teknologinya selalu dikembangkan .

Tinjauan Pustaka Barcode adalah sebuah susunan persegi panjang yang memiliki pola vertikal. serta ketebalan yang berbeda namun panjang yang sama (Adam Communication: 2009). .

‡ diidentifikasi dengan membaca symbol persegi di ujung-ujungnya.Tinjauan Pustaka QR-Code ‡ dikembangkan oleh Nippondenso ID Sistem. ‡ Pembacaan data jauh lebih cepat dengan kemampuan penyimpanan data yang lebih banyak (Densowave: 2010). .

Selain itu QR Code 20 % lebih efisien dalam pengkodean data dibanding barcode 2D lainnya .Tinjauan Pustaka BARCODE QR CODE Rata-rata hanya mampu menyimpan kode Mampu menyimpan ratusan kali data sekitar 20 digit Hasil cetak besar Mampu menghasilkan cetak yang lebih kecil dengan ukuran penyimpanan yang jauh lebih besar disbanding konvensional Belum mampu menyimpan data dalam Karena dikembangkan dijepang sehingga bentuk karakter jepang mampu untuk menyimpan data dalam karakter jepang.

Tinjauan Pustaka BARCODE QR CODE Jika kotak ada yang rusak maka data Mampu membaca data yang rusak / tidak dapat dibaca. Hanya mampu dibaca dari satu sisi Data tidak dapat dibagi kotor maksimal 30 % Dapat dibaca dari berbagai sisi Data dapat dibagi menjadi beberapa bagian .

karcis parkir untuk semua pengguna dengan menggunakan barcode dengan enkripsi . Penggunaan smart card atau karcis parkir 2.Gambaran Awal Sistem Dalam sistem yang dibuat nanti terdapat tiga opsi yaitu: 1. Penggunaan kartu khusus parkir atau karcis parkir 3.

27 Juli 2009 Flowchart Pengguna Parkir .

Tinjauan Pustaka Flowchart Data Sistem Parkir .

Metodologi Penelitian Secara garis besar tahapan metodologi penyusunan Tugas Akhir ini adalah : ‡ Studi literature & wawancara ‡ Analisa kebutuhan sistem ‡ Desain system & dokumentasi ‡ Penyusunan buku TA .

Metodologi Penelitian .

Metodologi Penelitian .

JADWAL KEGIATAN .

M.com/qrcode/index-e. S. Rainer Kelly R. R.adams1. Dipetik 11 Maret 2011.readysetpro. Home.Daftar Pustaka ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Rosenberg. Barcode.. Dipetik 11 maret 2011. dari Java World http://www. dari Readysetpro http://www. (2005).com/javaworld/jw-12-1997/jw-12-javadev. Dipetik 11 maret 2011. & Stephens. Software Engineering : A Practitioner¶s Approach Sixth Edition. Richard. (2011). Turban Efraim. D. Jr. Potter E.html ‡ . dari denso-wave www. McGraw Hill.com Denso-wave. Introduction To Information Technology 3rd Edition. (2010). (2007). Apress. dari adam communication www. (2009).denso-wave.javaworld.com Infoworld.Smart cards: A primer Develop on the Java platform of the future By Rinaldo Di Giorgio. (2005). (2010). Salemba Infotek Pressman. Use Case Driven Object Modelling With UML. inc.qr-code. Method Labs.html Adam Communication.

Terima Kasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful