Penerapan Model CIPP Terhadap Penggunaan Web Learning dalam Pembelajaran

Oleh karena itu. yaitu : Context evaluation Input evaluation Process evaluation Product evaluation : evaluasi terhadap konteks : evaluasi terhadap masukan : evaluasi terhadap proses : evaluasi terhadap hasil Keempat kata yang disebutkan dalam singkatan CIPP tersebut merupakan sasaran evaluasi. . Dengan kata lain. (1967) di Ohio State University. model CIPP adalah model evaluasi yang memandang program yang dievaluasi sebagai sebuah Sistem. dkk.Pengertian Model Evaluasi CIPP Model CIPP ini dikembangkan oleh Stufflebeam. jika tim evaluator sudah menentukan model CIPP sebagai model yang akan digunakan untuk mengevaluasi maka tim evaluator tersebut harus menganalisis program berdasarkan komponen-komponennya. yang tidak lain adalah komponen dari proses sebuah program kegiatan. CIPP yang merupakan sebuah singkatan dari huruf awal empat buah kata.

Menurut Stufflebeam pertanyaan yang berkenaan dengan masukkan mengarah pada pemecahan masalah yang mendorong diselenggarakannya program yang bersangkutan. dan tujuan proyek. evaluasi proses diarahkan pada seberapa jauh kegiatan yang dilaksanakan di dalam program sudah terlaksana sesuai dengan rencana. Pertanyaan-pertanyaan yang dapat diajukan berhubungan dengan apakah tujuan-tujuan yang ditetapkan sudah tercapai dan bagaimana dampak yang diperoleh siswa dalam waktu yang relatif panjang. y Evaluasi Produk atau Hasil Evaluasi produk atau hasil diarahkan pada hal-hal yang menunjukkan perubahan yang terjadi pada masukkan mentah. populasi dan sampel yang dilayani. . ³siapa´ (who) orang yang ditunjuk sebagai penanggung jawab program. ³kapan´ (when) kegiatan akan selesai. Dalam model CIPP.y Evaluasi Konteks Evaluasi konteks adalah upaya untuk menggambarkan dan merinci lingkungan kebutuhan yang tidak terpenuhi. Evaluasi produk merupakan tahap akhir dari serangkaian evaluasi program. y Evaluasi Proses Evaluasi proses dalam model CIPP menunjukkan pada ³apa´ (what) kegiatan yang dilakukan dalam program. y Evaluasi Masukkan Tahap kedua dari model CIPP adalah evaluasi masukkan. Maksud dari evaluasi masukkan adalah kemampuan awal siswa dan sekolah.

dikarenakan berjalan dalam jangkauan pendek yang tidak memungkinkan orang di luar lingkup tertentu dapat menggunakan. Penggunaan dalam hal akses data dapat lebih terkontrol oleh sistem dan juga tanpa batasan bandwith tertentu. Memiliki tingkat keamanan yang lebih terjamin.Pengertian Intranet Intranet merupakan teknologi transmisi data jarak dekat. dsb. yang digunakan untuk menghubungkan data Antar ruang dalam sebuah lingkup tertentu seperti sekolah. namun dengan menggunakan teknologi hardware yang lebih tinggi lagi. Namun saat ini intranet mampu melakukan transmisi data dengan jarak jauh seperti antarkampus. rumah sakit. kampus. Tingkat error lebih dapat ditangani secara langsung dengan cepat dikarenakan penggunaan platform software yang relatif lebih sedikit. Intranet memiliki kelebihan-kelebihan dalam penggunaannya seperti. .

Setiap saat prose update informasi dari guru sebagai penyedia informasi berupa materi pelajaran dapat dilakukan. . Sehingga arus informasi berjalan dengan sangat cepat tanpa ada batasan waktu dan ruang.Pembelajaran Berbasis Web (Web Learning) Pendidikan dan pembelajaran saat ini sudah mengalami peralihan menyediakan informasi bagi siswa secara tekstual dan klasikal menjadi penyedian informasi yang multi content dan sudah menerapkan teknologi yang lebih modern. Begitupun juga siswa dapat mengakses materi kapanpun dan dimanapun.

y Di siapkan untuk gaya belajar berkebutuhan khusus. Sehingga karakteristik dan kebutuhan mereka dapat diakomodir dengan kecepatan yang semestinya. Sehingga sebisa mungkin pengelolaan sekaligu kontrol terhadap penggunaan. y Partisipasi dan pengalaman multisensorik. . Tersedianya sumber-sumber materi yang dikemas dalam berbagai media. banyak sekali media seperti teks. video. Pembelajaran berbasis teknologi multimedia yang menggunakan web learning ini memungkinkan siswa belajar dengan respon personal berkecepatan tinggi terhadap tindakan pembelajaran yang juga menghaslikan laju penguatan yang tinggi terhadap kontrol dan hasil belajar. y Kemampuan individualisasi berkembang. yakni. memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi berbagai bentuk pengalaman. animasi. dapat diketahui dengan cepat. Dengan penggunaan web learning ini. y Pemantauan dan manajemen informasi.Keuntungan Pembelajaran Berbasis Web (Web Learning) Banyak keuntungan yang kita dapatkan dengan menggunakan web sebagai sarana belajar. audio. Web learning didesain untuk menampilkan hasil melalui recird-record tertentu.

Sarpras. dan XII. kepala sekolah dan jajarannya. . beberapa siswa dari kelas X.y SMAN 1 PUNCU-KEDIRI (Masyarakat Kecamatan PUNCU-KEDIRI) y Sampel : Kurikulum. XI. tim pengembang. orang tua. beberapa guru mata pelajaran. serta tokoh masyarakat setempat.

evaluasi model CIPP ini menggunakan beberapa metode pengumpulan data yakni. Dokumentasi Daftar cocok (checklist) Tabel . inventori (inventory) Wawancara (interview) Pedoman wawancara (interview guide) Daftar pertanyaan Pengamatan/Observasi (Observation) Lembar Pengamatan. observation schedule).y Untuk mendapatkan hasil yang akurat dan optimal. Daftar cocok (checklist). No. Model Angket (questionnaire) Instrumen Angket (questionnaire) Daftar cocok (checklist) Skala (scala). Panduan pengamatan observasi (observation sheet.

Penerapan Model CIPP Terhadap Penggunaan Web Learning dalam Pembelajaran. y Context Komponen yang dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan dalam tahap evaluasi ini adalah :  Kebijakan dan peraturan  Rancangan program  Kurikulum mata pelajaran  Kondisi sosial sekolah  Kondisi sosial masyarakat .

y Input Komponen input yang dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan dalam tahap evaluasi ini adalah :  Kualitas Materi  Siswa  Guru  Sarana & Prasarana .Penerapan Model CIPP Terhadap Penggunaan Web Learning dalam Pembelajaran.

adalah :  Kecepatan respon intranet  Dukungan alat  Pengguna  Waktu pelaksanaan  Aktifitas pembelajaran .Penerapan Model CIPP Terhadap Penggunaan Web Learning dalam Pembelajaran. y Process Komponen yang dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan dalam tahap evaluasi ini.

Penerapan Model CIPP Terhadap Penggunaan Web Learning dalam Pembelajaran. psikomotorik  Konten materi yang dihasilkan  Skill guru . y Product Komponen yang dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan dalam tahap evaluasi ini adalah :  Nilai siswa dilihat dari aspek kognitif. afektif.

Sehingga diperlukan sebuah metode serta instrumen sebagai alat pengambilan data .Pertanyaan masing-masing komponen tersebut akan dilakukan pengambilan data pendukung dari berbagai sumber dalam lingkup sekolah.

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.