BERIMAN KEPADA RASUL ALLAH

Ayu Tania P . ‡Damayanti Pertiwi ‡Hammam Bagusni ‡Jessica Nathania ‡Rifal Mediawan ‡Sutan Leonardi ‡Tatya Alifa
‡

Hukum beriman kepada Rasul Allah adalah fardhu·ain .PENGERTIAN IMAN KEPADA RASUL ALLAH berarti mempercayai bahwa Rasul Allah adalah seorang utusan Allah dan ditugaskan untuk menyampaikan ajaran Allah ( wahyu Allah ) yang diterimanya kepada umatnya agar dijadikan pedoman hidup.

Berasal dari keturunan baik-baik .CIRI-CIRI SEORANG RASUL Laki-laki yang sehat jasmani dan rohaninya Punya akal yang sempurna dan berjiwa Ismah.

Tablig.tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah Mempercayai sepenuh hati bahwa Rasul/nabi adalah manusia pilihan Allah yang diutus untuk menyampaikan wahyu atau ajarannya kepada umat manusia agar dijadikan pedoman hidup. Percaya bahwa Nabi Muhammad SAW adalah penutup seluruh nabi dan rasul. . Mempercayai bahwa diantara para nabi dan rasul itu ada 5 orang yg termasuk ulul azmi. Mempercayai sepenuh hati bahwa Rasul/nabi wajib memiliki sifat-sifat mulia (Sidiq. Amanah. Fatanah) dan mustahil memiliki sifat mazmumah.

) Melakukan usaha-usaha agar kualitas hidupnya meningkat kederajat yang lebih tinggi . sesuai dengan keahliannya Orang yang beriman kepada Allah SWT.CONTOH PERILAKU BERIMAN KEPADA RASUL ALLAH SWT Menaati risalah ( ajaran Allah SWT. memahami dan berperilaku sesuai dengan hadis berikut (H.R. Berperilaku giat dan rajin mencari rezeki yang halal. Nasa·I dan Turmuzi. ) Melaksanakan seruan rasulullah untuk beribadah hanya kepada Allah SWT dan menjauhi diri dari segala sikap dan perilaku syirik. Bukhari muslim. Akan selalu mengingat. Abu Daud.

baik didunia maupun diakhirat .HIKMAH BERIMAN KEPADA RASUL ALLAH SWT Kita memiliki sari tauladan yang baik Mendapat bimbingan dalam kehidupan Mengetahui dan mencontoh cara membentuk masyarakat yang adil. makmur dan saling menghormati Memiliki petunjuk dalam rangka meraih kebahagiaan.

TERIMA KASIH .

.Sidiq Adalah sifat yang dimiliki rasulullah yang artinya benar atau jujur. Mustahil jikalau rasul memiliki sifat khizib yang berarti dusta.

Amanah Sifat yang dimiliki rasul yang artinya dapat dipercaya Mustahil jikalau rasul memiliki sifat khianat artinya penipu atau tidak dapat dipercaya .

Tablig Sifat yang dimiliki rasul yang artinya menyampaikan Mustahil jikalau rasul memiliki sifat kitman artinya menyembunyikan .

Fatanah Sifat rasul yang artinya cerdik cendekia Mustahil jikalau rasul memiliki sifat baladah yang artinya bodoh .

Musa AS .Isa AS . 5 Nabi dan Rasul Ulul Azmi : .Ulul Azmi Nabi dan rasul yang dikenal memiliki kesabaran dan ketabahan yang luar biasa di dalam menghadapi berbagai penderitaan dan gangguan selama melakukan tugas risalahnya.Nuh AS .Nabi Muhammad SAW .Ibrahim AS .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful