BAB 02 RUANG LINGKUP HUKUM ADMINISTARSI NEGARA

Isi dan ruang lingkup Hukum Administarsi Negara menurut Van Vallen Hoven dalam bukunya yang berjudul: Omtrek van het administratiefrecht, memberikan skema tentang hukum administrasi Negara didalam kerangka hukum seluruhnya sebagai berikut : a. Hukum Tata Negara/Staatsrecht meliputi : b. Hukum Perdata / Burgerlijk c. Hukum Pidana/ Strafrecht d. Hukum Administarsi Negara/ administratief recht yang meliputi :

aturan-aturan tentang keuangan Negara. Hukum Kepolisian ‡ Kepolisian dalam arti sebagai alat administrasi Negara yang sifat preventif misalnya pencegahan dalm bidang kesehatan. tentang lalu lintas ( laut. kebakaran. lalu lintas. bidang-bidang pokok Hukum Administrasi Negara adalah. pembiayaan Negara dan sebagainya.Menurut Walther Burckharlt (Swiss). penyakit flu burung. Telkom. pengawasan dalam pembangunan. udara dan darat). . 3. bea cukai. Hukum Keuangan. BUMN. : 1. 2. Hukum Kelembagaan. lalulintas perdagangan ( Ekspor-Impor). Pos. yaitu administrasi wajib mengatur hubungan hukum sesuai dengan tugas penyelenggara kesejahtreaan rakyat missal dalam bidang pendidikan. peredaran uang. pemeliharaan fakir miskin. malaria. rumah sakit. missal pajak. dan sebagainya.

d. b.Prajudi Atmosudirdjo mengatakan bahwa ruang lingkup Hukum Administarsi Negara adalah: a. . Hukum tentang aktifitas-aktifitas dari Administrasi Negara yang bersifat yuridis. Hukum tentang organisasi dari Administrasi Negara. Hukum tentang sarana-sarana dari Administrasi Negara terutama mengenai kepegawaian Negara dan keuangan Negara. c. Hukum tentang dasar-dasar dan prinsip-prinsip umum daripada Administrasi Negara.

Hukum Hubungan Luar Negeri d. membagi bidangbidang pokok yang merupakan lapangan HukumTata Usaha Negara atau Hukum Adminsitrasi Negara. yang diambil dari Undang-undang Dasar Sementara adalah sebagai berikut : a.Kusumadi Pudjosewojo. Hukum Tata Keuangan c. Hukum Pertahan Negara dan Keamanan Umum . Hukum Tata Pemerintahan b.

‡ Sedangkan Hukum Administrasi Negara merupakan peraturanperaturan yang bersifat khusus. Prins ‡ Hukum Tata Negara mempelajari hal-hal yang fundamental yang merupakan dasar-dasar dari Negara. perbedaannya hanya terjadi dalam praktek dalam rangka tercapainya suatu kemanfaatan saja. .Golongan yang berpendapat bahwa Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara tidak ada perbedaan prinsip yaitu : 1. 2. Hukum Administrasi Negara menitikberatkan kepada hal-hal yang bersifat teknis ‡ yang selama ini kita tidak berkepentingan hanya penting bagi para spesialis. Kranenburg ‡ Tidak ada perbedaan yang prinsipil antara Hukum Tata Negara dengan Hukum Administrasi Negara. ‡ Hukum Tata Negara adalah hukum mengenai struktur umum daripada suatu pemerintahan Negara.

. ‡ Sedangkan Hukum Administrasi Negara adalah Negara dalam keadaan bergerak (Staats ini beveging) dimana Hukum Administrasi Negara melaksanakan aturanaturan yang sudah ditetapkan oleh Hukum Tata Negara baik ditingkat tinggi maupun ditingkat rendah. dimana Hukum Tata Negara membentuk alat-alat perlengkapan Negara dan memberikan kepadanya wewenang serta membagi bagikan tugas pekerjaan kepada alat-alat perlengkapan Negara ditingkat tinggi dan tingkat rendah.HUBUNGAN HAN DENGAN HTN ‡ Oppen Heim mengatakan bahwa pokok bahasan Hukum Tata Negara adalah Negara dalam keadaan diam (Strats in rust).

sedangkan Hukum Administrasi Negara melaksanakan tugas itu yang telah ditentukan oleh Hukum Tata Negara. Logemann ‡ Hukum Tata Negara merupakan suatu pelajaran tentang kompetensi. sedangkan Hukum Administrasi Negara tentang perhubungan hukum istimewa. dan dalam melaksanakan kewenangan itu badan-badan kenegaraan hasurlah berdasarkan pada Hukum Administrasi Negara. Pidana dan Perdata.Van Vallen Hoven ‡ Hukum Administrasi Negara adalah semua peraturan-peraturan hukum setelah dikurangi hukum-hukum materiil Tata Negara. . Hukum Administrasi Negara merupakan pembatasan dari kebebasan pemerintah dalam melaksanakan tugasnya. Badan-badan kenegaraan memperoleh kewenangan dari Hukum Tata Negara. Donner ‡ Hukum Tata Negara menetapkan tugas.

Kekuasaan hukum jabatan-jabatan itu 6. Dalam batas-batas manakah organ-organ kenegaraan dapat melakukan tugasnya.Hukum Tata Negara mempelajari : 1. Hubungan antara jabatan-jabatan 7. Fungsi jabatan-jabatan itu 5. Sedangkan Hukum Administrasi Negara mempelajari sifat bentuk dan akibat hukum yang timbul karena perbuatan hukum istimewa yang dilakukan oleh para pejabat dalam melaksanakan tugasnya. Cara bagaimana ditempati oleh pejabat 4. . Siapa yang mengadakan jabatan-jabatan itu 3. Jabatan-jabatan apa yang ada dalam susunan suatu Negara 2.

Asas non diskriminatif atau asas kesamaan hak bagi setiap warganegara. 3. 6. Asas upaya memaksa sebagai jaminan pentaatan hukum. 5. Asas tidak boleh menyerobot wewenang badan administrasi negara yang lain. Asas kebebasan dalam menyelesaikan masalah yang menyangkut kepentingan umum . 2. Asas legalitas. Asas tidak boleh menyalahgunakan kekuasaan.Adapun Asas-asas HAN adalah sebagai berikut 1. 4.

PP 5. Hukum Internasional. Hukum Tidak Tertulis.Sumber HAN tidak berbeda dengan sumber hukum yang telah dipelajari di matakuliah PHI. UU / Perpu 4. Pancasila. 8. 7. Adapun sumber HAN adalah: 1. Yurisprudensi. Keppres 6. Peraturan pelaksana bawahan lainnya. UUD 45 & TAP MPR 3. 9. 10 Doktrin . 2.

DPR tidak dilibatkan dalam pembuatan peraturan itu. . ‡ Keputusan MPR adalah putusan majelis yang mempunyai kekuatan hukum mengikat ke dalam saja. Kepres bersifat khusus. ‡ Perpu dibuat dalam keadaan negara dalam keadaan darurat ‡ Peraturan Pemerintah (PP) dibuat dan dikeluarkan oleh Presiden untuk melaksanakan undang-undang. contoh: ‡ Keputusan Presiden yang berisi pengangkatan seseorang menjadi Menteri. ‡ Berbeda dengan PP.‡ Ketetapan MPR adalah keputusan majelis yang mempunyai kekuatan hukum mengikat keluar & kedalam. atau Dirjen. Guru Besar. ‡ Peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perpu) hanya dibuat oleh Presiden saja. Duta Besar. PP memuat aturan-aturan yang bersifat umum.

Perda ini berlaku pada tanggal yang ditentukan dalam Perda ybs. 2. . Perda ini mulai berlaku pada tanggal pengundangan dalam Lembaran Daerah. Perda yang memerlukan pengesahan pejabat yang berwenang. Perda yang tidak memerlukan pengesahan pejabat yang berwenang.‡ Peraturan Menteri adalah suatu peraturan yang dikeluarkan oleh seorang Menteri yang berisi ketentuan-ketentuan tentang bidang tugasnya. ‡ Surat Keputusan Bersama (SKB) adalah Surat yang dibuat oleh beberapa menteri dalam hal mengatur obyek yang sama. Peraturan Daerah macamnya: 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful