Dra. Budi Wahyuni, MM.

MA

SEHAT
keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan tiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. (UU No. 23 Thn 1992)

y Virginitas/Keperawanan (Kate Millet) adalah contoh dari 2 sifat yang bertentangan dalam masyarakat patriarkhal: kesucian >< kejahatan/malapetaka yang dihubungkan dengan ada/tidaknya perdarahan yang mengerikan. kotoran merah. . y Vagina dlm bhs Latin diartikan sbg sarung pelindung / sarung pedang. dsb.Kata dan Makna y Sexual Identity a/ salah 1 konsep seks yg bertitik tolak pd kesadaran individu atas pengalaman psikis & biologis seksnya. y Menstruasi sering dianggap sebagai hal yang tabu oleh masyarakat. Diterminologikan sebagai hal yang menjijikkan.

y Gender dan seksualitas saling berhubungan secara kompleks. . Butler memberi tempat yang besar pada fungsi subjek lelaki & perempuan tidak hanya dikonstruksi melainkan juga mengkontruksi. dan performativitas (Butler) y Namun ada perbedaan mendasar dari 3 konsep tsb. praktek wacana (Foucault). juga menentuan norma-norma pergaulan antara gender yang berbeda-beda & pada gilirannya meneguhkan patriarkhi & heteronormativitas. menentukan batas-batas maskulin dan feminin.Apa itu seksualitas? y Seksualitas adalah akibat dari sebuah representasi (Derrida). Dibanding Foucault. Butler juga mendiskusikan seksualitas dan gender sekaligus.

Kesehatan Reproduksi (ICPD.1994) yAdalah situasi kesehatan yang lengkap yang mencakup fisik yang ada kaitannya dengan bekerjanya fungsi dan proses sistem reproduksi .

Kesehatan Reproduksi (ICPD. kapan dan seberapa sering melakukannya. . dan juga memiliki kemampuan bereproduksi dan kebebasan untuk memuaskan.1994) Kesehatan reproduksi mengandung asumsi bahwa setiap individu dapat memperoleh kehidupan seks yang memuaskan dan aman.

dalam berbagai hal yang berkenaan dengan sistem.Kesehatan Reproduksi y Adalah keadaan tercapainya kesejahteraan fisik. . mental dan sosial secara menyeluruh dan bukan sekedar tidak adanya penyakit. fungsi dan proses reproduksi.

y Sehat di segala hal yang berkaitan dengan sistim reproduksi. . bukan hanya sekedar tidak adanya penyakit atau gangguan. 1994 y Keadaan tubuh yang menyeluruh. fungsinya maupun proses reproduksi itu sendiri. mental dan sosial.ICPD-Cairo. meliputi aspek fisik.

dan perilaku seseorang yang berkaitan dengan alat reproduksi dan fungsi-fungsinya serta gangguan-gangguan yang mungkin timbul. .Reproduksi sehat? y Reproduksi sehat berkaitan dengan pengetahuan. sikap.

Tujuan utama kespro Memberikan layanan kespro yang komprehensif : kehidupan seksualnya dan hakhak reproduksi dapat meningkatkan kemandiriannya dalam mengatur fungsi dan proses reproduksi peningkatan kualitas kehidupannya. 10 .

Tujuan khusus kespro. jarak kehamilan. Dukungan pria dalam membuat keputusan. jumlah anak 3. 11 . peran dan fungsi reproduksinya 2. meningkatkan : Kemandirian perempuan. Tanggung jawab sosial laki-laki 4. kapan hamil. mencari informasi dan pelayanan yang memenuhi kebutuhan kespro 1. Tanggung jawab sosial perempuan.

sosial.HIV/AIDS y Perkembangan organ reproduksi. perilaku seksual.Kesehatan Reproduksi Kesehatan Seksual y Reproduksi manusia mayoritas melalui perliku seksual y Perilaku seksual yang tidak sehat akan berakibat kerusakan organ reproduksi. . usia. biologis y Dorongan seksual. lebih banyak karena konstruksi sosial y Relasi kekuasaan. PMS. kemandulan. jenis kelamin.

persalinan. kehamilan.3 Komponen Kesehatan Reproduksi The Internasional Conference on Population and Development (1994) y kemampuan (ability). yaitu dapat bereproduksi. kontrasepsi dan abortus merupakan aktivitas yang tidak berbahaya. yaitu dapat menghasilkan anak sehat yang tumbuh dan berkembang y keamanan (safety) yaitu semua proses reproduksi termasuk hubungan seks. . y keberhasilan (success ).

anak dan ibu. . 2. dan pelayanan kontrasepsi. 1. konseling. komunikasi. informasi. perawatan kesehatan bayi. perawatan pascanatal. pendidikan dan pelayanan untuk perawatan prenatal. 1994 bimbingan dalam pelaksanaan keluarga berencana. penanganan proses kelahiran yang aman. khususnya pemberian ASI. 4. termasuk didalamnya ialah pemberiaan pendidikan.Perawatan Primer Kesehatan Reproduksi ICPD. 3.

termasuk HIV/AIDS serta kanker alat reproduksi. penanganan masalah aborsi seperti diuraikan dalam Paragraf 8. pengobatan infeksi saluran reproduksi.ICPD 1994. 1994 7. dan 8.25 ICPD. informasi pendidikan dan konseling tentang seksualitas 5. lanjutan . 6. Pelayanan PMS. . dan 9. pencegahan dan pengobatan yang memadai terhadap kemandulan (infertilitas).

aman. dan metode-metode pengendalian kelahiran lainnya yang mereka pilih dan tidak bertentangan dengan hukum dan perundang-undangan yang berlaku . efektif.Hak-hak Reproduksi hak perempuan dan laki-laki untuk memperoleh informasi dan mempunyai akses terhadap berbagai metode keluarga berencana yang mereka pilih. terjangkau.

paksaan dan kekerasan seperti dinyatakan dalam dokumen-dokumen hak-hak asasi manusia (rekomendasi BAB VII Konferensi Kependudukan dan Pembangungan Internasional di Kairo 1994) 17 . Hak untuk memperoleh informasi dan sarana untuk mengatur reproduksinya. proses maupun sistimnya. Hak untuk menikmati standar yang paling tinggi atas kesehatan seksual dan reproduksi.1. penjarakan dan waktu melahirkan anak. Apakah Hak Reproduksi Itu? y Hak reproduksi adalah hak yang berkaitan dengan potensi manusia y y y y y untuk melanjutkan keturunan yang meliputi alat reproduksi dan fungsinya. Dengan demikian hak reproduksi perempuan meliputi: Jaminan atas keselamatan dan kesehatan reproduksi baik fisik mental maupun sosial Hak untu menentukan secara bebas dan bertanggungjawab mengenai jumlah. Hak untuk membuat keputusan mengenai reproduksi yang bebas dari diskriminasi.

6. 2. penyiksaan. 5. kekerasan. 4. 3. Hak untuk bebas dari penganiayaan dan perlakuan buruk termasuk perlindungan dari perkosaan.Hak-hak reproduksi meliputi 1. dan pelecehan seksual Hak mendapatkan manfaat kemajuan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi Hak atas kerahasiaan pribadi berkaitan dengan pilihan atas pelayanan dan kehidupan reproduksinya Hak untuk membangun dan merencanakan keluarga Hak untuk bebas dari segala bentuk diskriminasi dalam kehidupan berkeluarga dan kehidupan reproduksi Hak atas kebebasan berkumpul dan berpartisipasi dalam politik yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi .

Realisasi IPPF Starategic Five As yAdolescent yAccess yAbortion yAIDS yAdvocacy .

Lingkup Kesehatan Reproduksi y Kontrasepsi y Vasectomy dan tubectomy y Infertilitas y KTD dan Aborsi y ISR.HIV-AIDS y Orientasi Seksual y Remaja y Lansia y Ketidak adilan gender .PMS.

kawin kontrak.Isu kesehatan reproduksi y Kekerasan Dalam Pacaran (KDP) y Kekerasan Terhadap Perempuan (KTP) y Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) y Sunat Perempuan y Pekerja Seks (Perempuan Yang dilacurkan) y Homoseks y Incest y Poligami y Nikah siri. .

memperoleh atau tidak memperoleh sesuatu. keluarga dan masyarakatnya 22 .HAK Kewenangan yang melekat pada diri untuk melakukan atau tidak melakukan. SEHAT REPRODUKSI Reproduksi adalah menghasilkan kembali atau kemampuan perempuan untuk menghasilkan keturunan secara berulang Arti sehat dan sakit tidak hanya berkaitan ketidaknyamanan fisik. Ketiga aspek ini saling berhubungan Kesadaran tentang hak satu sama lainnya dan sebagai manusia dan sebagai perempuan sebagai saling mempengaruhi. yang dapat membuat kekuatan bagi perempuan untuk melakukan berbagai seseorang sakit atau sehat. tetapi juga mental dan sosial. aktivias bagi kepentingan diri.

sehat. hal- KESEHATAN REPRODUKSI Perempuan terhindar dari berbagai macam penyakit menular seksual dan penyakit kelamin. Dapat menikmati hubungan seks. Tidak ada satu kekuasaan pun termasuk kekuasaan negara melalui program pembangunannya dan kekuasaan suami atau pasangannya yang boleh memaksa perempuan melakukan atau tidak melakukan hal-hal di atas. Memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan 23 . Punya pola hubungan yang sehat. kelamin. mau punya anak 1 atau 10.HAK REPRODUKSI Perempuan mempunyai kewenangan yang melekat dalam dirinya untuk mempunyai keturunan atau tidak melakukan seluruh rangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan keturunan tersebut. Contoh: Perempuan mempunyai hak kapan berhubungan seks atau tidak. mau punya anak atau tidak. seks.

TUJUAN KESEHATAN DAN HAK REPRODUKSI  Untuk memastikan informasi yang menyeluruh dan faktual serta beragam pelayanan pemeliharaan kesehatan reproduksi. mental dan sosial yang utuh Segala hal yang berhubungan dengan sistim reproduksi dan fungsifungsi-funsinya. dokumendokumendokumen hak-hak hakasasi internasional. melalui sistim pemeliharaan kesehatan primer. HakHak-hak yang didasarkan pada pengakuan hak-hak hakasasi semua pasangan dan pribadi untuk menentukan secara bebas dan bertanggung jawab mengenai jumlah anak. terjangkau dan dapat diterima serta cocok untuk semua pemakai. penjarakan anak dan menentukan waktu kelahiran anakanakanak mereka. tersedia. 24 . Memiliki kemampuan untuk berproduksi dan kebebasan untuk menentukan apakah mereka ingin melakukannya. menyediakan. tersedia. Mempunyi kehidupan seks yang memuaskan dan aman.DEFINISI KESEHATAN REPRODUKSI  DEFINISI HAK REPRODUKSI    Kesejahteraan fisik. pemakai. lambat. kesehatan reproduksi untuk semua pribadi pada usia yan gtepat secepat mungkin dan tidak lebih lambat. reproduksi. bilamana dan berapa seringkah   Hak reproduksi mencakup hak-hak hakasasi manusia tertentu yang sudah diakui dalam hukum-hukum hukumnasional. TINDAKAN YANG HARUS DIAMBIL  Semua negara harus berusaha untuk menyediakan.

y Kebutuhan seks menjadi tidak terkendali.Kelompok khusus y Perempuan dengan berbagai akibat ketidak adilan gender. atau y cacat akan melahirkan Keturunan Cacat. y cacat tidak berfungsinya salah satu organ tubuh ( infertil = stigma ) y cacat fisik akan tidak sempurna untuk kesehatan reproduksi dan seksual. y Tidak dapat merasakan / menikmati = obyek .

y Pengungsi = Logistik. kespro. y Buruh (perempuan)= dukungan fasilitas untuk sehat secara reproduksi dan seksual .Lanjutan . y Pengungsi anak = info kespro dan kes seksual yang tidak sehat y Lansia = tidak lagi ber reproduksi bagaimana perilaku seks yang merudak organ reproduksi. pemenuhan hak seksual..

IMS ISR HIV/AIDS KTD Unsafe abortion Kemandulan Putus Sekolah Single parent Sosial. psikologis. psikis. ekonomi.Masalah Kelompok Khusus y y y y y y y y Kekerasan Seksual ( perkosaan Incest ) PMS . .

. y Sosial = Berusaha dengan hal-hal yang belum tentun mendukung kesehatan reproduksi.Akibat KEKERASAN y Akibat kekerasan terhadap kesehatan reproduksi dan seksual acap kali ntidak tampak secara fisik. perdarahan. tumbuh kembang tidak optimal. y Psikis = menstruasi tidak teratur. y Seksual = trauma y Ekonomi = akan berdampak pada ke 4 hal yang lain. karena erat dengan kodrat y Fisik = Anemia.

SEKIAN .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful