RHEMATOID ATRITIS (REMATIK

)
Putu Gede Ary Sanjaya

Artritis rematoid juga bisa menyebabkan sejumlah gejala di seluruh tubuh.Penyakit ini terjadi pada sekitar 1% dari jumlah penduduk. tetapi bisa terjadi pada usia berapapun.DEFINISI Artritis Rematoid adalah suatu penyakit autoimun dimana persendian (biasanya sendi tangan dan kaki) secara simetris mengalami peradangan. .Biasanya pertama kali muncul pada usia 2550 tahun. dan wanita 2-3 kali lebihsering dibandingkan pria.nyeri dan seringkali akhirnya menyebabkan kerusakan bagian dalam sendi. sehingga terjadi pembengkakan.

PENYEBAB Penyebab yang pasti tidak diketahui. . tetapi berbagai faktor (termasuk kecenderungan genetik) bisa mempengaruhi reaksi autoimun.

sikut dan pergelangan kaki Sendi yang meradang biasanya menimbulkan nyeri dan menjadi kaku.GEJALA Peradangan bersifat simetris Diawali dari sendi-sendi kecil di jari tangan. terutama pada saat bangun tidur atau setelah lama tidak melakukan aktivitas. . jari kaki. terutama menjelang sore hari. Beberapa penderita merasa lelah dan lemah. pergelangan tangan.Sendi bisa terhenti dalam satu posisi (kontraktur) sehingga tidak dapat diregangkan atau dibuka sepenuhnya.kaki. Sendi yang terkena akan membesar dan segera terjadi kelainan bentuk. tangan.

Bisa terjadi demam ringan dan kadang terjadi peradangan pembuluh darah (vaskulitis)yang menyebabkan kerusakan saraf atau luka (ulkus) di tungkai. yang apabila pecah bisamenyebabkan nyeri dan pembengkakan pada tungkai sebelah bawah. Penyakit Still merupakan variasi dari artritis rematoid dimana yang pertama munculadalah deman tinggi dan gejala umum lainnya. Sekitar 30-40% penderita memiliki benjolan keras (nodul) tepat dibawah kulit. yang biasanya terletak di daerah sekitar timbulnya penyakit ini. . sindroma Sjögrenatau peradangan mata. bisa terbentuk kista. Di belakang lutut yang terkena. Penderita lainnya menunjukkan pembengkakan kelenjar getah bening. Peradangan pada selaput di sekitar paru-paru (pleuritis) atau pada kantong di sekitar jantung (perikarditis) atau peradangan dan pembentukan jaringan parut pada paru-paru bisa menyebabkan nyeri dada. Sindroma Felty terjadi jika pada penderita artritis rematoid ditemukan pembesaran limpadan penurunan jumlah sel darah putih. gangguan pernafasan dan kelainan fungsi jantung.

4. 2. . 3. kemungkinan menderita artritis rematoid: Kekakuan di pagi hari yang berlangsung lebih dari 1 jam (selama minimal 6 minggu) Peradangan (artritis) pada 3 atau lebih sendi (selama minimal 6 minggu) Artritis pada persendian tangan.DIAGNOSA 1. pergelangan tangan atau jari tanan (selama minimal 6minggu) Faktor rematoid di dalam darah Perubahan yang khas pada foto rontgen. Seseorang yang memiliki 4 dari 5 gejala berikut. 5.

. bisa menunjukkan adanya perubahan khas pada sendi.PEMERIKSAAN Pemeriksaan darah: Laju endap darah: meningkat Anemia Jumlah sel darah putih berkurang Pemeriksaan cairan sendi Rontgen.

karena pemakaian sendi yang terkena akan memperburuk peradangan.PENGOBATAN Prinsip dasar dari pengobatan artrtitis rematoid adalah mengistirahatkan sendi yang terkena. kortikosteroid dan obat imunosupresif. obat slow-acting. . Obat utama yang digunakan untuk mengobati artritis rematoid adalah obat anti peradangan non-steroid.

NON STEROID Yang paling banyak digunakan adalah aspirin dan ibuprofen. Aspirin merupakan obat tradisional untuk artritis rematoid Dosis awal adalah 4 kali 2 tablet (325 mgram)/hari. Efek samping: Telinga berdenging .Gangguan pencernaan dan ulkus peptikum .

SLOW ACTING Senyawa emas berfungsi memperlambat terjadinya kelainan bentuk tulang.Obat ini juga bisa menyebabkan miastenia gravis.Efek sampingnya berupa ruam kulit.Dosisnya secara bertahap dinaikkan sampai terjadinya perbaikan. Biasanyadiberikan sebagai suntikan mingguan.Efek sampingnya adalah penekanan terhadap pembentukan sel darah di dalam sumsumtulang. sindroma Goodpasture dan sindromayang menyerupai lupus. . penyakit otot. gatal dan berkurangnya sejumlah sel darah Penisilamin digunakan jika senyawa emas tidak efektif atau menyebabkan efek samping yang tidak dapat ditoleransi. ruam kulit dan rasa tidak enak di mulut. kelainan ginjal.Suntikan mingguan diberikan sampai tercapai dosis total 1 gram.

Efek samping yang sering terjadi adalah penipisan kulit.Digunakan untuk mengobati artritis rematoid yang tidak terlalu berat. padahal artritis rematoid adalah penyakit yang biasanyaaktif selama bertahun-tahun. Kortikosteroid (misalnya prednison) merupakan obat paling efektif untuk mengurangi peradangan di bagian tubuh manapun. Hydroxycloroquine. sakit otot dan kelainan mata Sulfasalazine.Efek sampingnya biasanya ringan. kelainan hati.Obat ini semakin banyak digunakan untuk mengobati artritis rematoid.Dosisnya dinaikkan secara bertahap dan perbaikan biasanya terjadi dalam 3 bulan. tekanandarah tinggi. osteoporosis. memar.Kortikosteroid efektif pada pemakaian jangka pendek dan cenderung kurang efektif jikadigunakan dalam jangka panjang. kadar gula darah yang tinggi dan katarak.Sulfasalazine bisa menyebabkan gangguan pencernaan. yaitu berupa ruam kulit. kelainan sel darahdan ruam kulit. .

Metotreksat diberikan per-oral (ditelan) 1 kali/minggu. Obat imunosupresif.Efek sampingnya berupa penyakit hati. digunakan untuk mengobatiartritis rematoid stadium awal. penekanan terhadap pembentukan sel darah di sumsum tulang dan perdarahan kandungkemih (karena siklofosfamid). mudah terkena infeksi. Obat imunosupresif (contohnya metotreksat.Siklosporin bisa digunakan untuk mengobati artritis yang berat jika obat lainnya tidak efektif . peradangan paru-paru. azatioprin dan cyclophosphamide) efektif untuk mengatasi artritis rematoid.