PENGARUH KESEHATAN KERJA

TERHADAP PETANI TEMBAKAU

Vidya Muqsita
112010101036 FAKULTAS JEMBER UNIVERSITAS JEMBER

PENDAHULUAN Penanaman tembakau merupakan peranan penting dalam pendapatan petani Indonesia dan Negara Untuk memproduksi tembakau yang berkualitas harus perhatikan beberapa faktor mulai dari tanah. Masalah kesehatan kerja petani tembakau mulai dari keracunan pestisida. serta lingkungannya. pemupukan serta kesehatan tenaga kerja (petani). . iklim. cara kerjanya. tidak memakai pelindung.

RUMUSAN MASALAH Apa yang dimaksud dengan Agroindustri? Masalah kesehatan apa yang terjadi pada masyarakat petani tembakau? Bagaimana seharusnya menerapkan keselamatan kerja pada sektor pertanian tembakau? .

. pada waktu pemetikan daun tembakau lebih dari 98% menggunakan tenaga kerja wanita Penyakit akibat kerja sering terjadi pada petani tembakau adalah terpejamnya kulit dengan Zat nikotin yang terdapat dalam daun tembakau. penyakit ini disebut Green Tobacco Sickness (GTS).PERMASALAHAN Tembakau juga merupakan suatu usaha padat karya.

PEMECAHAN MASALAH .

pupuk. Agroindustri . kayu dan serat) menjadi barang-barang setengah jadi yang langsung dapat dikonsumsi dan barang atau bahan hasil produksi industri yang digunakan dalam proses produksi seperti traktor.merupakan bagian (subsistem) agribisnis yang memproses dan mentranformasikan bahan-bahan hasil pertanian (bahan makanan. mesin pertanian dan lain-lain. pestisida.

RESIKO KESEHATAN PETANI TEMBAKAU .