MATA KULIAH BOTANI

judul : Keanekaragaman Hayati
tanggal : 17 Mei 2010

Pengajar : Ira Adiyati Rum,S.Si.,M.Si

Keanekaragaman hayati Bioma Cagar alam

spesies tumbuhan. hewan.Keanekaragaman hayati (Bahasa Inggris : biodiversity) adalah suatu istilah biodiversity) yang mencakup semua bentuk kehidupan. yaitu mencakup gen. . Dapat juga diartikan ekologi. sebagai kondisi keanekaragaman bentuk kehidupan dalam ekosistem atau bioma tertentu. mikroorganisme serta ekosistem dan prosesproses-proses ekologi. yang dapat dikelompokkan menurut skala biologisnya. organisasi biologisnya. hewan. dan tumbuhan.

Bioma terbagi menjadi beberapa jenis.Bioma adalah sekelompok hewan dan tumbuhan yang tinggal di suatu lokasi geografis tertentu. ditentukan oleh curah hujan dan intensitas cahaya .

Macam Bioma 1 Bioma gurun 2 Bioma padang rumput 3 Bioma sabana 4 Bioma hutan tropis 5 Bioma hutan musim 6 Bioma hutan lumut 7 Bioma hutan gugur 8 Bioma hutan taiga 9 Bioma hutan tundra 10 Bioma mangrove/ hutan bakau .

malam dapat turun sampai 0 C) Tanah sangat tandus karena tidak mampu menyimpan air Flora: tumbuhan yang tumbuh adalah tumbuhan yang dapat beradaptasi dengan daerah kering (tumbuhan xerofit). + 25 cm/tahun Kecepatan penguapan air lebih cepat dari presipitasi Kelembaban udara sangat rendah Perbedaan suhu siang hari dengan malam hari sangat tinggi (siang dapat mencapai 45 C.Bioma gurun CiriCiri-ciri: Curah hujan sangat rendah. .

. puzta di Hongaria.Flora: tumbuhan yang mampu beradaptasi dengan daerah dengan porositas dan drainase kurang baik ialah rumput.50 cm/tahun. prairi di Amerika Utara dan pampa di Argentina.Bioma padang rumput CiriCiri-ciri: Curah hujan antara 25 . meskipun ada pula tumbuhan lain yang hidup selain rumput. di beberapa daerah padang rumput curah hujannya dapat mencapai 100 cm/tahun. Curah hujan yang relatif rendah turun secara tidak teratur. tumbuhLingkungan biotik: . Turunnya hujan yang tidak teratur tersebut menyebabkan porositas dan drainase kurang baik sehingga tumbuh-tumbuhan sulit mengambil air. tetapi karena merupakan vegetasi yang dominan maka disebut padang rumput. Nama padang rumput bermacam-macam seperti stepa di Rusia bermacamSelatan.

. berjenis- .Sabana campuran : bila pohonpohonpohon penyusunnya terdiri dari campuran berjenis-jenis pohon. yaitu sabana murni dan sabana campuran. Berdasarkan jenis tumbuhan yang menyusunnya. . sabana dibedakan menjadi dua.Sabana murni : bila pohonpohonpohon yang menyusunnya hanya terdiri atas satu jenis tumbuhan.Bioma sabana Bioma sabana adalah padang rumput dengan diselingi oleh pepohonan.

.Flora: pada biorna hutan tropis terdapat beratus-ratus spesies beratustumbuhan. Matahari bersinar sepanjang tahun.Bioma hutan tropis CiriCiri-ciri: Curah hujannya tinggi. merata sepanjang tahun. sehingga tidak ada perubahan suhu antara siang dan malam hari.40 m. dengan cabang-cabang berdaun lebat cabangsehingga membentuk suatu tudung atau kanopi. Pohon-pohon utama dapat Pohonmencapai ketinggian 20 . Dari bulan satu ke bulan yang lain perubahan suhunya relatif kecil. yaitu antara 200 225 cm/tahun. . gelap sepanjang hari. Di bawah kanopi atau tudung pohon.

Di Indonesia. hutan angsana. daunnya meranggas. Fauna yang banyak ditemukan rusa. babi hutan. daunnya lebat. Hutan musim biasa diberi nama sesuai dengan tumbuhan yang dominan. hutan musim dapat ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. artinya mampu beradaptasi terhadap keadaan kering dan keadaan basah pada saat musim kemarau (kering). harimau. sebaliknya saat musim hujan. misalnya: hutan jati. Hutan jati .Bioma hutan musim Ciri tumbuhan yang membentuk formasi hutan musim: PohonPohon-pohonnya tahan dari kekeringan dan termasuk tumbuhan tropofit.

yang tumbuh tidak hanya lumut.Bioma hutan lumut Hutan lumut banyak ditemukan di lereng gunung atau pegunungan yang terletak pada ketinggian di atas batas kondensasi uap air. melainkan hutan yang banyak pepohonannya yang tertutup oleh lumut. tetapi juga menutupi batangbatang-batang pohon berkayu. Lumut yang tumbuh tidak hanya di permukaan tanah dan bebatuan. Disebut hutan lumut karena vegetasi yang dominan adalah tumbuhan lumut. Jadi pada hutan lumut. . Sepanjang hari hampir selalu hujan karena kelembaban yang tinggi dan suhu rendah menyebabkan timbulnya embun terusterusmenerus.

100 cm/tahun. .Bioma hutan gugur CiriCiri-ciri: .Curah hujan merata sepanjang tahun. musim gugur dan musim semi .Mempunyai 4 musim: musim panas. .Keanekaragaman jenis tumbuhan lebih rendah daripada bioma hutan tropis. musim dingin. 75 .

. vegetasinya nyaris seragam. pada musim panas suhu tinggi. Keanekaragaman tumbuhan di bioma taiga rendah. Flora khasnya adalah pohon berdaun jarum/pohon konifer. meskipun dalam musim dingin dengan suhu sangat rendah. Tumbuhannya hijau sepanjang tahun. pada musim dingin suhu sangat rendah. dominan pohon-pohon konifer pohonkarena nyaris seragam. Pertumbuhan tanaman terjadi pada musim panas yang berlangsung antara 3 sampai 6 bulan.Bioma hutan taiga CiriCiri-ciri bioma hutan taiga: Perbedaan antara suhu musim panas dan musim dingin cukup tinggi. hutannya disebut hutan homogen. contoh pohon konifer adalah Pinus merkusii (pinus).

Bioma hutan tundra CiriCiri-ciri: Mendapat sedikit energi radiasi matahari. pada masa inilah vegetasi mengalami pertumbuhan. musim dingin sangat panjang dapat berlangsung selama 9 bulan dengan suasana gelap. Musim panas berlangsung selama 3 bulan. . Fauna khas bioma tundra adalah "Muskoxem" (bison berhulu tebal) dan Reindeer/Caribou (rusa kutub).

Bioma mangrove CiriCiri-ciri: Kadar garam air dan tanahnya tinggi. saat air surut lingkungannya berlumpur. Saat air pasang. lingkungannya banjir. Kadar O2 air dan tanahnya rendah. .

Peta Bioma .

satwa. Pantai pasir putih pangandaran . satwa. tumbuhan. yang dijadikan cagar alam di Indonesia adalah Pananjung Pangandaran di Jawa Barat dan Nusa Kambangan di Jawa Barat.Cagar alam adalah suatu kawasan suaka alam karena keadaan alamnya mempunyai kekhasan tumbuhan. dan ekosistemnya atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami. Barat. Contoh kawasan alami.

COP-9 CBD -). dan Departemen Kehutanan serta beberapa LSM. . Departemen Kelautan dan Perikanan. bertempat 19di Bonn. Jerman telah diselenggarakan konferensi international upaya pelestarian keanekaragaman hayati ke-9 ke(The 9th Meeting of the Conference the Contracting Parties to the Convention on Biological Diversity . Delegasi Indonesia dalam pertemuan tersebut diwakili oleh unsur-unsur dari unsurDepartemen Luar Negeri. Departemen Pertanian.UPAYA INTERNASIONAL MELESTARIKAN KEANEKARAGAMAN HAYATI Pada tanggal 19-30 Mei 2008. COPKonferensi internasional ke-9 ini kebertujuan untuk mewujudkan kesepakatan mendorong upaya bersama bagi pengurangan hilangnya keanekaragaman hayati. LIPI.

yang banyak membahas mengenai biofuel dimana pada prinsipnya semua menyadari perlunya upaya untuk meningkatkan dampak positif dan mengurangi dampak negatif dari produksi dan konsumsi biofuel. negara Conservation-GSPC). Indonesia menganggap GSPC memiliki arti penting sebagai framework untuk harmonisasi berbagai inisiatif dan program dalam konservasi tanaman di tingkat nasional maupun regional. biodiversity). berkembang pada umumnya menekankan pentingnya dukungan dana dan teknis dalam pengembangan strategi tersebut. Untuk isu strategi global konservasi tanaman (Global (Global Strategy for Plant Conservation-GSPC).Beberapa isu prioritas yang dibahas pada sidang COP-9 ini antara lain keanekaragaman COPhayati bidang pertanian (agricultural (agricultural biodiversity). .

Pengumuman utk kelas B Next week ( 24 mei 2010) Presentasi kelompok terakhir (Ardi dkk) Latihan soal2 untuk menghadapi UAS. Jadi silakan bawa bahan kuliah botani. isinya power point semua kelompok kelas B. . CD dikumpulkan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful