You are on page 1of 8

Ciri-Ciri DeMokRasi

KeLomPok : 
   

Desiela tahnia putri sinaga Icha yusliza Joice villadelfia Steward Satrio pangestu

baik pers .kebebasan untuk mengeluarkan pendapat . lebih mengutamakan musyawarah daripada paksaan dalam menyelesaikan perselisiihan . . damai & memalui alat-alat perwakilan rakyat yang efektif Prasarana pendapat umum . & berkumpul merupakan hak-hak politik & sipil sangat mendasar .Ciri-Ciri Negara Yang Memiliki Sistem Politik ´DEMOKRASI´ a.maupun radio harus diberi kesempatan untuk mencari berita secara bebas dalam merumuskan pendapat mereka. b. c.tertib .televisi . Sikap menghargai hak-hak minoritas & perorangan .sikap menerima. legistimas dari sistem pemerintah. Adanya pembatasan terhadapan tindakan pemerintah untuk memberikan perlindungan bagi individu & kelompokdalam penyelenggaraan pergantian pemimpin secara berkala . berserikat .

demokrasi mengadakan suatu cara yang unik untuk menyelesaikan pertikaian secara damai . . Demokrasi merupakan sistem yang menagakui sahnya ekspresi positif dalam pertikaian . Menyelesaikan perselisihan degan damai secara melembaga bibit pertikaian dapat berupa perbedaan pendapat & kepentingan. Menjamin terselenggara nya perubahan secara damai dalam suatu masyarakat yang sedang berubah ciri* UUD (KONSTITUSI)memuat prosedur untuk mengubah UUD ciri* semacam ini mengisyaratkan bahwa dalam rangka aspirasi masyarakat yg berubah & berkembang maka UUD harus di beri terbuka. b.Dalam bukunya Introduction to democratic Theory henry B.dan membuat kebijaksanaaan umum dengan fungsi kompromi terlembaga dalam legislatif.meanegakkan ketertiban umum.maryo a.

C. Pergantian pemimpin disusun secara berkala melalui alat alat perwakilan yg efektif . Demokrasi tidak hanya mengendalikan pertentangan perubahan sosial.maryo . tetapi menyelesaikan suatu masalah politik yg lebih lama yaitu : pergantian pemimpin .Menyelenggarakasn pergantian pimpinan teratur (orderly successsion of rulers ) Pergantian pimpinan dgn cara damai teratur merupakan salah satu ciri demokrasi menurut henry B.

Ciri demokrasi adalah penghargaan terhadap Hak golongan minoritas dan perseorangan . Peringatan jhon stuart miin dalam bukunya yang berjudul on liberty bahwa mereka yg bersedia menekan kebebasan individu untuk kepentingan mendirkan sebuah negara yang kuat menyebabkan harga tinggi negara tidak lebih tinggi dari harga warga nya . membatasi pemakaian kekerasan sampai minimum (minimum of coeration ) golongan minoritas merupakan golongan yg akan terkena paksaan .D.

Dan terwakili dalam lembaga lembaga perwakilan .E. Menjamin tegaknya keadilan menegakan keadilan sering dianggap sebagai inti moralitas politik dalam suatu sistem demokrasi umumnya pelenggaraan terhadap keadilan tidak akan terlalu sering teradi. Karena golongan golongan terbesar .

penelelitian ilmiah . Menjamin kemajuan ilmu pengetahuaan Ilmu pengetahuaan sangat diperlukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegaraan .F. Ilmu pengetauan akan berkembang dengan baik . diskusi ilmiah . . mimbar bebas . dan seminar diberi kebebasan .

.Mengakui serta menggap wajar adanyaa keanekaragaman demokrasi yang kelima ini kiranya perlu diperhatikan pendapat dari cartes dan herz dalam analisanya terhadap ciri ciri demokrasi .G. Mereka menyatakan bahwa untuk membuat demokrasi efektif .