Oleh: Nunuk Mulandari

€ Dalam penelitian ilmiah. € Dalam . 2002). eksperimen berkaitan dengan salah satu jenis penelitian yang disebut ¶penelitian eksperimental·. € Penelitian eksperimental adalah suatu penelitian yang di dalamnya ditemukan minimal satu variabel yang dimanipulasi untuk mempelajari hubungan sebab-akibat (Solso & MacLin.pandangan awam. istilah eksperimen seringkali diartikan sama dengan ¶percobaan·.

maupun psikologi. € Perbedaannya terletak pada objek yang diteliti dan cara untuk memunculkan sesuatu gejala.€ Lalu. . € Untuk membedakan dari penelitian eksperimental yang lain. maka penelitian eksperimental dalam psikologi disebut eksperimen psikologis. memiliki prinsip yang hampir sama. bagaimana dengan penelitian eksperimental dalam psikologi? € Sebenarnya. yaitu membuat sesuatu terjadi. baik dalam bidang kimia. fisika. penelitian eksperimental.

dimana satu atau lebih faktor divariasikan dan faktor yang lain dibuat konstan (Zimney.€ Eksperimen psikologis adalah observasi yang objektif terhadap suatu fenomena yang dibuat agar terjadi dalam suatu kondisi yang terkontrol ketat. dlm Christensen. 2001). .

Bentuk-bentuk permasalahan yang diajukan antara lain: a. VB adalah variabel penyebab yang akan dilihat pengaruhnya terhadap VT. Apakah X berpengaruh pada Y? Apakah ada pengaruh X terhadap Y? Apakah X dapat meningkatkan/menurunkan Y? ‡ ‡ ‡ . Meneliti hubungan sebab-akibat sebab‡ Penelitian eksperimental bukan hanya meneliti hubungan antar variabel. c. b. tetapi meneliti hubungan kausal (cause-effect relationship) antara VB dan VT.1. VT adalah variabel akibat dari VB.

usia. . jenis kelamin guru. agama. inteligensi. Adanya manipulasi ‡ ‡ ‡ ‡ Yang dimaksud dengan manipulasi adalah pemberian perlakuan atau mengkondisikan keadaan/kejadian yang berbeda (VB) kepada subjek penelitian. Tidak semua VB dapat dimanipulasi karena sudah menjadi karakteristik dari subjek. Misal: jenis kelamin.2. Penelitian non-eksperimental tidak melakukan manipulasi terhadap VB. tingkat sosial ekonomi. Misal: suhu ruangan. VB yang dapat dimanipulasi adalah variabel yang ada di luar diri subjek ataupun kondisi lingkungan fisik. metode pembelajaran.

‡ Objektif berarti bahwa pelaksanaan penelitian eksperimental tidak dipengaruhi oleh faktor subjektivitas dari peneliti. melainkan melakukan pengukuran terhadap fenomena yang dimunculkan dalam penelitian. Dilakukan melalui observasi yang objektif ‡ Observasi bukan berarti peneliti harus benarbenar melakukan observasi atau pengamatan.3. .

. gejala/fenomena disebut sebagai VT yang akan diobservasi atau diukur kemunculannya. Penelitian non-eksperimental tidak berusaha memunculkan VT.4. Penelitian eksperimen berusaha memunculkan VT di masa mendatang dengan memberikan VB kepada subjek penelitian. Memunculkan/ Memunculkan/menciptakan terjadinya suatu gejala/fenomena gejala/ ‡ ‡ ‡ Dalam penelitian eksperimental.

kontrol yang ketat terhadap jalannya penelitian dilakukan sebagai usaha agar suatu akibat (VT) hanya ditimbulkan oleh penyebab (VB) yang sedang diteliti. . Dilakukan dalam situasi yang terkontrol ketat ‡ Dalam penelitian eksperimental. bukan oleh faktor-faktor lain.5.

‡ Yang dimaksud sebagai faktor yang tetap konstan adalah VS (variabel sekunder). atau dilakukan randomisasi (random assignment). ‡ Variasi dilakukan dengan memberikan jenis atau kuantitas VB yang berbeda pada kelompok subjek yang berbeda. . ‡ VS dikonstankan/disetarakan dengan cara memilih subjek penelitian dengan karakteristik yang sama.6. yaitu variabel lain di luar VB yang dapat mempengaruhi VT. Adanya faktor yang divariasikan dan faktor yang tetap konstan ‡ Yang dimaksud sebagai faktor yang divariasikan adalah VB.

P o p u l a s i Random sampling KE Sampel Randomisasi KK .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful