Perubahan & Pengembangan Organisasi

Oleh: Nadia Puspawardhani

Pengertian Pengembangan Organisasi

Richard Beckhart

Edgar Schein

French & Cecil Bell

y Berorientasi kepada belajar sambil memecahkan masalah dan memecahkan masalah sambil belajar. y .Ciri pengembangan organisasi Suatu proses yang sadar dan terencana. y Berorientasi kepada kemajuan. dan kesehatan organisasi. efisiensi. y Memakai pendekatan system y Merupakan bagian integral dan kegiatan manajemen. keefektifan.

Efisiensi Efektifitas Kesehatan Organisasi Tujuan Organisasi .

Cara Mencapai Tujuan Organisasi Meningkatkan keharmonisan hubungan kerja antara pimpinan dengan anggota organisasi lainnya. y Meningkatkan kemampuan memecahkan persoalan organisasi secara lebih transparan. y . y Peningkatan keterbukaan dalam berkomunikasi y Peningkatan semangat kerja anggota organisasi dan juga kemampuan mengendalikan diri sendiri.

Pendekatan melakukan perubahan Dekrit Pendekatan kekuasaan sepihak Pergantian Struktur .

Pendekatan melakukan perubahan Pendekatan bersama Keputusan kelompok Pemecahan kelompok .

Pendekatan melakukan perubahan Pendekatan delegasi Keputusan kelompok Kelompok latihan kepekaan .

SumberSumber-sumber perubahan organisasi Indriyo Gito Sudarmo & Nyoman Sudita Wilson & Heifetz Dari Dalam Dari Luar Dari Dalam Dari Luar .

Penolakan Terhadap Perubahan Organisasi Pelaku Penolakan Penolakan Individu Penolakan Organisasi .

Reaksi & Perilaku Penolakan Tertutup Terbuka Tidak Disadari Disadari .

pendekatan. dan metode y Menolak adanya masalah y Secara terus menerus menanyakan detil dan keterangan y Memberikan berbagai macam alasan penolakan y Menyatakan bahwa waktu perubahan tidak tepat y .Bentuk Penolakan Mempertanyakan teori.

Bentuk Penolakan Menanyakan masalah praktis atau kelayakan rencana y Menyatakan bahwa hal ini pernah dilakukan sebelumnya dan gagal y Menanyakan penelitian awal. diam dan mengacuhkan perbuahan y Berpura-pua tidak punya waktu. dan dalam skala yang besar y Pasif. marah. kesal dan mecari kambing hitam y .

Strategi Mengatasi Penolakan Terhadap Perubahan Pendidikan dan komunikasi Keterlibatan dan partisipasi Dukungan Insentif dan negosiasi Manipulasi pemilihan Paksaan .

mampu menciptajan efisiensi dan efektivitas dan kesehatan organisasi di dalam perubahan atau pengembangan organisasi.Agen Perubahan y Agen perbuahan adalah orangorang yang dapat berupa konsultan. . manajer baru. manajer senior yang memilik perspektif baru.

Mendiagnosa kebutuhan atau masalah perubahan. Menyumbang pengetahuan demi mengelola pengembangan organisasi.Peranan Agen Perubahan y y y y y Menyediakan bantuan teknis. Merencanakan dan memimpin kegiatan pelatihan. . spesialis atau nasehat dalam mengelola upaya perubahan. Katalisator dalam menunjang perubahan internal.

JenisJenis-Jenis Agen Perubahan Internal External InternalEksternal Agen Perubahan .

Model-Model Agen Perubahan Model Kesehatan Model DokterPasien Model Rekayasa Model Proses .

TahapTahap-Tahap Pengembangan Organisasi Pengenalan masalah Diagnosis Organisasional Pengembangan Strategi perubahan Intervensi Pengukuran dan evaluasi .

Asumsi dan kepercayaan pengembangan organisasi Asumsi Individu Kelompok Organisasi Sarana & Prasarana Pasar / Konsumen .

Merancang Teknik Intervensi y Intervensi adalah langkah khusus yang diambil dalam menjawab permasalahan yang telah diidentifikasi sebelumnya melalu suatu diagnose. .

Target Pengembangan Organisasi .

SESI DISKUSI .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful