Polymer - Carbon Nanotube Composite

Kelompok 1: ‡ Erwin (0806315950) ‡ Terry Atmajaya (0806315995) ‡Juristy (0706268631 )
Free Powerpoint Templates Page 1

DAFTAR ISI
‡ ‡ ‡ ‡ SEJARAH CNT STRUKTUR CNT SIFAT CNT PEMBUATAN CNT
- ARC SYNTHESIS - CVD

‡ PEMBUATAN POLYMER-CNT COMPOSITE
- SOLUTION PROCESSING - MELT PROCESSING - REACTION PROCESSING

‡ APLIKASI ‡ REFERENSI
Free Powerpoint Templates Page 2

Richard E. ‡ Dalam perkembangan berikutnya. Kroto (dari University of Sussex. Amerika Serikat). molekul C60 ini lebih dikenal dengan nama fullerene. Smalley. Inggris) menemukan struktur karbon murni yang tersusun atas 60 atom karbon (C60). Robert F. Houston. ‡ Struktur C60 tersebut diberi nama buckminsterfullerene atau disebut juga bucky ball. dan Sir Harold W. Brighton. Jr (dari Rice University. Free Powerpoint Templates Page 3 . Curl.SEJARAH ‡ Pada tahun 1985.

Free Powerpoint Templates Page 4 . karbon sedangkan yang CNT berbentuk silinder yang tiap ujungnya ditutup atom-atom berbentuk setengah struktur fullerene. ‡ Atom-atom karbon pada fullerene membentuk struktur oleh seperti bola.SEJARAH ‡ Penemuan fullerene ini kemudian memicu ditemukannya material baru bernama carbon nanotube (CNT). ‡ Struktur CNT mirip dengan fullerene.

‡ Iijima menggunakan High Resolution Transmission Electron Microscopy untuk menguji karbon yang diproduksi oleh busur yang mengevaporasi grafit dalam atmosfer helium. Pada bagian tengah lapisan berisi banyak tabung-tabung kecil karbon grafit. Free Powerpoint Templates Page 5 . ‡ Ledakan perhatian dalam CNT dimulai saat pertama kali ditemukan oleh Sumio Iijima dari NEC Laboratories di Jepang.SEJARAH ‡ CNT merupakan salah satu material baru dan mulai dikembangkan dalam 30 tahun terakhir. ‡ Percobaan Iijima dimulai saat ditemukannya lapisan keras yang terbentuk di katoda grafit dalam proses busur evaporasi. yang terdiri dari silinder-silinder grafit yang tersusun secara konsentris dengan diameter sekitar 10 nm dengan ujung seperti bentuk fullerene.

‡ Pengukuran sebuah CNT secara langsung menggunakan atomic force microscopy menunjukkan bahwa CNT dapat mengakomodasi deformasi ekstrim tanpa terjadi perpatahan. setelah terjadi deformasi. ‡ CNT juga memiliki konduktivitas listrik yang baik dan panas yang baik. terutama kekakuan dan kekuatannya yang luar biasa. ‡ CNT juga memiliki kemampuan untuk kembali ke bentuk asalnya. ‡ Sifat-sifat ini dapat dimanfaatkan dengan cara mengkombinasikannya ke dalam suatu matriks dan membuatnya menjadi suatu material komposit. bentuk yang lurus. Free Powerpoint Templates Page 6 . banyak percobaan yang membuktikan sifat-sifat istimewa dari CNT.SEJARAH ‡ Dewasa ini.

Struktur Carbon Nanotube ‡ Berdasarkan jumlah dindingnya. yang disebut dengan vektor chiral. m). yaitu bagian panah vektor harus bertemu dengan bagian ekornya ketika diputar menjadi Free Powerpoint Templates lingkaran. ‡ Untuk mengkarakterisasi sebuah CNT dengan geometri tertentu. ‡ Panjang dari vektor chiral ini akan menjadi keliling CNT. yaitu: ± CNT berdinding tunggal (single-walled nanotube atau SWNT) ± CNT berdinding banyak (multi-walled nanotube atau MWNT). CNT dikelompokkan menjadi dua macam. yaitu graphene (grafit berbentuk lembaran) yang digulung menjadi silinder. diberikan parameter bilangan bulat (n. Page 7 . dapat carbon carbon ‡ Sifat CNT yang luar biasa dapat diturunkan dengan menganalisis lembaran penyusun dinding tersebut.

‡ Garis putus-putus menandai susunan atom-atom karbon pada CNT yang mewakili indeks (n.0) atau struktur zigzag.n) atau struktur armchair. ‡ Ch=na1+ma2 adalah vektor penggulungan (roll-up vector).Struktur Carbon Nanotube ‡ a1 dan a2 menyatakan vektor kisi (lattice vector). dan indeks (n. ‡ Bagian yang diarsir menyatakan bagian yang akan digulung membentuk CNT dengan nilai indeks (4. ‡ T menyatakan vektor translasi (translation vector). Free Powerpoint Templates Page 8 .2).

struktur lainnya disebut struktur intermediate (antara zigzag dan armchair).0) disebut struktur zigzag.Struktur Carbon Nanotube ‡ Silinder yang dibentuk dikarakterisasi berdasarkan diameter dan sudut kiralnya (chiral angle).n) disebut struktur armchair. ‡ Struktur CNT bernilai indeks (n.m). atau oleh nilai indeks (n. ‡ Struktur. Free Powerpoint Templates Page 9 . ‡ Struktur CNT bernilai indeks (n.

yang pertama terbentuk karena adanya gaya van der waals. molekul-molekul CNT dapat bergabung membentuk struktur seperti tali yang disebut nanorope. dan tidak mudah patah. fleksibel. ulet. ‡ Pada tekanan tinggi. Free Powerpoint Templates Page 10 . yang kedua terbentuk karena adanya ikatan kovalen antar molekul carbon nanotube.SIFAT CARBON NANOTUBE ‡ Molekul CNT sangat kuat. ‡ Ada dua macam nanorope.

Free Powerpoint Templates Page 11 . ‡ Pengukuran yang lebih akurat dilakukan menggunakan nanostressing stage di dalam SEM. ‡ Dari pengukuran ini didapatkan bahwa CNT memiliki modulus kekakuan yang sangat tinggi dengan rata-rata sekitar 1. yang melakukan pengukuan in situ multiwalled carbon nanotube dalam TEM. ‡ Percobaan ini menyatakan bahwa nilai modulus Young dari lapisan terluar MWNT berada antara 270 hingga 950 GPa.8 Tpa.SIFAT CARBON NANOTUBE ‡ Pengukuran pertama untuk kekakuan CNT dilakukan pada tahun 1996 oleh Treacy.

05 µ m-10 m m. ‡ Resistivitas listrik yang terukur dari sebuah CNT berkisar antara 0.017 µ m. ‡ CNT juga memiliki konduktivitas listrik yang baik. ‡ Sebagai perbandingan.SIFAT CARBON NANOTUBE ‡ Selain sifat mekanik dari carbon nanotube. Free Powerpoint Templates Page 12 . beberapa percobaan juga mempelajari sifat listrik dari carbon nanotube. kristal tunggal grafit memiliki hambatan listrik sebesar 0. dengan rapat arus sebesar 1011 A m-2.4 µ m dan tembaga memiliki hambatan listrik sekitar 0.

‡ Keadaan ini biasa disebut zero bandgap semiconductor atau semilogam karena bersifat logam (konduktor) pada arah tertentu dan semikonduktor pada arah lainnya. tergantung dari ukuran diameter spesifiknya. ‡ Struktur zigzag dan intermediate dapat bersifat semilogam atau semikonduktor.SIFAT CARBON NANOTUBE ‡ Struktur armchair bersifat seperti logam. ‡ Keunikan sifat listrik CNT merupakan turunan sifat dari graphene dengan konfigurasi elektron sp2. Free Powerpoint Templates Page 13 .

Free Powerpoint Templates Page 14 . ‡ Kategori kedua adalah penumbuhan CNT langsung pada wafer atau substrat. Caranya biasa dilakukan dengan teknik chemical vapour deposition atau disingkat CVD. fullerene dapat juga digunakan sebagai sumber karbon. Karbon akan berdifusi ke substrat yang telah panas dan tertempel dengan sebuah katalis. Material katalis ditempatkan pada permukaan wafer dalam tungku dengan temperatur standar 700 hingga 1000oC yang dilalui aliran sumber karbon seperti gas metana. Selain itu. Fe. Secara umum. dan asetilena. CO. dan laser ablation. Metode CVD dilakukan dengan mengalirkan sumber karbon dalam fase gas melalui sumber energi seperti sebuah plasma atau koil pemanas untuk mentransfer energi ke molekul karbon. atau Co. gas yang digunakan adalah metana. seperti Ni. ‡ Kategori pertama adalah metode arc synthesis.Pembuatan Carbon Nanotube ‡ Teknik-teknik penumbuhan itu dapat dibagi menjadi dua kategori. seperti yang dilakukan Iijima.

‡ Transfer beban ini tergantung dari tekanan geser antarmuka (interfacial shear stress) antara penguat (reinforce) dengan matriksnya. ‡ Tekanan geser antarmuka yang tinggi akan mentransfer beban yang diterima ke CNT dalam jarak yang singkat. dan sebaliknya. Free Powerpoint Templates Page 15 . ‡ Ikatan yang baik ini dibutuhkan agar beban yang diterima komposit dapat disalurkan melalui interface antara CNT dan matriks. ‡ Transfer beban dari matriks ke CNT memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan sifat mekanik dari suatu komposit.Pembuatan Carbon Nanotube/Polymer Composites ‡ Keefektifan mencampur CNT ke dalam suatu aplikasi komposit sangat tergantung dari kemampuan CNT didispersikan ke dalam suatu matriks tanpa merusak ikatan (interface) yang terjadi.

‡ Metode disebut juga solution processing. kemudian melakukan esterifikasi sehingga CNT terikat oleh asam karboksilat agar dapat larut dengan baik di dalam pelarut organik. ‡ Namun. dan komposit nanotube/polystyren berbentuk film tipis ini dapat dibentuk dengan menggunakan teknik wet casting. ‡ Kemudian polystyrene dilarutkan dalam larutan nanotube tadi. Free Powerpoint Templates Page 16 . ‡ Metode ini dianggap paling efektif untuk mempersiapkan komposit dengan CNT yang terdistribusi homogen.Pembuatan Carbon Nanotube/Polymer Composites ‡ Metode sederhana yang biasa dilakukan untuk membuat polymer/CNT composite adalah dengan mencampur dan mendispersikan CNT dengan larutan polimer kemudian mengevaporasi pelarutnya. ‡ Contohnya untuk memproduksi komposit polymer/polystyrene. ‡ Hal yang pertama dilakukan adalah memberikan perlakuan asam kepada CNT. metode ini masih bergantung pada tingkat efisiensi dispersi nanotube dalam pelarut yang digunakan.

Pembuatan Carbon Nanotube/Polymer Composites Free processing Metode solutionPowerpoint Templates Page 17 .

Pembuatan Carbon Nanotube/Polymer Composites ‡ Metode kedua adalah metode melt processing. melt processing melibatkan lelehan pelet polimer untuk membentuk cairan kental. ‡ Secara umum. Free Powerpoint Templates Page 18 . ‡ Teknik ini memanfaatkan fakta bahwa bijih polimer termoplastik melunak bila dipanaskan. ‡ Komposit dapat dibuat dengan menggunakan proses ekstrusi. ‡ Metode ini adalah alternatif umum untuk polimer jenis termoplastik. dan juga kompatibilitasnya dengan standar industri. ‡ CNT dapat dicampur ke dalam lelehan dengan memanfaatkan efek reologi geser. ‡ Keuntungan dari teknik ini adalah kecepatan dan kesederhanaannya.

Pembuatan Carbon Nanotube/Polymer Composites Metode melt processing Free Powerpoint Templates Page 19 .

‡ Reaction processing atau polimerisasi in situ merupakan metode yang sangat efisien untuk meningkatkan dispersi dan interaksi antara CNT dengan matriks secara signifikan. seperti epoxies atau poliester tidak jenuh. curing agent ditambahkan untuk memulai proses polimerisasi. Free Powerpoint Templates Page 20 . ‡ Umumnya CNT dicampur dengan monomer dan kemudian komposit dapat diperoleh dengan polimerisasi monomer dalam kondisi tertentu. polimerisasi dapat dimulai baik oleh penambahan inisiator atau dengan peningkatan suhu. ‡ Teknik ini sangat penting untuk pembuatan polimer yang tidak dapat diproses oleh solution atau melt processing. ‡ Untuk termoplastik.‡ Metode ketiga adalah reaction processing. ‡ Untuk polimer termoset.

Metode reaction processing Free Powerpoint Templates Page 21 .

dengan banyak sifat-sifat yang lebih unggul daripada liquid crystal elastomer biasa. ditemukan adanya respon baru aktuator yang didorong oleh medan listrik karena adanya MWNT di dalam suatu elastomer. polysiloxane. ± Koerner dkk.Aplikasi Carbon Nanotube/Polymer Composites ‡ Aktuator ± Pada tahun 2003. ± Mereka menghasilkan bahan komposit dengan CNT yang memiliki sifat anisotropi dielektrik yang efektif. ± Mereka melaporkan bahwa sampel secara spontan berkontraksi dan memanjang dengan adanya radiasi dan menunjukkan bahwa respon mekanik ini disebabkan karena penyerapan foton dan bukan karena pemanasan bahan akibat radiasi. Free Powerpoint Templates Page 22 . membuat komposit MWNTpolydimethylsiloxane yang menghasilkan respon mekanik terhadap radiasi inframerah.

± Ajayan dkk. seperti pemantauan kondisi fisik sayap pesawat terbang atau rangka pesawat saat pesawat berada dalam penerbangan. sedangkan sensor dari SWNT menunjukkan respon dan sensitivitas yang tinggi pada suhu kamar. ± Mereka menemukan bahwa tahanan listrik dari sifat semikonduktor SWNT berubah secara dramatis setelah terpapar molekul gas. seperti untuk pendeteksian NO2 dan CO yang merupakan bagian terpenting dalam memantau pencemaran lingkungan.Aplikasi Carbon Nanotube/Polymer Composites ‡ Sensor ± Alat sensor merupakan hal yang penting. menunjukkan sensor kimia yang ditunjukkan oleh SWNT. ± Bahan sensor listrik. ± Bahan ini dapat digunakan untuk menentukan kondisi fisik material secara nyata. Free Powerpoint Templates Page 23 . mengembangkan metode untuk memproduksi komposit film nanotube-polimer yang dapat digunakan untuk membentuk nanosensor. seperti komposit karbon hitam-polimer hanya beroperasi pada suhu tinggi. ± Kong dkk.

S.1. K. 379386. 59-65.com/site/cntcomposites/processing-ofcnt-polymer-composites ‡ K. ‡ P.org/wiki/Carbon_nanotube ‡ http://102fm-itb. 2007. Samal. W. Fabrication and Aplication of Polymer Composites Comprosing Carbon Nanotubes. Carbon Nanotube Reinforced Polymer Composite-A State of the Art.wikipedia. 2004. C. Anggraeni. Andry Nurta. F. P. J. Vol. Zhang. . Perangkat Memori Berbasis Carbon Nanotube. 49. Carbon Nanotube/Nanofibre Polymer Composites. Sandler. 2009. Carbon Nanotube Composites. 2010.org/2008/04/26/dari-sebatang-karbon/ ‡ S. Vol. Harris. World Scientific Publishing Co.google. Ltd. ‡ http://en. 31-43. Free Powerpoint Templates Page 24 2006. Shaffer dan J.Referensi ‡ Kusumadewi. Pte. ‡ M. ‡ Suhadi. Vol. Padang: Universitas Andalas. Carbon Nanotube. 30. S. Mylvaganam dan L. ‡ https://sites. Bal dan S.

Free Powerpoint Templates Page 25 .