BAYI BARU LAHIR NORMAL

PRINSIP DASAR Bayi baru lahir atau neonatus meliputi umur 0 28 hari. Kehidupan pada masa neonatus ini sangat rawan oleh karena memerlukan penyesuaian fisiologik agar bayi di luar kandungan dapat hidup sebaik-baiknya. Hal ini dapat dilihat dari tingginya angka kesakitan dan angka kematian neonatus. Diperkirakan 2/3 kematian bayi di bawah umur satu tahun terjadi pada masa neonatus. Peralihan dari kehidupan intrauterin ke ekstrauterin memerlukan berbagai perubahan biokimia dan faali. Dengan terpisahnya bayi dari ibu, maka terjadilah awal proses fisiologik sebagai berikut :

‡ PRINSIP DASAR ‡ Bayi baru lahir atau neonatus meliputi umur 0 28 hari. Kehidupan pada masa neonatus ini sangat rawan oleh karena memerlukan penyesuaian fisiologik agar bayi di luar kandungan dapat hidup sebaik-baiknya. Hal ini dapat dilihat dari tingginya angka kesakitan dan angka kematian neonatus. Diperkirakan 2/3 kematian bayi di bawah umur satu tahun terjadi pada masa neonatus. Peralihan dari kehidupan intrauterin ke ekstrauterin memerlukan berbagai perubahan biokimia dan faali. Dengan terpisahnya bayi dari ibu, maka terjadilah awal proses fisiologik sebagai berikut :

manajemen persalinan yang tidak tepat dan tidak bersih. perawatan kehamilan yang kurang memadai.‡ Banyak masalah pada bayi baru lahir yang berhubungan dengan gangguan atau kegagalan penyesuaian biokimia dan faali yang disebabkan oleh prematuritas. dan lingkungan yang kurang baik dalam kandungan. Masalah ini timbul sebagai akibat buruknya kesehatan ibu. . si bayi akan mempunyai kesempatan hidup yang kecil. kurangnya perawatan bayi baru lahir. pada persalinan maupun sesudah lahir. Kalau ibu meninggal pada waktu melahirkan. Tidak hanya merupakan penyebab kematian tetapi juga kecacatan. ‡ Masalah pada neonatus biasanya timbul sebagai akibat yang spesifik terjadi pada masa perinatal. kelainan anatomik.

‡ Untuk mampu mewujudkan koordinasi dan standar pelayanan yang berkualitas maka petugas kesehatan dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk dapat melaksanakan pelayanan essensial neonatal yang dikategorikan dalam dua kelompok yaitu : .

yaitu jaga bayi tetap kering & hangat. Membersihkan jalan nafas ± Sambil menilai pernafasan secara cepat. ‡ A. letakkan bayi dengan handuk di atas perut ibu ± Bersihkan darah / lendir dari wajah bayi dengan kain bersih & kering/ kassa ± Periksa ulang pernafasan ‡ Bayi akan segera menangis dalam waktu 30 detik pertama setelah lahir.ASUHAN BAYI BARU LAHIR ‡ Adalah asuhan yang diberikan pada bayi baru lahir selama satu jam pertama setelah kelahiran. Jika tidak dapat menangis spontan dilakukan : . Sebagian besar BBL akan menunjukkan usaha pernafasan spontan dengan sedikit bantuan/gangguan. kontak antara kulit bayi dengan kulit ibu sesegera mungkin. Oleh karena itu PENTING diperhatikan dan memberikan asuhan SEGERA.

rongga mulut.Lanjutan. ‡ 1) Letakkkan bayi pada posisi terlentang di tempat yang keras & hangat 2) Gulung sepotong kain & letakkan di bawah bahu sehingga leher bayi ekstensi 3) Bersihkan hidung..... & tenggorokan bayi dengan jari tangan yang dibungkus kassa steril 4) Tepuk telapak kaki bayi sebanyak 2-3x / gosok kulit bayi dengan kain kering dan kasar Kebiasaan yang harus dihindari .......

LANGKAH-LANGKAH ALASAN YANG TIDAK DIANJURKAN ‡ Menepuk pantat bayi karena dapat mengakibatkan Trauma / cedera ‡ Menekan dada kerena dapat mengakibatkan patah. pneumothorax. karena tindakan resusitasi yang tidak efektif pada saat kritis . gawat nafas. dan kematian ‡ Menekan kaki bayi ke bagian perutnya karena dapat Merusak pembuluh darah dan kelenjar pada hati/limpa dan perdarahan ‡ Membuka sphincter anusnya kerena dapat merusak /melukai sphincter ani ‡ Menggunakan bungkusan partas/dingin Membakar/hipotermi Meniupkan oksigen/udara dingin pada tubuh/wajah bayi Hipotermi Memberi minuman air bawang Membuang waktu.

adanya cairan / mekonium dalam hidung / mulut harus diperhatikan . sediakan juga tabung oksigen & selangnya Segera lakukan usaha menghisap mulut & hidung Memantau mencatat usaha nafas yang pertama Warna kulit.‡ 5) Penghisapan lendir Gunakan alat penghisap lendir mulut ( De Lee ) / alat lain yang steril.

lingkarkan benang sekeliling ujung tali pusat & lakukan pengikatan kedua dengan simpul kunci dibagian TP pd sisi yang berlawanan ‡ Lepaskan klem penjepit & letakkan di dalam larutan klorin 0. Perawatan tali pusat Setelah plasenta lahir & kondisi ibu stabil. ikat atau jepit tali pusat Cara : ‡ celupkan tangan yang masih menggunakan sarung tangan ke dalam klorin 0. Lakukan simpul kunci/ jepitkan ‡ Jika menggunakan benang tali pusat.B.5% untuk membersihkan darah & sekresi tubuh lainnya ‡ bilas tangan dengan air matang /DTT ‡ keringkan tangan (bersarung tangan) ‡ letakkan bayi yang terbungkus diatas permukaan yang bersih dan hangat ‡ ikat ujung tali pusat sekitar 1 cm dari pusat dengan menggunakan benang DTT.5% .

Bayi baru lahir harus dibungkus hangat. Mempertahankan Suhu Tubuh Bayi ‡ Pada waktu baru lahir bayi balum mampu mengatur tetap suhu badannya. Suhu bayi harus di catat. ‡ Mempertahankan suhu tubuh Dengan cara : ‡ Keringkan bayi secara seksama ‡ Selimuti bayi dengan selimut/kain bersih. dan membutuhkan pengaturan dari luar untuk membuatnya tetap hangat. kering dan hangat ‡ Tutup bagian kepala bayi ‡ Anjurkan ibu untuk memeluk dan menyusukan bayinya ‡ Lakukan penimbangan setelah bayi mengenakan pakaian ‡ Tempatkan bayi di lingkungan yang hangat .LANJUTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTT ‡ C. Suhu tubuh bayi merupakan tolak ukur kebutuhan akan tempat tidur yang hangat sampai suhu tubuhnya sudah stabil.

sedangkan bayi resiko tinggi diberi Vitamin K parenteral dengan dosis 0.. semua bayi baru lahir normal dan cukup bulan perlu diberi Vitamin K peroral 1 mg / hari selama 3 hari.25-0. Pencegahan infeksi Memberikan obat tetes mata/salep diberikan 1 jam pertama bayi lahir yaitu : eritromysin 0... termometer. Cuci tangan sebelum dan setelah kontak dengan bayi Pakai sarung tangan bersih pada saat menangani bayi yang blm dimandikan Pastikan semua peralatan (gunting.Yang biasa dipakai adalah larutan perak nitrat/ neosporin dan langsung diteteskan pd mata bayi segera setelah bayi tahir BBL sangat rentan terjadi infeksi. berkisar 0. E.. benang tali pusat) telah di DTT.5 %.. Memberi Vitamin K Kejadian perdarahan kerena defisiensi Vitamin K pada bayi baru lahir dilaporkan cukup tinggi. ‡ ‡ D. selimut serta kain yang digunakan untuk bayi dalam keadaan bersih Pastikan timbangan. handuk. Untuk mencegah terjadinya perdarahan tersebut. sehingga perlu diperhatikan hal-hal dalam perawatannya.5%/ tetrasiklin 1%. pastikan dalam keadaan bersih Pastikan semua pakaian. jika menggunakan bola karet penghisap.LANJUT.5-1 mg secara IM. stetoskop 8 benda2 lainnya akan bersentuhan dengan bayi dalam keadaan bersih (dekontaminasi setelah digunakan) ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ . pipa pengukur.

tanggal lahir. dikamar bersalin. tidak mudah sobek. lingkar perut dan catat dalam rekam medik . Sidik telapak kaki bayi harus dibuat oleh personil yang berpengalaman menerapkan cara ini. ‡ Pada alat / gelang identifikasi harus tercantum : ± ± ± ± ± ± nama ( bayi. Bantalan sidik kaki harys disimpan dalam ruangan bersuhu kamar. dengan tepi yang halus tidak mudah melukai.‡ F. nyonya) tanggal lahir nomor bayi jenis kelamin unit nama lengkap ibu ‡ Disetiap tempat tidur harus diberi tanda dengan mencantumkan nama. ‡ Ukuran berat lahir. nomor identifikasi. maka sebuah alat pengenal yang efektif harus diberikan kepada setiap bayibaru lahir dan harus tetap ditempatnya sampai waktu bayi dipulangkan. hendaknya kebal air. Identifakasi Bayi ‡ Apabila bayi dilahirkan ditempat bersalin yang persalinannya mungkin lebih dari satu persalinan. dan tidak mudah lepas. ‡ Peralatan identifikasi bayi baru lahir harus selalu tersedia ditempat penerimaan pasien. dan diruang rawat bayi. ‡ Alat yang digunakan. lingkar kepala. dan dibuat dalam catatan bayi. panjang bayi. ‡ Sidik telapak kaki bayi dan sidik jari ibu harus dicetak dicatatan yang tidak mudah hilang.

Pemantauan Bayi Baru Lahir ‡ Tujuan pemantauan bayi baru lahir adalah untuk mengetahui aktivitas bayi normal atau tidak dan identifikasi masalah kesehatan bayi baru lahir yang memerlukan perhatian keluarga dan penolong persalinan serta tindak lanjut petugas kesehatan. ‡ Dua jam pertama setelah lahir ‡ Hal.‡ G.hal yang dinilai waktu pemantauan bayi pada jam pertama sesudah lahir meliputi : ± kemampuan menghisap kuat atau lemah ± bayi tampak aktif atau lunglai ± bayi kemerahan atau biru ‡ Sebelum penolong persalinan meninggalkan ibu dan bayinya ‡ Penolong persalinan melakukan pemeriksaan dan penilaian terhadap ada tidaknya masalah kesehatan yang memerlukan tindak lanjut. seperti : ± bayi kecil untuk masa kehamilan atau bayi kurang bulan ± gangguan pernafasan ± hipotermia ± infeksi ± cacat bawaan dan trauma lahir .

Ukur lingkar kepala. Keaktifan Bayi normal melakukan gerakan. kemungkinan gejala suatu kelainan yang perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. atau tumor lunak hanya dibelahan kiri atau kanan saja.gerakan tangan dan kaki yang simetripada waktu bangun. berupa tumor lunak dibelakang atas yang menyebabkan kepala tampak lebih panjang. Adanya tremor pada bibir. rangsangan sakit. atau suara keras yang mengejutkan atau suara mainan. ‡ ‡ ‡ ‡ .YANG PERLU DIPERHATIKAN PADA BAYI BARU LAHIR ‡ ‡ ‡ ‡ Kesadaran dan reaksi terhadap sekeliling Perlu dikenali kurangnya reaksi terhadap rayuan. tetapi bila hal ini terjadi pada waktu tidur. Simetri Apakah secara keseluruhan badan seimbang Kepala Apakah tidak simetris. sebagai akibat proses kalahiran. atau disisi kiri dan kanan tetapi tidak melampaui garis tengah bujur kepala. kaki dan tangan pada waktu menangis adalah normal.

..... kemungkinan ada kelainan bawaan saluran cerna Leher... Bila terdapat sekret yang berlebihan.. paresis ... abdomen Melihat adanya cedera akibat persalinan.. geraknya. tangan... tungkaiPerlu diperhatikan bentuk.. Bahu... dada. fraktur.... ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Muka Wajah Bayi tanpa ekspresi Mata Diperhatikan adanya tanda.. sendi.Lanjutan. Ukur lingkar perut Punggung Adakah benjolan / tumor atau tulang punggung dengan lekukan yang kurang sempurna...tanda perdarahan berupa bercak merah yang akan menghilang dalam waktu 6 minggu Mulut Salivasi tidak terdapat pada bayi normal..

Refleks Reflek rooting.tiba digerakkan. kulit menjadi pucat dan kuning.tiba membesar. Kadang. disertai muntah. Refleh isamoro ialah timbulnya pergerakan tangan yang simetris apabila kepala tiba. Kelancaran menghisap dan pencernaan Harus diperhatikan Tinja dan kemih Diharapkan keluar dalam 24 jam pertama.kadang didapatkan kulit yang mengelupas ringan. Penurunan berat badan lebih dari 5 % berat badan waktu lahir. menunjukkan kekurangan cairan. harap segera konsultasi untuk pemeriksaan lebih lanjut. yang sering ditafsirkan bayi menolak makan / minum Berat badan Sebaiknya tiap hari dipantau. tanpa keluarnya tinja. Pengelupasan yang berlebihan harus diperkirakan kemungkinan adanya kelainan. telapak kaki atau kuku yang menjadi biru. yang disertai refleks menelan ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ . Reflek mengeluarkan lidah terjadi apabila diletakkan benda didalam mulut. dan mungkin dengan kulit kebiruan. Waspada bila terjadi perut yang tiba.‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Kulit dan kuku Dalam keadaan normal kulit bewarna kemerahan. bayi menoleh kearah benda yang menyentuh pipi. waspada timbulnya kulit dengan warna yang tak rata ( cutis marmorata ) telapak tanga. Bercakbercak besar biru yang sering terdapat disekitar bokong (mongolian spot) akan menghilang pada umur 1-5 tahun. p terjadi apabila terdapat benda menyentuh bibir.

YANG PERLU DIPANTAU PADA BAYI BARU LAHIR ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Suhu badan dan lingkungan Tanda.tanda vital Berat badan Mandi dan perawatan kulit Pakaian Perawatan tali pusat .

tanpa terdengar suara pada waktu inspirasi maupun ekspirasi.PEMANTAUAN TANDA.TANDA VITAL ‡ Suhu tubuh bayi diukur melalui dubur atau ketiak ‡ Pada pernafasan normal. Gerak pernapasan 3050 kali permenit.titik nadi perifer ‡ Tekanan darah dipantau hanya bila ada indikasi . ‡ Nadi dapat dipantau disemua titik. perut dan dada bergerak hampir bersamaan tanpa adanya retraksi.

tanda kegawatan / kelainan yang menunjukkan suatu penyakit.TANDA KEGAWATAN ‡ Semua bayi baru lahir harus dinilai adanya tanda. ‡ Bayi baru lahir dinyatakan sakit apabila mempunyai salah satu atau beberapa tanda.PENILAIAN BAYI U TUK TANDA.tanda berikut ‡ Sesak napas ‡ Frekuensi pernapasan 60 kali/ menit ‡ Gerak retraksi di dada ‡ Malas minum ‡ Panas atau suhu badan bayi rendah ‡ Kurang aktif ‡ Berat lahir rendah (1500-2500 gram) dengan kesulitan minum .

...LANJUT LAGI YO.kejang kecil Merintih Perdarahan Sangat kuning Berat badan lahir < 1500 gram . ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Tanda.tanda bayi sakit berat Sulit minum Sianosis sentral (lidah biru) Perut kembung Periode apneu Kejang/ periode kejang..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful