TEOREMA THEVENIN & NORTON

2.1. Teorema Thevenin
Teorema Thevenin menyatakan bahwa sembarang jaringan linier yang terdiri atas sumber tegangan dan resistansi, jika dipandang dari sembarang 2 simpul dalam jaringan tersebut dapat digantikan oleh resistansi ekivalen RTH yang diserikan dengan sumber tegangan ekivalen VTH.

Gambar Rangkaian Ekuivalen Thevenin

RTh ! R1 R2 R1  R2 R2 x Vin R1  R2 VTh ! . dapat tentukan resistansi Thevenin (RTH) sebesar.Analisa rangkaian thevenin ditunjukan melaluigambar berikut ini : Dari analisa gambar di atas.

2. dapat ditentukan formulasi teorema Norton sebagai berikut : RN ! R1R2 R1  R2 IN ! V RN .2. yang digambarkan seperti berikut ini: Dari rangkaian diatas. Teorema Norton Teorema Norton menyatakan bahwa sembarang jaringan yang dihubungkan ke terminal a dan b dapat digantikan dengan sumber arus tunggal IN yang parallel dengan resistansi tunggal RN.

Dari rangkaian Thevenin dan Norton ini. maka dapat ditentukan harga daya yang diserap oleh rangkaian tersebut : V 2 PL ! ! IN R R Dimana daya ini adalah daya beban dari suatu rangkaian ekuivalen thevenin & norton 2 .

Buat rangkaian seperti gambar berikut ini    Ukur arus (IL) dan tegangan (VL) yang melalui beban RL.1 Ubah harga beban untuk 5 buah nilai yang berbeda tentukan basarnya daya yang diserap oleh masing ± masing beban.LANGKAH ± LANGKAH PRAKTIKUM A. yang berbeda nilai. . Isikan hasilnya ke dalam table 2.  Percobaan 1 : Mengukur arus dan tegangan dengan memasang beban RL.

‡ ‡ ‡ Kemudian Tentukan nilai VTh. Dari rangkaian pengganti Thevenin tersebut. RTh dan IN ±nya. . 8K6. 10 K.harga beban (RL) : 1K. Tentukan pula daya (PL) yang diserap oleh beban RL.B. kemudian ukur arus IL dan tegangan VL untuk harga. ‡ Buat rangkaian pengganti Thevenin seperti gambar rangkaian di atas. 6K8. (RTh & VTh). Percobaan 2 : Menentukan arus dan tegangan beban dari rangkaian pengganti Thevenin-nya. 4K7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful