Hubungan Air-Tanah-Tanaman Air-TanahMurtiningrum

Hubungan Air-Tanah-Tanaman Air-Tanah‡ Tanaman memerlukan air ‡ Tanah menyimpan air yang dibutuhkan tanaman ‡ Atmosfer menyediakan energi yang diperlukan tanaman untuk mengambil air dari tanah .

Tanaman dan Air ‡ Air diperlukan tanaman untuk: ± ± ± ± ± ± Pencernaan Fotosintesis Transport mineral dan hasil fotosintesis Penunjang tubuh Pertumbuhan Transpirasi ‡ Sebagian besar (99%) air dipergunakan untuk transpirasi ‡ Transpirasi: proses evaporasi dari bagian tanaman ± Terjadi bila tekanan uap di daun lebih besar daripada di udara ± Terjadi bila stomata daun terbuka .

air dilepas ke atmosfer dalam bentuk uap air melalui stomata transpirasi ‡ Diskusi: ± Mengapa tanaman layu bila kekurangan air ± Bagaimana akibat bagi produksi bila tanaman kekuarangan air .Tanaman dan Air ‡ Selama tanaman hidup selalu ada gerakan air dari tanah menuju bagian tubuh tanaman dan daun ‡ Dari daun.

Tanah dan Air ‡ Tanah terdiri dari: ± Mineral dan bahan organik ± Udara dan air yang mengisi pori-pori antar butiran tanah ‡ Butiran tanah diklasifikasikan menurut ukuran pasir. debu. lempung tekstur tanah ‡ Kandungan air dan udara dalam tanah berubah-ubah lengas tanah ‡ Diskusi: sifat tanah apa yang penting bagi tanaman dan bagaimana pengaruhnya .

Ilustrasi Air Dalam Tanah Sumur artesis memancar Sumur dangkal Sumur artesis tidak memancar Muka tanah Zone aerasi Zone saturasi Akuifer bebas Piezometric surface Muka airtanah Akuifer terkekang Lapisan kedap Lapisan kedap .

Airtanah dan Lengas Tanah ‡ Sesudah hujan ± air bergerak ke bawah melalui zone aerasi dan mengisi pori-pori yang kecil serta tetap tinggal disitu ditahan oleh gaya-gaya kapiler ataupun oleh gaya-gaya tarik molekuler disekeliling butir-butir tanah lengas tanah ± Bila kapasitas tanah menahan air pada zone aerasi telah dipenuhi. air akan bergerak ke bawah menuju zone saturasi airtanah .

kering mutlak) ‡ Bentuk lengas tanah ± Air gravitasi ± Air kapiler ± Air higroskopis ‡ Water holding capacity .Lengas tanah ‡ Air tersimpan dalam tanah dalam bentuk lengas tanah ± Kandungan lengas tanah ± Status lengas dalam tanah (jenuh. kapasistas lapang. titik layu permanen.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful