Definisi & sinonim:
y Penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur superfisial

golongan dermatofita, menyerang daerah kulit tak berambut pada wajah
y Nama lainnya adalah Tinea Corporis, Tinea Glabrosa,

Kurap

y Insiden laki-laki = perempuan. terutama daerah tropis dan kelembaban udara tinggi. y Menyerang semua umur.Epidemiologi y Tersebar di seluruh dunia. .

Etiologi & Patogenesa : y Trichophyton Rubrum Antrophofilik y Trichophyton Mentagrophytes Zoofilik y Microsporum Canis Zoofilik .

Gejala Klinis: y Subjektif : Gatal terutama ketika berkeringat y Objektif : tampak lesi bulat atau lonjong dengan batas tegas terdiri atas eritema. kadang dengan vesikel atau papul di tepi. skuama. . Daerah tengah terdapat central healing.

Diagnosa: y Melalui anamnesis dan gejala klinis yang khas. bersepta dan dikotomi dan ditemukan Artrokonidia. y Laboratorium: y Pemeriksaan KOH : ditemukan hifa double countour. y Kultur dengan media Sabourauds Dextrose Agar (SDA) + khloramfenkol + sikloheksamid .

Diagnosa Banding: y Dermatitis seboroik y Psoriasis y Dermatitis Numularis y Ptiriasis Rosea .

Gol.bensoikum 6% ) y Salep 2-4 / 3-10 sehari 2 kali (as. salisilikum 3% + as.Penatalaksanaan: y Lesi basah dan lesi dengan infeksi sekunder y Kompres sol sodium chlorida 0. Azol. Terbinafin .9% 3-5 hari y Antibiotik oral 5-7 hari y Obat topikal y Salep Whitfield sehari 2 kali (AAV I : as. salisilikum 2-3% + sulfur presipitatum 4-10% ) y Miconazole sehari 2 kali y Obat oral Indikasi : sering kambuh atau tidak sembuh dengan obat topikal Contoh: Griseofulvin.

Prognosa : y Prognosis baik jika pengobatan dilakukan dengan adekuat dan kebersihan diri dan daerah yang terkena dijaga. .

Kasus y Identitas Pasien Nama Umur Jenis Kelamin Alamat Pekerjaan Agama Suku Bangsa BB Tanggal Pemeriksaan : An. : Pelajar SD : Islam : Jawa : 21 kg : 22 September 2011 . D : 8 tahun : Laki-laki : Jalan Rungkut Lor. Surabaya.

16-9-2011). .Anamnesa y Keluhan Utama Keluhan Tambahan : Bercak kemerahan : Gatal y Riwayat Penyakit Sekarang : Penderita datang ke poli kulit dan kelamin RSU Haji Surabaya dengan keluhan bercak kemerahan pada kelopak mata kanan penderita sejak ± 6 hari yang lalu (Jumat. tidak tentu kapan timbulnya. penderita menggaruk bercak merah tersebut. Bercak awalnya kecil makin lama makin melebar. Gatal dirasakan sewaktu-waktu. Bercak kemerahan juga disertai gatal. Terkadang.

penderita mengaku lupa nama obatnya. Penderita diberi obat minum 1 macam dan salep 1 macam. Karena merasa tidak membaik. . Penderita rutin meminum dan memakai obat tersebut. Besok malamnya (Sabtu.Anamnesa y Penderita mengaku tidak pernah menempelkan bahan-bahan tertentu atau kosmetik ke kelopak mata kanannya. 179-2011) penderita diantar ibunya berobat ke dokter umum di jalan Rungkut. ibu penderita mengantar penderita ke poli kulit dan kelamin RSU Haji Surabaya. namun bercak tidak menghilang dan keluhan gatal tidak berkurang.

Anamnesa y Riwayat Penyakit Dahulu : o Penderita mengaku tidak pernah sakit seperti ini sebelumnya o Riwayat alergi disangkal o Riwayat asma disangkal y Riwayat Penyakit Keluarga o Tidak ada anggota keluarga yang menderita sakit seperti ini o Riwayat alergi pada keluarga disangkal .

o Penderita memiliki aktivitas yang tinggi dan mudah berkeringat.Anamnesa y Riwayat Psiko Sosial o Penderita adalah pelajar SD di sebuah sekolah negeri Surabaya. o Penderita mandi 2x sehari .

Pemeriksaan Fisik y Status Generalis : Keadaan umum : baik Kesadaran : compos mentis/GCS 456 Kepala : lihat status dermatologis Leher : dalam batas normal Thoraks : dalam batas normal Abdomen : dalam batas normal Ekstremitas : dalam batas normal .

Pemeriksaan Fisik y Status Dermatologi Pada palpebra dextra didapatkan plakat eritematus berbatas tegas berbentuk lonjong ± 3x2cm. . tertutup skuama. dan tepi aktif.

.Pemeriksaan Penunjang y Wood Lamp : Negatif (-) y Pemeriksaan KOH 10% : (+) Ditemukan Hifa bersepta dikotomi.

Gatal dirasakan sewaktu-waktu. namun bercak tidak menghilang dan keluhan gatal tidak berkurang. Bercak kemerahan juga disertai gatal. penderita menggaruk bercak merah tersebut. Terkadang. tidak tentu kapan timbulnya. . rutin meminum dan memakai obat tersebut. Bercak awalnya kecil makin lama makin melebar.Resume y Penderita datang dengan keluhan bercak kemerahan pada kelopak mata kanan sejak ± 6 hari yang lalu. Besoknya penderita berobat dan diberi obat minum 1 macam dan salep 1 macam.

o Penderita memiliki aktivitas yang tinggi dan mudah berkeringat.Resume y Riwayat Psiko Sosial o Penderita adalah pelajar SD di sebuah sekolah negeri Surabaya. o Penderita mandi 2x sehari y Status Generalis : dbN .

y Pemeriksaan Penunjang Pemeriksaan KOH 10% : (+) Ditemukan Hifa bersepta dikotomi. dan tepi aktif.Resume y Status Dermatologi Pada palpebra dextra didapatkan plakat eritematus berbatas tegas berbentuk lonjong ± 3x2cm. tertutup skuama. .

Assesment y Tinea Fasialis y DD: - .

y Medikamentosa: y Topikal Miconazole cream sehari 2x selama 3 minggu selama 3 minggu .Planning y Planning diagnosa : y kultur media Sabaroud Dextrose Agar + khlorampenikol + Cyklohexamide y Planning terapi : y Non medikamentosa: y Menyarankan penderita untuk menjaga daerah kelopak matanya agar tetap bersih dan kering y Menyarankan penderita untuk tidak menggaruk daerah kelopak matanya.

.Prognosis y Prognosis baik jika pengobatan dilakukan dengan adekuat dan kebersihan diri dan daerah yang terkena dijaga.