PERADABAN SUMERIA

Radita Vidya N. Vinita Azalia

Kota yang dihuni tertua adalah Ur dan kemudiar Sumer. di mana tercatat legenda atau mitologi Mesopotamia. Disebutkan pada zaman dahulu kala bumi pernah mengalami sebuah banjir badang (besar) yang menggemparkan. setelah dikeringkan daerah tersebut dijadikan pemukiman yang dihuni oleh kelompok masyarakat teratur. . Mula-mula daerah tersebut berupa Rawa-rawa.Pendahuluan Orang Sumeria adalah bangsa kuno di kawasan Timur Tengah pada 3500 tahun Masehi. dari daerah gurun pasir Irak masa kini tergali pelat lumpur sfenogram (tulisan paku) yang cukup besar.

.

Kerajaan Persia . Kerajaan Babylonia Baru/Chaldea 6.Kerajaan-kerajaan yang pernah mengusai daerah Mesopotamia 1. Kerajaan Sumeria (3500 SM) 2. Kerajaan Akkad (2300 SM) 3. Kerajaan Assyria (Assur) 5. Kerajaan Babylonia lama (1850 SM) 4.

bangsa Sumeria sekitar tahun 3. Disni lah awal mula sumeria menciptakan Kereta yang diberi Roda.000 tahun SM membangun 12 kota-kota besar. Dengan hasil pertanian yang melimpah. di antaranya kota Ur. untuk mengangkut hasil panen mereka. Lagash dan Nippur. Mereka membangun rumahnya dengan lumpur Mereka menangkut hasil panen dengan kereta yang diberi roda. untuk mengaliri tamah pertaniannya dibuatlah saluran air dari kedua sungai itu (sungai Eufrat dan Tigris).Cara Hidup Bangsa Sumeria mengembangkan kehidupannya dengan mengusahakan pertanian. . Uruk. mereka juga sudah melakukan perdagangan dengan masyarakat Sungai indus.

Dengan memperhatikan ziggurat.Bangunan Pada umumnya ditemukan kuil untuk pemujaan yang disebut ziggurat. . Ziggurat berasal dari kata zagaru yang artinya bangunan tinggi seperti gunung karena merupakan menara bertingkat yang makin lama makin kecil Bahan bangunan di Mesopotamia pada umumnya terbuat dari tanah liat yang dijemur.

keamanan atau ketentraman. Ia adalah raja yang membangun kota Lagash sekitar tahun 2500SM. Disini raja bertanggungjawab terhadap kehidupan Masyarakat baik lahir maupun batin. Para penguasa memiliki kekuasaan yang sangat besar.Sistem Pemerintahan Bangsa sumeria mengembangkan pemerintahan yang berpusat di kota Ur dekat muara sunga Eufrat. Disana kepala pemerintahan juga berperan sebagai kepala agama yang disebut Patesi (pendeta Raja). . Raja harus mampu mengatur kehidupan ekonomi. hukum dan pengadilan serta kehidupan keagamaan. Salah satu patesi adalah Ur Nanshe.

Marduk Ereskigal Dewa kematian 1. dewa matahari. 7. 6. . Polytheisme adalah menyembah banyak dewa. 3. 2. Dewa air Anu. dewa bulan samas. Dewa Bumi Ea.Kepercayaan Sistem kepercayaan Sumeria bersifat Polytheisme. dewa langit Sin. Dewa utama Sumeria adalah dewa marduk. selain itu ada dewa-dewa yang menguasai alam yaitu: Enlil. 5. 4.

Mereka menggunakan kurang lebih 350 tanda gambar dan setiap gambar merupakan 1 suku kata.Peninggalan Tulisan Bangsa Sumeria di sebut Tulisan Paku(Cunei Form). . Huruf itu dituliskan pada papan tanah liat yang digoresi/ditulisi menggunakan karang yang keras dan berujung tajam.

digunakan untuk mencatat hasil panen. harta benda serta urusan dagang. .Huruf paku atau Cunei Form sudah dikenal sejak tahun 3000 sebelum masehi. Huruf paku disebarkan oleh bangsa funisia disekitar laut tengah.

Kesimpulan .

sehingga disebut negara kota. sekitar tahun 2.300 tahun SM bangsa Sumeria dapat ditaklukkan oleh bangsa Akkadia di bawah pimpinan Raja Sargon. Bangsa Sumeria mencapai mansa kejayaannya saat dipimpin oleh Raja Ur-Nammu. . Kemudian terjadilah peperangan di antara kota-kota tersebut dan yang kalah akan menjadi bawahan kota yang menang yang lama kelamaan memunculkan sistem pemerintahan kerajaan. kota-kota tersebut merupakan kotakota yang berdiri sendiri.Sebab Runtuh Pada awalnya. Namun.

com/2011/05/kepercayaa npemerintahan-dan-hasil.php?mod=script&cmd=Bahan%20 Belajar/Modul%20Online/view&id=88&uniq=174 4 Wikipedia http://faruqselaluingintau.Sumber http://edukasi.blogspot.net/index.html .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful