WAKTU GEOLOGI BESERTA CATATAN FOSIL

IKAN TAK BERAHANG (KELAS AGNATHA) ‡ Vertebrata yang ditemukan sebagai fosil adalah ikan tak berahang (Ostracodermi).EVOLUSI VERTEBRATA 1. Beberapa terdapat dalam batubatubatuan Ordovisium Pada zaman Silur terdapat dalam jumlah yang banyak Merupakan ikan pipih (15-30 cm) (15Hidup dengan cara menghisap zat-zat organik zatPertukaran gas terjadi pd insang Tidak mempunyai sirip. berenang dengan gerakan undulasi SatuSatu-satunya ikan tak berahang yang masih hidup adalah Lamprey dan ikan Hag yang merupakan vertebrata primitif Notochord dipertahankan selama hidupnya ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ .

FILOGENI PADA HEWAN .

Morfologi Ostracodermi Ostrachoterm (jawless fish) .

yaitu: mempunyai rahang dan siripnya berpasangan ‡ Catatan fosil menggambarkan adanya radiasi adaptif yang ekstensif pada zaman Devon ‡ Sebagian besar punah dan beberapa diantaranya menghasilkan garis keturunan yang menggambarkan 2 kelas besar. yaitu: Osteichtyes dan Chondrichthyes .2. PLAKODERMI ‡ Plakodermi berbeda dengan moyangnya agnatha dalam 2 hal.

Morfologi Placodermi Placoderms (bony exoskeleton) .

OSTEICHTHYES ‡ Ikan bertulang sejati untuk mengatasi kekeringan mengembangkan sepanjang kantung (Hasil pertumbuhan Faring) dan berfungsi sebagai paruparu primitif ‡ Pada Zaman Devon ikan tersebut terpecah menjadi 3 kelompok. Paleoniskoida ‡ 2.A. Krosopterigia . yaitu: ‡ 1. Ikan Paru-paru ‡ 3. CHONDRICHTHYES ‡ Ikan yang pertama adalah Hiu ‡ Ikan hiu berahang B.

1. dan bandeng . Paleoniskoida ‡ Mempunyai sirip berjari (tidak ada otot dan tulang) ‡ Ventilasi paru-paru dilakukan oleh mulut ‡ Pada akhir era Paleozoikum dan Mesozoicum bermigrasi ke laut ‡ Dalam lingkungan air yang stabil tidak diperlukan paru-paru dan alat tersebut diubah menjadi gelembung renang yang digunakan ikan untuk mengubah daya apung dalam air ‡ Contoh ikan keturunan ini adalah tongkol. salem.

dan Amerika Selatan ‡ Paru-paru tersebut memungkinkan untuk bertahan hidup dalam masa kering berkala . Ikan Paru-Paru Paru‡ Ikan Paru-Paru mengembangkan suatu pembaharuan berarti yang tidak dimiliki moyangnya ‡ Lubang hidung bermuara ke luar dan digunakan untuk membau ‡ Mengembangkan lubang internal ke rongga mulut ‡ Memungkinkan bernapas di udara dengan mulut tertutup ‡ Terdapat di Afrika. Australia.2.

a Middle Devonian lungfish .Dipterus.

2 adaptasi lain yang telah berevolusi. Perkembangan sistem enzim yang diperlukan untuk mengubah amonia menjadi urea . Perkembangan 2 atrium dan sekat parsial dalam ventrikel jantung.2. yaitu: ‡ a. Ikan Paru-Paru (lanjutan) Paru‡ Melihat ikan paru-paru masa kini. sehingga memungkinkan pemisahan parsial darah yang mengandung O2 yang kembali dari paru-paru dengan darah yang kurang O2 dari bagian badan lain ‡ b.

Krosoptergia ‡ Krosoptergia mempunyai lubang hidung dalam yang dipergunakan untuk mengembangkan paruparu ‡ Sirip belakang dan sirip dada bergelambir (berdaging dan bertulang) ‡ Sisa fosil mengungkapkan bahwa ikan paru-paru purba selam periode kering akan membenamkan diri dalam lumpur dan menjadi dorman.3. sementara Krosoptergia dengan sirip yang bergelambir memungkinkan untuk bergerak dari 1 kubangan ke kubangan lain .

misalnya Selakantina (punah pada akhir era Mesozoikum ± 70 juta tahun yang lalu) ‡ Periode Devon dikatakan sebagai ³zaman Ikan´ ‡ Akhir Periode Devon muncul kelompok Amphibia (Vertebrata berkaki 4) . yaitu daratan ‡ Satu kelompok keturunan Krosoptergia yang beradaptasi di daratan adalah Amphibia. Krosoptergia (lanjutan) ‡ Kombinasi sirip gelambir dan paru-paru memberi sarana untuk memasuki habitat baru yang berlumpur.3. tetapi kemudian banyak yang kembali ke laut.

Ichthyostega. late Devonian. an early tetrapod .

5 m ‡ Amphibia berjaya selama zaman Karbon. seperti cacing. yaitu: Ordo Anura (Katak bangkong). Ordo Apoda (Sesilia. sehingga disebut sebagai Zaman Amphibia ‡ Zaman tersebut diikuti oleh suatu periode yaitu bumi menjadi lebih dingin dan kering. ‡ Penurunan kejayaan amhibia terjadi terus hingga sekarang tertinggal 3 Ordo. Ordo Urodela (Salamander dan kadal air). tanpa kaki) .2. AMPHIBIA ‡ Amphibia merupakan perintis vertebrata daratan ‡ Paru-paru dan tulang anggota tubuh diwarisi dari Krosopterigia ‡ Amphibia yang paling awal adalah Diplovertebron ‡ Beberapa fosil berukuran ± 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful