Hukum Pidana Dlm Kodifikasi

KEJAHATAN TERHADAP KEMERDEKAAN SESEORANG

OLEH ALI DAHWIR, SH., MH DOSEN TETAP FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PALEMBANG

324 s/d 337  Bentuk kejahatan terhadap kemerdekaan dibagi dalam 2 bagian pokokyaitu : 1.Kejahatan 2. 2.Kejahatan terhadap kemerdekaan pribadi.Kejahatan terhadap kemerdekaan bertindak  .Kejahatan pribadi.  Hal ini diatur dlm bab XVIII Ps. 1.PENGANTAR Jenis kejahatan yang akan diterangkan ini adalah kejahatan terhadap kemerdekaan.

Lanjutan  Kemerdekan dpt diartikan sbg: keleluasaan dri setiap orang utk menuju atau pergi kesetiap tempat yg dikehendaki. .

Hukum pidana melindungi kemerdekaan seseorang sebagai pengakuan atas Hak Asasi. .Kejahatan terhadap kemerdekaan seseorang  Kemerdekaan dari seseorang adalah salah satu jenis hak2 asasi yang harus dilindungi. jadi sangat terlihat jelas hukum pidana merupakan jenis hukum yang melindungi hak asasi manusia.

Jadi. dan Kejahatan thdp kemerdekaan seseorang utk bertindak . Menghalangi seseorang untuk pergi kesuatu tempat. 2.Yang dimaksud dengan kemerdekaan seseorang adalah :  1. Cth. Keleluasaan dari setiap orang untuk menuju atau pergi kesetiap tempat yang dikehendaki. bila dilakukan suatu perbuatan yang merampas kemerdekaan itu maka itulah yang dimaksudkan dalam kejahatan ini. Kemudian jenis kejahatan ini dapat diperinci dalam dua golongan yaitu : Kejahatan thdp kemerdekaan pribadi.

(Ps 329) 5. 3. Menculik/membawa lari orang (Ps 328). Melarikan perempuan blm Dewasa (Ps332). 2. Kejahatan terhadap kemerdekaan pribadi Golongan ini dapat diperinci lagi yaitu: Perampasan kemerdekaan (ps 333).  1.Ad I. Bersangkutan dg perdagangan budak (Ps324). Mecabut/melepaskan anak yg belum dewasa dari kekuasaan orang yang berhak menurut UU (Ps 330) 6. . Menculik/membawa 4. Membawa orang kedaerah lain dari yg ditentukan.

akan tetapi ditunjukkan untuk seseorang tidak dapat bertindak. .Ad II. Kejahatan terhadap kemerdekaan bertindak Adapun jenis kejahatan ini ditunjukkan terhadap kemerdekaan atau kebebasan seseorang untuk bertindak. yang berarti ini bukan termasuk dalam perampasan kemerdekaan pribadi.

Jenis2 Kejahatan terhadap kemerdekaan bertindak 1.   Kejahatan paksaan (Ps 335 KUHP) alat paksaan dalam pasal ini adalah : Kekerasan setiap penggunaan kekuatan fisik yg berarti dan yg tdk ringan. Perbuatan lain perbuatan lain adalah pada umumnya semua perbuatan yg tdk masuk dlm pengertian kekerasan tapi juga tdk terdiri atas ucapan kata2 .

hingga perbuatan yang tdk menyenangkan itu bersifat subyektif . Perbuatan yang tidak menyenangkan. setiap perlakuan yg menyinggung perasaan orang . yaitu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful