REKAYASA PENYEHATAN LINGKUNGAN

PENDAHULUAN

Tujuan :
• Menyebutkan latar belakang mempelajari lingkungan hidup • Menyebutkan pengertian lingkungan hidup • Menyebutkan 5 contoh permasalahan lingkungan hidup di sekitar kampus • Menganalisis penyebab permasalahan lingkungan hidup

1 LATAR BELAKANG MASALAH LINGK  Masalah lingkungan masalah ekologi  Masalah timbul karena aktifitas manusia yang menyebabkan lingk tidak atau kurang sesuai utk mendukung kehidupan manusia. .1.

terjadi ledakan minamata diantara penduduk nelayan dan keluarganya di Nigata . Thn 1962. dan seng. rachal Carson The silent spring Thn 1964-1965. Air raksa/merkuri . kadmium.Manusia mulai memperhatikan lingk tahun 1950 karena terjadi pencemaran limbah industri dan pertambangan serta pestisida misal Jepang penc.

Sao Paulo dan China terjadi pencemaran udara Los Angeles terjadi asap tebal Amerika terjadi pengguguran daun shg gurun pasir bertambah luas Limbah B3 makin meluas sehingg lingk semakin tercemar Konfrensi PBB ttg LH di Stockholm. 5 Juni 1972 .

Gambaran sinar x dari tulang pinggul dan iga yang mengalami osteoporosis Gambar 1.Korban penyakit itai-itai Gambar 2. Seorang wanita penderita itaiitai disease . Ginjal yang mengalami nekrotik. nephrosis dan gagal ginjal penderita itaiitai disease Gambar 4.

daya keadaan dan MH termasuk didalamnya manusia dan perilakunya yg mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk lainnya (UU RI no 23 th 1997) .2 Pengertian LH LH adalah kesatuan ruang dg semua benda.1.

Biotik • Manusia merupakan komp. ekonomi.• Manusia sebagai subyek. manusia dan perilakunya • Manusia sebagai objek yang akan terpengaruh • Benda dan daya merupakan komp fisik dr LH atau abiotik spt batuan. budaya dan kesmas (komp. air udara dll. tanah. Cultre) . Sosial. • Mahluk hidup satwa dan tumbuhan merupakan komp.

Lingk alam non hayati .Lingk.Lingk. sosial . nasional maupun lokal).Lingk buatan . • LH merupakan sistem: .• Pembangunan atau kegiatan ekonomi perubahan lingk. atau dampak dari kegiatan pembangunan(global. Alam hayati .

1. Meskipun penyebabnya suatu negara ttn namun pengaruhnya dapat menjalar ke negara tetangga.3 Permasalahan LH 1.3. .1 Masalah Lingk Global Timbul akibat perubahan kondisi lingk yang sifatnya global.

Misalnya : Kerusakan dan menipisnya sumber lingk global Kerusakan atmosfir yang berakibat pada perubahan iklim Kerusakan lapisan ozon Kerusakan dan menipisnya sumber daya hutan Menipisnya keaneka ragaman hayati Pencemaran dan menipisnya sumber daya kelautan .

1.3. Sebab-sebab yang menimbulkan permasalahn LH di Indonesia : Dinamika penduduk Pemanfaatan dan pengelolaan SDA yang kurang bijaksana .2 Masalah LH nasional • Permasalahan LH di Indonesia tdk terlepas dari permasalah LH global.

Pemanfaatan ilmu dan teknologi maju yang tdk terkendali Dampak negatif dari kemajuan ekonomi yang seharusnya positif Benturan tata ruang .

Permasalahan Lingk.Masalah LH di Indonesia : 1. Alam Simber daya lahan Sumber daya air Sumber daya hutan Keanekaragaman hayati Pesisir dan lautan udara .

buatan : Urbanisasi. tekanan penduduk dan kegiatan ekonomi meningkat shg kualitas lingk kota menurun Kurangnya ruang hijau/terbuka sampah . Permasalahan Lingk.2.

3. Permasalah Lingk Sosial Perubahan pranata Perubahan nilai Keanekaragaman kelompok Kontrol sosial .

4 pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan Pembangunan adalah proses pengelolaan SDA dan SDM dengan memanfaatkan teknologi. yang meliputi peningkatan produksi dan pendapatan. perubahan kebiasaan bertidak. perubahan organisasi dan kelembagaan. peningkatan kesejahteraan.1. Istilah pembangunan : perubahan yang meningkat dibidang sosial dan dibidang ekonomi. .

kesejahteraan dan kondisi sosial dan budaya akan mengalami perbaikan dari generasi ke generasi.Berkelanjutan :berlangsung terus menerus artinya kondisi produksi. Pembangunan berkelanjutan : suatu strategi pembangunan untuk memanfaatkan kekayaan dan SDA. 1997) . pendapatan. SDM serta sumber daya modal dalam upaya memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan kemampuan generasi yang akan datang untuk memenuhi kebutuhan mereka (Soemarwoto.

• Pembangunan berkelanjutan pembangunan berwawasan lingkungan (suistanable develoment). Arah kebijaksaan pembangunan harus memperhatikan : menjamin pemerataan dan keadilan sosial Menghargai keanekaragaman Menggunakan pendekatan integratif Meminta persfektif jangka panjang .

Tujuannya : Keberlanjutan ekologis Keberlanjutan ekonomi Keberlanjutan sosial dan budaya Keberlanjutan politik Keberlanjutan pertahanan dan keamanan .

TIGA PILAR PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN Johannesburg 2002 (bahkan sejak KTT Bumi Rio 1992) World Summit on Sustainable Development 26 August – 4 September – Economic Sustainability – Social Sustainability – Environmental Protection > Meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan dalam pemakaian sumberdaya alam dan proses produksi > Mengurangi degradasi sumberdaya alam. mengurangi polusi/limbah .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful