PANCASILA SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL

KELOMPOK 1 HENDRI ARDIYANTO MULYA ILHAM RIZQI RIAN DEVRIAN .

Identitas Nasional adalah ciri-ciri atau sifat-sifat khas bangsa Indonesia yang membedakannya dengan bangsa-bangsa lain di dunia . cita-cita. tujuan sertaideologi bersama. sifat-sifat khas yang melekat pada suatu halsehinggamenunjukkan suatu keunikkannya serta membedakannya dengan hal-hal lain Nasional berasal dari kata nasion yang memiliki arti bangsa.IDENTITAS NASIONAL Identitas berarti ciri-ciri. menunjukkan kesatuan komunitas sosiokultural tertentu yang memilikisemangat.

Bahasa Nasional atau Bahasa Persatuan yaitu Bahasa Indonesia 2. Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat 9. Kebudayaan daerah yang telah diterima sebagai Kebudayaan Nasiona . Konstitusi (Hukum Dasar) negara yaitu UUD 1945 8. Lambang Negara yaitu Pancasila 5. Bendera negara yaitu Sang Merah Putih 3. Lagu Kebangsaan yaitu Indonesia Raya 4. Konsepsi Wawasan Nusantara 10.IDENTITAS NASIONAL BANGSA INDONESIA 1. Semboyan Negara yaitu Bhinneka Tunggal Ika 6. Dasar Falsafah negara yaitu Pancasila 7.

Budha dan Kong Hu Cu. Agama: bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang agamis. istilah agama resmi negara dihapuskan.pendukungnya untuk menafsirkan dan memahami lingkungan yang dihadapi dan digunakan sebagi rujukan dan pedoman untuk bertindak (dalam bentuk kelakuan dan benda-benda kebudayaan) sesuai dengan lingkungan yang dihadapi. 4. Di Indonesia terdapat banyak sekali suku bangsa atau kelompok etnis dengan tidak kurang 300 dialeg bangsa. Bahsa dipahami sebagai system . 2. Hindu. Agamaagama yan tumbuh dan berkembang di nusantara adalah agama Islam.Unsur-unsur Identitas NasionaL UNSUR PEMBENTUK IDENTITAS NASIONAL 1. 3. Suku bangsa: adalah golongan sosial yang khusus yang bersifat askriptif (ada sejak lahir). Agama Kong H Cu pada masa orde baru tidak diakui sebagai agama resmi negara. yang sama coraknya dengan golongan umur dan jenis kelamin. Kebudayaan: adalah pengetahuan manusia sebagai makhluk social yang isinya adalah perangkat. Kristen. Namun sejak pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid. Katolik.perangkat atau model-model pengetahuan yang secara kolektif digunakan oleh pendukung. Bahasa: merupakan unsur pendukung Identitas Nasonal yang lain.

serta kepercayaan . Dasar Negara. Lambang Negara. yaitu pancasila merupakan falsafah bangsa.budaya. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya . dan agama.UNSUR-UNSUR IDENTITAS NASIONAL TERSEBUT DAPAT DIRUMUSKAN PEMBAGIANNYA MENJADI 3 BAGIAN SEBAGAI BERIKUT  · Identitas Fundamental. yang meliputi Negara kepulauan (Archipelago) dan pluralisme dalam suku. Bendera Negara. bahasa. Bahasa Indonesia.  · Identitas Alamiah. dan Ideologi Negara  · Identitas Instrumental yang berisi UUD 1945 dan tata perundangannya.

Wilayah dan Kondisi Geografis Dalam kemerdekaannya bangsa Indonesia menyatakan bahwa wilayah negarakesatuan ini meliputi segenap wilayah bekas jajahan Pemerintah KolonialBelanda . dasar yang melandasi negara adalah merupakanidentitas nasional 2.Sumber Identitas Nasional Bangsa Indonesia 1. Oleh sebab itu. Dasar-dasar negara Dasar negara yang merupakankey yang menyatukan bangsa Indonesia yangberagamragam merupakan kesepakatan bersama yang menyatukan bangsaIndonesia.

 Politik Indonesia  Indonesia adalah negara demokrasi Pancasila. Segala sesuatu di Indonesia diaturdan dimusyawarahkan secara mufakat. hikmat dan kebijaksanaan. Perpolitikandi Indonesia berlandaskan nilai-nilai Pancasila.  Ideologi dan Agama  Seperti yang di atur dalam UUD 1945. Masing-masing warga negara Indonesia berhak untuk memeluk agama dankepercayaannya masing-masing dan menjalankan peribadatan sesuai denganagama dan kepercayaan masing-masing warga negara Indonesia. bahwa negara Indonesia menjaminkebebasan beragama di dalam kehidupan warga negara Indonesia. Hak dalamhidup beragama di Indonesia dilindungi oleh negara .

Kekayaan alam dan segala hal yang menyangkut hajathidup orang banyak diatur oleh negara untuk sebesar-besarnya digunakan demimensejahterakan seluruh penduduk Indonesia. Banyak penduduk Indonesia yang menyatakan dirinya sebagaibagian dari kelompok suku yang lebih spesifik. yang dibagi menurut bahasa danasal daerah. Ekonomi  Perekonomian bangsa Indonesia seperti diatur dalam UUD     1945 adalah ekonomiyang bersifat kerakyatan. misalnya . pertahanan diIndonesia adalah pertahanan rakyat semesta atau dikenal Hankamrata. Pertahanan Keamanan Ciri khas dari bangsa Indonesia dalam bidang ini adalah bahwa.Pertahanan di Indonesia bersifat menyeluruh bagi masyarakat Indonesia Demografi Indonesia.

. namunpengelolahannya mayoritas dikuasai oleh asing. Tidak hanya di bidang pertambangan.Kondisi Identitas Bangsa Indonesia Saat Ini  Dalam perekonomian.Pengelolaan ini memberikan keuntungan yang sangat kecil sekali bagi bangsaIndonesia. Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. bahkan lahan perkebunan puntelah mulai sedikit demi sedikit dikuasai oleh negara lain. Beberapa bidang yangmenyangkut hajat hidup orang banyak seperti air minum tidak lagi sepenuhnyadikuasai oleh negara. kekayaan alam saat ini banyak yang dikelola oleh asing.

seni musik. pola kehidupan generasi muda bangsa Indonesia saat ini telah lunturdan bersifat kebaratbaratan. tarian. serta bahkan makanan khas bangsaIndonesia banyak yang dicaplok begitu saja oleh bangsa lain. . telah dipatenkan oleh Malaysia sebagai produkbudayanya. bertata krama Indonesia.Kehidupan dan kebudayaan yangberbau kebarat-baratan dianggap lebih tinggi statusnya dan lebih modern. Dalam kebudayaan. lagu dan tarian telah dicaplok oleh bangsalain. Kebudayaan batik. lagu. Selain itu. beberapa budaya. Tidak ada rasa kebanggaan lagi dalam penggunaanbahasa Indonesia.

Masih hangat ditelinga bangsa Indonesia. Sedangkan ketegasan untukmempertahankannya sangat kurang sekali baik itu dari tingkatan pemerintahmaupun masyarakat Indonesia sendiri. Namun. penjagaan kesatuanwilayah ini serta rasa memilikinya terasa sangat begitu kurang.17.508 pulau. Dalam bidang Geografi  Indonesia memiliki banyak pulau. beberapa pulau di Indonesia telah dicaplok dan diakuisebagai wilayah dari bangsa lainnya. .

Oleh sebab itu. Kurang kesadaran akan Identitas Nasional yang akibatnyatidak ada sikap dan rasa bangga menjadi bangsa Indonesia. .kita bangkit dan mempertahankannya.Kesimpulan  Bangsa Indonesia saat ini dalam keadaan rapuh akan sikap dan rasa memiliki jatidiri dan identitas bangsa. Hal yang penting adalahrasa memiliki identitas tersebut sehingga apabila identitas kita dicaplok begitu saja. Identitas Nasional ini perludihidupkan kembali.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful