By: Abdul Hafiz, S.H.I.

,MA

Umar bin Abdul al-Aziz salah seorang khalifah dari dinasti bani Umayyah yang mulai memerintahkan untuk menghimpun dan menulis hadis Nabi secara resmi .

karena al-Qur’an sudah di bukukan dan disebarluaskan Munculnya kekhawatiran akan hilang dan lenyapnya hadis karena banyaknya para sahabat yang meninggal karena usia lanjut dan seringnya terjadi perperangan .Faktor-faktor yang mendorong pengumpulan dan pengkodifikasian hadis 1. Tidak ada lagi penghalang untuk menuliskan dan membukukan hadis yaitu kehkawatiran bercampurnya hadis dengan al-Qur’an. 2.

3. . 4. Semakin maraknya kegiatan pemalsuan hadis yang dilatarbelakangi oleh perpercahan politik dan perbedaan mazhab Karena sudah semakin luasnya daerah kekuasaan islam disertai dengan semakin banyak dan kompleksnya permasalahan yang dihadapi oleh umat islam.

Mukhtaliful hadis. yaitu kumpulan hadis yang terdapat dalam kitab al-Umm 3.Kitab-Kitab Hadis pada Abad ke 2 Hijriah Kitab al-Muwaththa’ yang disusun oleh imam Malik atas perintah khalifah Abu Ja’far 2. . karya imam Syafi’I yang berisi pembahasan tentang cara-cara menerima hadis sebagai hujjah dan cara mengkompromikan hadis yang kelihatan kontradiktif 1. Musnad al-Syafi’I.

3. oleh ibnu ishaq. Sinya antara lain tentang perjalanan hidup nabi SAW dan perperanganperperangan yang terjadi pada zaman Nabi . Al Sirat al Nabawiyyah.

2. hasan. Pada umumnya kitab-kitab hadis menghimpun hadis-hadis rasul serta fatwafatwa sahabat dan tabi’in Hadis yang dikumpulkan masih bercampur baur antara berbagai topik yang ada Didalam kitab-kitab hadis pada periode ini belum dijumpai pemisahan antara hadishadis yang berkualitas shahih.Ciri-ciri dan sistem pembukuan hadis pada abad ke 2 hijriah 1. 3. dan dhaif .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful