METODE - METODE PENYELIDIKAN DALAM PSIKOLOGI

Metode cross-sectional Horisontal ‡ Atau ‡ 1. jadi mencari situasi yang ada dalam keadaan wajar) ‡ 2. Jenis-jenis Metode . Metode longitudinal Vertikal ‡ 2. Eksperimental (menyelidiki dengan sengaja menimbulkan keadaan yang ingin diselidiki). Non eksperimental (menyelidiki mencari atau menunggu sampai dijumpai keadaan atau situasi yang ingin diselidiki.‡ 1.

‡ Kelemahan bersifat subjektif. Dengan luasnya atau banyaknya subjek penyelidikan hasilnya akan lebih bersifat objektif. yaitu orang-orang yang dieksperimentasi itu. Metode ekstropeksi ‡ Arti kata ekstropeksi ialah melihat keluar. ‡ 3. Metode Introspeksi eksperimental jumlah subjek banyak. Metode Introspeksi. Metode penyelidikan dengan melihat peristiwa-peristiwa kejiwaan ke dalam dirinya sendiri. ‡ 2. .Macam-macam metode yang digunakan dalam lapangan psikologi ‡ 1.

‡ 4. Pertanyaan yang tertutup ‡ b. Pertanyaan yang terbuka ‡ c. angket dapat dibedakan menjadi dua jenis: ‡ a. . ‡ Jika dilihat dari cara orang memberikan informasi. Metode kuesioner: Metode penyelidikan dengan menggunakan daftar pertanyaan yang harus dijawab atau dikerjakan oleh orang yang menjadi subjek penelitian tersebut. Pertanyaan yang tebuka dan tertutup. angket langsung ‡ b. angket tidak langsung. ‡ Jenis-jenis angket: ‡ a.

Apabila ada hal-hal yang kurang jelas. kurang terangnya pertanyaan-pertanyaan.‡ Kelebihan metode angket: ‡ a. ‡ c. Pertanyaan-pertanyaan tidak dapat diubah disesuaikan dengan situasinya. praktis ‡ b. Dalam waktu yang singkat dapat dikumpulkan data ya ng relative banyak. menyebabkan kurang . Orang dapat menjawab dengan leluasa. Biasanya angket yang sudah dikeluarkan tidak semua dapat kembali. keterangan lebih lanjut sulit dapat diperoleh. ‡ b. ‡ d. ‡ c. Kesalahan dalam pelaksanaan. ‡ Kelemahan: ‡ a.

5. Ada hubungan yang langsung. karena itu diharapkan dapat menimbulkan suasana hubungan yang baik.Hal-hal yang kurang jelas dapat diperjelas b. Metode Interviu ‡ Keuntungan: a. dan ini akan memberikan bantuan dalam mendapatkan bahan-bahan.Penginterviu dapat menyesuaikan dengan keadaan c. .

Apabila telah ada prasangka maka akan mempengaruhi interviu 6. Tujuannya adalah untuk mengetahui sebab-sebab timbulnya gangguan prilaku dan kecenderungan-kecenderungan umum lainnya dalam diri individu.‡ Kelemahan-kelemahan Kelemahan-Kelemahan a. Metode Testing 10. dan studi kasus. Kurang hemat b. Metode Klinis Metode ini mencakup wawancara mendalam.Metode Statistik . Dibutuhkan keahlian c. penggunaan alat-alat tes diagnosis psikologis. Metode Biografi 7. 9. Metode Analisis Karya 8.

Terima kasih.id 081575032222/081572535222 .co. baidi_bukhori1@yahoo.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful