Okto Ivansyah 22311008 Teknik Geofisika, ITB

5.1 The Lorentz Force Law 5.2 The Biot-Savart Law

Pendahuluan
5.1 The Lorentz Law 5.1.1 Magnetic Fields 5.1.2 Magnetic Forces 5.1.3 Currents 5.2 The Biot-Savart Law 5.2.1 Steady Currents 5.2.2 The Magnetic Field of a Steady Current

1 Magnetic Fields .The Lorentz Law  5.1.

The Lorentz Law  Magnetic Fields Kabel saling tolak menolak (Gbr 5. Namun pada gambar 5. . kedua kabel tersebut saling tarik – menarik.2 (a)).2 (b).

.The Lorentz Law  Magnetic Fields Jika Anda memegang kawat dengan tangan kanan – ibu jari di arah arus .jari-jari Anda curl sekitar dalam arah medan magnet (Gbr.3). 5.

2) .1. Dengan adanya medan listrik dan medan magnetic. (5. bergerak dengan kecepatan v dalam medan magnet B. gaya magnetic pada muatan Q.1) Ini dikenal sebagai Hukum Gaya Lorentz. adalah : ………….2 Magnetic Forces Dari gambar 5. (5.The Lorentz Law  5.4. gaya total pada Q akan menjadi : ……….

dan memiliki magnitude tetap QvB. (5.3) di mana m adalah massa partikel dan p = mv momentum . gaya magnet menuju ke dalam. maka : …….The Lorentz Law  Gerak Cyclotron Gerak archetypical dari partikel bermuatan pada medan magnet yang melingkar. pada Gambar. dengan gaya magnet memberikan percepatan sentripetal. jika muatan Q bergerak dengan kecepatan v. 5.5 Medan magnetik menuju ke dalam. disekitar lingkaran jari-jari R.

5. Sebuah partikel yang diam dilepaskan dari asalnya.7. bagaimana lintasa ini akan diikuti? . jika kita masukkan medan listrik. Anggaplah. pada suatu magnetik. sebagaimana ditunjukkan pada Gambar. bahwa B dalam arah-x. misalnya.The Lorentz Law  Gerak Cycloid Sebuah lintasan. dan E dalam arah-z.

membawa muatan untuk berhenti di titik a.The Lorentz Law  Gerak Cycloid Solusi: Pertama secara kualitatif. akhirnya. Seperti mengambil kecepatan. menarik muatan ke arah kanan. sehingga gaya magnet adalah nol. Jadi mulai melambat – gaya magnet kemudian menurun. Pada titik ini muatan bergerak melawan gaya listrik. Semakin cepat ia bergerak. membawa partikel ke titik b. gaya magnet yang berkembang. Begitu keseluruhan proses dimulai lagi. kekuatan Fmag akan muncul. Awalnya partikel dalam keadaan diam. dan percepatan muatan medan listrik dalam arah-z. dan seterusnya. . dan gaya listrik mengambil alih. kurva partikel ini kembali memutar arah sumbu-y.

Karena tidak ada gaya dalam arah-x. posisi partikel pada setiap waktu t dapat dijelaskan oleh vector (0. y(t). z(t)). Oleh karena itu kecepatan: di mana dots menunjukkan turunan waktu.The Lorentz Law  Gerak Cycloid Kedua secara kuantitatif. Jadi .

The Lorentz Law .

5) . (5. ………………….4) Ini adalah frekuensi siklotron. di mana partikel akan berputar pada saat tidak adanya medan listrik). Maka persamaan gerak mengambil bentuk: ………………….The Lorentz Law  Gerak Cycloid Untuk memudahkan. (5.

6) ………………….7) …………………. (5. (5. (5.8) .The Lorentz Law  ………………….

9) Ini adalah formula untuk lingkaran. jari-jari R. kita menemukan bahwa ………………….10) . yang pusatnya (0. (5. R) perjalanan dalam arah-y pada kecepatan konstan ………………….The Lorentz Law  Gerak Cycloid Dan menghilangkan sinus dan cosinus dengan memanfaatkan identitas trigonometri sin2 ωt + cos2 ωt = 1. (5. Rωt.

.The Lorentz Law  Gerak Cycloid Jadi. bergulir di sumbu y dengan kecepatan v. Kurva yang dihasilkan dengan cara ini disebut sebuah cycloid. partikel bergerak seola – olah dari sebuah tempat di pinggiran roda.

(5. (5.13) Karena segmen panjang v∆t.9) arus merupakan: ………………….14) . melewati titik P pada interval waktu ∆t. Saat ini arus listrik diukur dalam coulomb – per – detik.1. Arus sebenarnya adalah sebuah vektor: ………………….3 Currents Arus dalam kawat adalah muatan per satuan waktu melewati titik tertentu. (5.The Lorentz Law  5. membawa muatan λv∆t.12) Sebuah muatan garis λ merambat di kawat dengan kecepatan v (Gbr 5. atau ampere (A): ………………….

15) Karena I dan dl kedua titik dalam arah yang sama. dan dalam hal ini I di luar integral: …………………. arus adalah konstan (dalam magnitude) sepanjang kawat.17) . ………………….The Lorentz Law  Currents Gaya magnetic pada segmen arus: …………………. (5. (5. (5.16) Biasanya.

berjalan sejajar dengan aliran (Gambar 5.13). didefinisikan sebagai berikut: Pertimbangkan "pita" lebar sangat kecil dl ┴. kami menjelaskan dengan kerapatan arus permukaan. K adalah arus per satuan lebar – tegak lurus – mengalir. (5. K.18) Dengan kata. kerapatan arus permukaan ini adalah: …………………. (5. maka: ………………….19) .The Lorentz Law  Currents Ketika muatan mengalir di atas permukaan. Jika saat ini di pita ini adalah dI. Jika (bergerak) kerapatan muatan permukaan adalah σ dan kecepatan adalah v.

K akan bervariasi dari titik ke titik di atas permukaan. (5.The Lorentz Law  Currents Secara umum.20) . Gaya magnet pada arus permukaan adalah: …………………. yang mencerminkan variasi dalam σ dan/atau v.

J.22) Gaya magnetic pada arus volume adalah: …………………. kita gambarkan dengan kepadatan volume arus. (5.23) . densitas volume arus adalah: …………………. Jika arus di dalam tabung ini adalah dI. (5. maka ………………….21) J adalah satuan luas arus per – tegak lurus – ke – aliran. didefinisikan sebagai berikut: Pertimbangkan bagian "tabung" yang sangat kecil da┴. berjalan sejajar dengan aliran (Gambar 5.14 ). Jika volume muatan densitas adalah ρ dan kecepatannya adalah v.The Lorentz Law  Currents Ketika aliran muatan didistribusikan sepanjang wilayah tiga dimensi. (5.

5. dan arus volume: ………………….24) Korespondensi.15. (5. dan 5. 5.1) . permukaan.20.The Lorentz Law  Note: secara implisit kita telah kembangkan untuk menerjemahkan kedalam bentuk persamaan yang tepat untuk titik. yang analog dengan q ~ λdl ~ σda ~ ρdτ untuk berbagai distribusi muatan.23 dari kekuatan hukum orifinal Lorentz (5. garis. menghasilkan Persamaan.

1 Steady Currents Ketika aliran arus stabil dalam kawat. dan karenanya persamaan kontinuitas menjadi: …………………. muatan akan menumpuk di suatu tempat. (5.2.The Biot-Savart Law  5.25) . ∂ρ/∂t = 0 dalam magnetostatics. jika tidak. Dengan cara yang sama. dan tidak akan menjadi stabil saat ini. besarnya I harus menjadi kecil di sepanjang garis.

(5.26) Integrasi adalah sepanjang bagian arus.2 The Magntic Field of a Steady Current Medan magnet dari arus garis steady diberikan oleh hukum Biot-Savart: ………………….17). dan r adalah vektor dari sumber ke titik r (Gambar 5.27) . Konstanta μ0 disebut permeabilitas ruang hampa. …………………. (5.The Biot-Savart Law  5. dalam arah aliran.2. dl' adalah elemen panjang sepanjang kawat.

(5.28) Sebagai titik awal untuk magnetostatics. . atau teslas (T). hukum Biot-Savart memainkan peran analog dengan hukum Coulomb di elektrostatika. Ketergantungan 1/r2 adalah umum untuk kedua hukum tersebut.The Biot-Savart Law  The Magntic Field of a Steady Current Satuan ini seperti pada B muncul dalam newton per ampere meter (seperti yang dipersyaratkan oleh hukum Gaya Lorentz). ………………….

29) . l’ = s tan θ. (5. sehingga dan s = r cos θ. so Sehingga. …………………. Juga.The Biot-Savart Law  The Magntic Field of a Steady Current Cari medan magnet jarak s dari sebuah kawat lurus panjang yang membawa arus stabil I (Gambar 5.18).

kabel paralel terpisah jarak d.30) Sebagai aplikasi.20).The Biot-Savart Law  The Magntic Field of a Steady Current θ1 =-π/2 dan θ2 = π/2. mari kita cari gaya tarik antara dua panjang. besarnya gaya per satuan panjang adalah …………. Medan pada (2) karena (1) adalah Hukum Gaya Lorentz (dalam bentuk yang tepat untuk arus saluran.31) . (5. sehingga kita peroleh …………………. 5. Persamaan. membawa arus I1 dan I2 (Gambar 5.17) memprediksi gaya diarahkan (1). (5.

The Biot-Savart Law  The Magntic Field of a Steady Current Cari medan magnet jarak z di atas pusat loop lingkaran jari-jari R. (5. Seperti kita mengintegrasikan dl' di sekitar loop. dan komponen vertikal menggabungkan untuk memberikan Sekarang. sehingga …………. dengan membawa arus I stabil (Gambar 5. Komponen horisontal membatalkan. dB menyapu sebuah kerucut. dan ∫ dl' hanya keliling.21) Solusi: medan dB disebabkan segmen poin dl’. 2πR. cosθ dan r2 adalah konstan.32) .

33) .The Biot-Savart Law  The Magntic Field of a Steady Current Untuk arus permukaan dan volume hukum Biot-Savart menjadi …………. (5.

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful