Disusun oleh :  Anis marsela Gita Sintia Riani Ina Manda Puspita Siti Maya .

Pengertian Pedagogik Kerancuan Pemaknaan Istilah Pedagogik Keniscayaan Berkembangnya Pedagogik Keharusan (perlunya) Pedogogik Kegunaan Pedagogik .

membimbing. atau memimpin) .Istilah pedagogik berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani Kuno. yaitu : Paedos yang berarti anak agogos yang berarti mengantar.

Paedagogos yang berarti seorang pelayan atau pembantu Pedagog yang memiliki arti sebagai ahli didik atau pendidik Paedagogia artinya adalah pergaulan dengan anak-anak Pedagogi yang berarti praktek pendidikan anak Pedagogik berarti ilmu pendidikan anak atau ilmu mendidik anak. .

.

Definisi pendidikan : “pendidikan adalah hidup” Karakteristik pendidikan : “tujuan pendidikan sama dengan tujuan hidup” Implikasi terhadap Makna istilah Pedagogik : “pedagogik adalah ilmu pendidikan anak atau ilmu mendidik anak.namun bukan dalam ar ti keseluruhan ilmu pendidikan” .

maka pernyataan “pedagogik adalah ilmu pendidikan anak sama maknanya dengan pedagogik adalah ilmu pendidikan” .Definisi pendidikan : “pendidikan ialah pemberian bimbingan dan bantuan rohani kepada orang yang belum dewasa” Karakteristik pendidikan : “tujuan pendidikan yaitu kedewasaan” Implikasi terhadap Makna istilah Pedagogik : menurut tinjauan pedagogik.

Fenomena pendidikan terdapat didalam pergaulan antar manusia. yaitu di dalam masyarakat dan kebudayaannya Perkembangan masyarakat dan kebudayaannya mengimplikasikan terjadinya perkembangan praktek pendidikan dan sistem teori pendidikan .

“Manusia memiliki motif untuk mempertanggungjawabkan pendidikan bagi anak-anaknya . “bahwa pedagogik sebagai suatu sistem pengetahuan tentang pendidikan anak “  Kedua. Pertama.

Memahami fenomena pendidikan secara sistematis Memberikan petunjuk tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh pendidik Menghindari terjadinya kesalahan kesalahan dalam praktek mendidik anak Kesalahan konseptual Kesalahan teknis Kesalahan yang bersumber pada struktur kepribadian pendidik Mengenal diri sendiri dan melakukan koreksi diri demi “menyempurnakan” diri sendiri. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful