You are on page 1of 17

CodeIgniter

{

Pengenalan kepada Framework CodeIgniter

CodeIgniter adalah framework pembuat aplikasi, sebuah alat bagi siapa yang ingin membangun website mengunakan PHP.

CodeIgniter

Anda butuh dokumentasi yang jelas dan lengkap. Anda ingin framework yang tidak terlalu banyak konfigurasi Anda tidak sedang membuat aplikasi dengan skala yang besar. Walaupun memungkinkan juga memakai framework ini. Anda tidak ingin susah dengan cara pakai yang rumit. Selamat Datang di CodeIgniter

Untuk Siapa CodeIgniter

CodeIgniter bersifat bebas dengan lisensi dibawah Apache/BSD-style. CodeIgniter kompatible dengan PHP4. Namun akan lebih menguntungkan jika memakai PHP5. CodeIgniter sangatlah ringan. Inti sistem hanya terdiri dari beberapa pustaka yang kecil. Pustaka tambahan berdasarkan akan permintaan, tergantung akan kebutuhan.

Sekilas CodeIgniter

CodeIgniter sangat cepat dengan kinerja yang lebih baik. CodeIgniter menghasilkan URL yang bersih dan search-engine friendly. Tidak menggunakan sistem “query string” namun menggunakan “segment-based”. CodeIgniter datang dengan segudang pustaka yang memudahkan dalam pembuatan aplikasi. CodeIgniter dapat diperluas, keuntungan memakai Object Oriented Programming.

Pendekatan Segment Based sangat menguntungkan karena search-engine friendly, dibanding dengan query-string yang oleh searchengine dianggap halaman dinamis dan kurang ter-index dengan baik. Segment Based http://example.com/news/article/20 Query-String http://example.com/news.php?article=20

Pendekatan “Segment Based”

CodeIgniter menggunakan pendekatan ModelView-Controller (MVC), yang mengijinkan pemisahan antara logika dan penyajian. Sederhananya konsep ini mengijinkan halaman web hanya mengandung sedikit pengkodean sejak penyajian terpisah dengan pengkodean PHP.

Model-View-Controller

Model mewakili struktur data. Biasanya class Model akan mengandung fungsi yang akan membantu dalam mengambil, memasukkan, mengubah informasi dalam database. Namun bisa saja jika tidak menggunakan Model, hanya View dan Controller, namun tidak dianjurkan.

Model

View adalah informasi yang ditampilkan kepada client (pengguna). View biasanya adalah sebuah halaman web, namun bisa juga berupa penggalan halaman seperti header, footer. Bisa juga berupa halaman RSS ataupun halaman dalam tipe lainnya.

View

Controller berperan sebagai perantara antara Model, View dan sumber lainnya yang diperlukan dalam permintaan HTTP dan penghasil halaman web. Controller dalam CodeIgniter berperan sebagai logikanya, dimana pengkodean PHP banyak dikerjakan. Bagaimana sebuah permintaan diproses dan apa yang akan disajikan.

Controller

  

   

Berdasarkan MVC sistem Kompatible dengan PHP4 Mendukung interaksi dengan MySQL ($.1+), MySQLi, MS SQL, Postgres, Oracle, SQLite, dan ODBC. Sangat Ringan Mendukung database Active Record Validasi form dan data Keamanan dan Filter XSS (Cross Site Scripting)

Fitur CodeIgniter

  


  


Manajemen Session Pengiriman Email Manipulasi gambar (cropping, resizing, rotating, dll). Upload berkas FTP Pagination (halaman) Enskripsi Data Caching Kalendar

      

Zip Encoding User Agent (penjelajah web) Trackback XML-RPC Search-engine Friendly URL URI Routing yang fleksible Mendukung Hooks, Class Extension, dan Plugin. Pustaka pendukung yang banyak.

Flow Chart Aplikasi

index.php berperan sebagai controller terdepan, menginisiasi kebutuhan dasar untuk menjalankan CodeIgniter. Router memeriksa permintaan HTTP dan menentukan apa yang harus dilakukan. Jika Cache ada, akan dikirim langsung ke browser melewati eksekusi sistem. Sebelum Application Controller dimuat, permintaan HTTP dan data yang dikirim pengguna disaring terlebih dahulu.

Controller memuat model, pustaka inti, plugins, helpers, dan kebutuhan launnya yang diperlukan selama permintaan khusus diproses. Dan akhirnya View di-render lalu dikirim ke web browser untuk dilihat. Jika cache diaktifkan, View akan dicache terlebih dahulu, sehingga permintaan selanjutnya bisa ditampilkan.

Based on CodeIgniter User Guide http://www.codeigniter.com/user_guide/ Bias Tegaralaga tegaralaga@live.com http://www.twitter.com/tegaralaga http://on.fb.me/tegaralaga http://tegaralaga.wordpress.com See yaaaaaaaaaa....