   Komunikasi adalah pengiriman pesan atau tukar-menukar informasi atau ide/gagasan (Oxford Dictionary). . komunikasi nonverbal dan komunikasi abstrak (Champbell dan Glasper. 1987). tanda atau tingkah laku (Haber. Komunikasi bisa berbentuk komunikasi verbal. Komunikasi adalah suatu proses ketika informasi disampaikan pada orang lain melalui simbol. 1995).

Jadi. . Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan atau informasi dari seseorang kepada orang lain baik secara verbal maupun nonverbal.

Saluran/media.bisa seorang individu. Wahana/alat untuk menyampaikan pesan dari komunikator(sumber) kepada komunikan(penerima) baik secara langsung(tatap muka). dll.kelompok. 4. Orang/kelompok/organisasi/suatu negara yang menerima pesan dari sumber. Dampak/efek.maupun suatu negara sebagai komunikator.nilai. 3.seperti perubahan sikap. Dampak/efek yang terjadi pada komunikan(penerima) setelah menerima pesan dari sumber.Ada 5 unsur komunikasi menurut Lasswell (1960): 1.Disebut tujuan(destination)/pendengar(listener)/khalayak(audience)/komunikan/pen afsir/penyandi balik(decoder).organisasi. 2.gagasan/maksud sumber tadi.dari sumber(komunikator)atau isi informasi. Pesan.dan bentuk/organisasi pesan. .Merupakan seperangkat symbol verbal/non verbal yang mewakili perasaan.maupun tidak langsung(melalui media cetak/elektronik dll).symbol untuk menyampaikan makna.bertambahnya pengetahuan. 5. Komunikan. Apa yang akan disampaikan/dikomunikasikan kepada penerima(komunikan). Sumber/komunikator adalah pelaku utama/pihak yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi atau yang memulai suatu komunikasi. Ada 3 komponen pesan yaitu makna.

 Latar Belakang Budaya  Ikatan Kelompok atau Grup  Harapan  Pendidikan  Situasi .

     Yakinkan apa yang akan dikomunikasikan dan bagaimana mengkomunikasikannya. . Ciptakan iklim komunikasi yang baik dan tepat. Gunakan media komunikasi yang tepat dan adekuat. Dengarkan dengan penuh perhatian terhadap apa yang sedang disampaikan komunikan. Gunakan bahasa yang jelas dan dapat dimengerti komunikan.

Hindari komunikasi yang tidak disengaja.  Ingat bahwa komunikasi adalah proses dua arah.  .  Yakinkan bahwa tindakan yang dilakukan tidak kontradiksi dengan apa yang diucapkan.

. 2000). Komunikasi terapeutik adalah hubungan intrapersonal dimana perawat dan klien memperoleh pengalaman belajar bersama serta memperbaiki pengalaman emosional klien yang negatif (Stuart Laraia.

 Empati  Rasa percaya  Validasi  perhatian .

.1. Bayi hanya menangis ketika merasa lapar. Komunikasi yang digunakan adalah komunikasi nonverbal.    Masa Bayi Bayi belum dapat mengekspresikan perasaan dan pikiran dengan katakata. haus atau perasaan tidak nyaman lainnya.

 Anak juga mempunyai perasaan takut pada ketidaktahuannya.  Dari aspek bahasa.  .  Posisi tubuh yang baik saat bicara pada anak adalah jongkok atau posisi mata sejajar.Karakteristik anak cenderung egosetris. anak belum mampu berbicara fasih.

 .Anak peka terhadap stimulus yang dirasakan.  Gunakan bahasa yang dapat dimengerti anak dan berikan contoh sesuai dengan kemampuan kognitifnya.

 Pembendaharaan kata lebih banyak dan anak sudah mampu berpikir secara konkrit. dapat menjelaskan dan mendemonstrasikan pada mainan anak.Anak sudah mampu berkomunikasi dengan orang dewasa.  .  Apabila akan melakukan tindakan.

 Berikan kesempatan untuk belajar memecahkan masalah secara positif.  .Masa transisi atau peralihan dari akhir masa kanak-kanak menuju masa dewasa.

. Pilihan pro dan kontra. Fasilitasi anak untuk berespon. Biblioterapi.         Gunakan media yang tepat untuk berkomunikasi. Minta anak untuk menulis. Meminta anak untuk menyebutkan keinginan. Minta anak untuk menggambar. Laksanakan program bermain. Penggunaan skala peringkat.

Memfokuskan pembicaraan. Merumuskan masalah bersama. Antisipasi kemungkinan yang akan terjadi. Empati. Hindari hambatan komunikasi. Meyakinkan kembali. . Pemecahan masalah.          Mendorong orang tua untuk berbicara. Mendengarkan secara aktif. Diam.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful