MASTOIDECTOMY IN THE FUTURE

Oleh : NURUL NADIA Pembimbing : Dr. NOVINA RAHMAWATI, Sp. THT-KL

Latar Belakang
Otitis media dan mastoiditis akut merupakan masalah utama sebelum antibiotik ditemukan pada pertengahan 1930-an. Besarnya rasa khawatir pada infeksi kavum timpanomastoid disebabkan komplikasi yang mungkin ditimbulkan terhadap telinga tengah, telinga dalam, di ekstradural dan pada sistem saraf pusat.
Perkembangan ilmu kedokteran saat ini tidak hanya dapat memberikan terapi farmakologi, tetapi juga mampu untuk melakukan berbagai teknik pembedahan di bidang otologi, salah satunya mastoidektomi.

Anatomi Telinga .

Anatomi .

.

Definisi Mastoidektomi adalah prosedur pembedahan untuk menghilangkan proses infeksi pada tulang mastoid. Tujuan mastoidektomi adalah menghindari kerusakan lebih lanjut terhadap organ telinga dan sekitarnya .

Klasifikasi Mastoidektomi Canal Wall Up Mastoidektomi Canal Wall Down .

.

.

.Mastoidektomi Canal Wall Up Canal wall up tujuannya membersihkan kolesteatoma atau jaringan patologik di daerah kavum timpani dan rongga mastoid dengan mempertahankan keutuhan dinding belakang liang telinga.

atau tidak ditutup. sesuai dengan area luas pandang yang dibutuhkan dan margin bedah yang diinginkan . Luas ukuran rongga sesuai dengan luas sel yang akan dibuang dan dibersihkan.Mastoidektomi Canal Wall Down Mastoidektomi canal wall down adalah teknik pembedahan yang dilakukan dengan meruntuhkan dinding posterior liang telinga menjadi rongga terbuka. atau fasia. Rongga terbuka tersebut dapat ditutup dengan jaringan kulit atau tulang.

kasus-kasus OMSA (Otitis media supuratif akut) yang gagal dengan terapi antibiotika atau mulai menuju ke mastoiditis koalesen Penatalaksanaan bedah untuk OMSK (Otitis media supuratif kronik) tanpa kolesteatoma OMSK dengan kolesteatoma . 2. 3.Indikasi mastoidektomi 1.

. dengan fokus lensa obyektif 25 cm sehingga tangan operator leluasa untuk operasi.Alat yang diperlukan untuk operasi mastoidektomi Mikroskop operasi.

Cauter dan kabelnya serta power suplainya. . gigi 2). Macam 2 Hak (hook). Resparatorium Perios.Alat yang diperlukan untuk operasi mastoidektomi Set alat yaitu: Wullstein Retraktor minimal 2 buah. Blade scalpel no 15 dan 11. Berbagai macam Forcep mikro. Needle holder 13 cm. Sucction dan sucction tip. Elevator freer. Scalpel handle. Klem arteri. Dinamo Injakan kaki Mesin pengebor. Mosquito forcep. (gigi 3. Kuret. Spuit 3 ml dan 5 ml dengan jarum. Gunting. Handpiece: straight & angel. Spekulum telinga. Pahat dan Palu.

.Alat yang diperlukan untuk operasi mastoidektomi Mata Bor.cutting buur/ kasar untuk mengikis tulang dengan cepat 2. ada 3 macam yaitu: 1.polizing burr/ lebih halus permukaannya 3.diamond buur/ lebih halus dan tajam untuk bekerja di tempat-tempat rentan.

Teknik Operasi Mastoidektomi .

Teknik Operasi Mastoidektomi .

Teknik Operasi Mastoidektomi .

Teknik Operasi Mastoidektomi .

Teknik Operasi Mastoidektomi .

Teknik Operasi Mastoidektomi .

Teknik Operasi Mastoidektomi .

*jaringan lunak ditutup lapis demi lapis.Penutupan luka operasi dan pembalutan *Kavitas operasi harus dibersihkan dulu dari kepingankepingan tulang dan debu dengan irigasi cairan fisiologis. setelah itu dipasang perban mastoid . Untuk mencegah hematom terkumpul di kavitas operasi. kulit dan periosteum dijahit dengan benang yang bisa diserap badan (cut gut). *Liang telinga ditampon dengan spongostan dan tampon yang diberi salep antibiotika. dipasang drain kecil atau tampon rol.

4. Infus tetap terpasang dalam rangka mengatasi dehidrasi Antibiotik Observasi Perban dibuka sekitar 3 hari pasca op . 2.Perawatan Pasca Operasi 1. 3.

displasia. bocornya LCS •Infeksi Komplikasi kemudian berupa: •Kolesteatoma rekuren •Reperforasi •Stenosis liang telinga luar. . bulbus jugularis. Fasialis •tuli saraf (tuli sensorineural) •Trauma pada osikel •Gangguan keseimbangan •Fistel labirin •Trauma Labirin •Trauma pada sinus sigmoid.Komplikasi Mastoidektomi Komplikasi segera •Paresis n.

Kesimpulan •Mastoidektomi adalah prosedur pembedahan untuk menghilangkan proses infeksi pada tulang mastoid. Tujuan mastoidektomi adalah menghindari kerusakan lebih lanjut terhadap organ telinga dan sekitarnya. •Canal wall up dan canal wall down adalah teknik mastoidektomi dengan mengklasifikan ada tidaknya dinding posterior liang telinga. .

Kesimpulan •Anatomi penting untuk dipelajari dalam memahami teknik yang bervariasi dalam tindakan pembedahan Mastoidektomi. •Komplikasi yang dapat ditimbulkan dari pembadahan mastoidektomi bisa berupa intrakranial dan ekstrakanial. •Jenis pembedahan dalam penanganan penyakit disesuaikan dengan letak. . luasnya jaringan yang akan di evakuasi. dan keadaan umum kesehatan pasien. oleh karena itu dibutuhkan inform consent yang baik.