MINYAK SEREH

Oleh Click to edit Master subtitle style Reni Zuliqa rzuliqa@gmail.com

4/21/12

4/21/12 . aldehid. maupun biji tumbuhan. keton dan berantai pendek. Minyak atsiri dapat diperoleh dari penyulingan akar. batang. selain itu diperoleh juga terpen yang merupakan senyawaan hidrokarbon yang bersifat tidak larut dalam air dan tidak dapat disabunkan.Pendahuluan Minyak Atsiri merupakan suatu minyak yang mudah menguap (volatile oil) biasanya terdiri dari senyawa organik yang bergugus alkohol. daun. bunga.

4/21/12 .• erai atau sereh adalah  tumbuhan anggota suku  rumput . • Minyak serai adalah minyak atsiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut.rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan  makanan. baik berupa tanaman ataupun berupa minyaknya. Minyak serai dapat digunakan sebagai pengusir (repelen) nyamuk.

Minyak sereh sereh wangi (sitronella ) Minyak sereh yang selama ini dikenal di Indonesia merupakan minyak sereh wangi (citronella oil) yang biasanya terdapat dalam komposisi minyak tawon dan minyak gandapura. sereh dapur (lemongrass) 4/21/12 .

4/21/12 .Minyak sereh wangi telah dikembangkan di Indonesia dan minyak atsirinya sudah diproduksi secara komersial dan termasuk komoditas ekspor.

Minyak Sereh Wangi Dalam perdagangan dikenal 2 tipe minyak sereh wangi Minyak sereh wangi Ceylon Jawa 4/21/12 .

sereh wangi tipe Ceylon lazim digunakan sebagai disinfektan. Minyak sereh wangi tipe Jawa merupakan salah satu minyak atsiri yang paling penting dan sumber dari beberapa komponen yang dapat diisolasi seperti sitronelal. geraniol. dan bahan pengusir nyamuk. bahanpengikat. 4/21/12  Minyak . dan sebagainya yang dapat diubah menjadi beberapa senyawa penting yang digunakan secara luas dalam bidang parfum.

Sitronelal .Minyak sereh wangi Jawa Sitronelol Geraniol Sitronelal  Senyawa penting parfum: .Hidroksi sitronelal .Mentol sintetik 4/21/12 .

2. Warna SPESIFIKASI PERSYARATAN MUTU SatuanPersyaratan Kuning pucat sampai kuning kecoklat – coklatan 0. 20C/20C Indeks Bias (nD 20) % Total Geraniol. 7. 6. 35 1:2 jernih. Jenis Uji 1. seterusnya jernih opalesensi Negatif Bobot Jenis.466 – 1.475 Min. 5. (b/b) % Sitronellal (b/b) Kelarutan dlm etanol 80% Zat asing : - 4/21/12 . 4. 85 Min.880 – 0.NO.922 1. 3.

BOBOT JENIS  Prinsip : Perbandingan antara berat minyak dengan berat air pada volume dan suhu yang sama nis suatu senyawa ditentukan oleh perbandingan senyawa -senyawa yang terkandung di dalam nya 4/21/12  Menurut Beudokian (1967). bobot je .

Penentuan indeks bias  Prinsip : Metode ini didasarkan pada pengukuran langsung sudut bias minyak yang dipertahankan Penentuan indeks bias menggunakan refra ktometer dengan berprinsip kepada penyi naran yang menembus dua macam medi a dengan kerapatan berbeda. Menurut Ketaren (1985). Nilai indeks bias pada suhu yang lebih tinggi akan menghasilkan nilai indeks bias 4/21/12   . nilai indeks bias suatu senyawa dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti proses oksidasi dan suhu.

Penentuan kelarutan dlm etanol  Prinsip : kelarutan minyak sereh dlm etanol absolut/etanol 80% membentuk larutan yg bening dan cerah dlm perbandingan seperti yg dinyatakan pengujian ini sangat dipengaruhi oleh suhu minyak sereh sehingga harus dikonsidikan suhu 20C  Pada 4/21/12 .

HCl yang dibebaskan. lalu kelebihan KOH-alkohol berlebih terukur dititar oleh HCl memakai indikator BTB yang dalam keadaan netral berwarna hijau. direduksikan dengan KOH-alkohol berlebih terukur.Penentuan kadar Sitronelal Sitronellal merupakan golongan aldehid yang bersifat pereduksi sehingga dengan hidroksilamin-HCl akan membentuk oksida dan membebaskan HCl. Reaksi : 4/21/12 .

sehingga alkohol tersebut akan bereaksi dengan KOH. sehingga diperoleh kesalahan negatif. Menurut Ketaren (1985). Pada hasil analisis jika diperoleh penyimpangan pada kadar Sitronellal dalam minyak sereh. minyak atsiri yang mengalami penurunan kandungan utamanya  menunjukkan bahwa minyak tersebut telah  4/21/12  . mungkin alkohol yang digunakan belum benar-benar netral. hal tersebut bisa disebabkan oleh adanya Sitronellal yang terbang dalam udara/suhu kamar karena sebagian minyak atsiri bersifat mudah menguap atau ketika melarutkan minyak atsiri dengan alkohol netral.

Minyak sereh wangi tidak memenuhi syarat ekspor apabila kadar geraniol rendah atau mengandung bahan aging.Geraniol (C10H180)   Geraniol merupakan persenyawaan yang terdiri dari 2 molekul isoprene dan 1molekul air. 1978) 4/21/12 . (Ketaren den B. Bahan-bahan daging yang terdapat dalam minyak sereh wangi berupa lemak. di samping pemeliharaan tanaman yang kurang baik serta umur tanaman yang terlalu tua. Kadar geraniol dan sitronellal yang rendah biasanya disebabkan oleh jenis tanaman sereh yang kurang baik. alkohol dan minyak tanah sering digunakan sebagai bahan pencampur. Djatmiko.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful