TEKNIK INDUSTRI – UNIVERSITAS TEUKU UMAR SELASA, 3 MEI 2011

digunakan untuk menggambarkan sistem yang memproses aplikasi pengolahan data perusahaan.1. Fokus pada Data Awal perkembangan digunakan untuk aplikasi akuntansi  Electronic Data Processing (EDP). (SIA)  .

Fokus pada Informasi Perkembangan teknologi komputer yang memiliki kemampuan proses yang lebih cepat  Penerapan Konsep SIM untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen disetiap area fungsional dan level aktivitas  .2.

3. Fokus pada pendukung keputusan Decision Support System (DSS) yang diperkenalkan oleh Michael S. Scott Morton. dkk dari MIT  DSS : sistem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan dan dibuat oleh manajer  DSS memberikan kemudahan untuk mengolah data dan memperoleh informasi untuk mengambil keputusan  .

Fokus pada komunikasi  Office Automation (OA).4. memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktifitas diantara para manajer dan pekerja media yang tersedia .

yaitu komunikatif dan mendukung kegiatan organisasi. Ka. Top Level Management (Direktur Utama) Tugas pokok Pengendalian.5. Pengawas) . Middle Level Management (Ka. Peranan SIM bagi Manajemen Membutuhkan informasi yang bersifat strategis. Informasi/keputusan bersifat operasional. dibutuhkan untuk pengarahan dan perencanaan. Cabang. Divisi) Lower Level Management (Mandor. Tujuan dan arah yang telah ditentukan sudah tercapai atau tidak.

Scott. Informasi dari manajemen tingkat menengah (25%-35%) d. Informasi internal bukan dari sistem informasi komputer (10%-15%) c. sumbersumber informasi untuk tingkatan manajemen dikelompokkan sbb: 1. dsb (35%-45%) . Manajemen tingkat atas a.Berdasarkan George M. Informasi internal dari sistem informasi komputer (15%-20%) b. Informasi eksternal: PP. keadaan perekonomian.

Manajemen tingkat menengah a. Informasi dari manajemen tingkat bawah (30%-40%) d. keadaan perekonomian. Informasi internal bukan dari sistem informasi komputer (15%-20%) c. Scott. sumbersumber informasi untuk tingkatan manajemen dikelompokkan sbb (lanjutan): 2. Informasi eksternal: PP. Informasi internal dari sistem informasi komputer (30%-40%) b.Berdasarkan George M. dsb (10%-15%) .

sumbersumber informasi untuk tingkatan manajemen dikelompokkan sbb (lanjutan): 3. Manajemen tingkat bawah a.Berdasarkan George M. Scott. Informasi internal bukan dari sistem informasi komputer (25%-45%) c. Informasi internal dari sistem informasi komputer (55%-75%) b. keadaan perekonomian. dsb (5%-10%) . Informasi eksternal: PP.

.6. Teori Manajemen & Organisasi d. Keterkaitan SIM dengan disiplin ilmu yang lain Akuntansi Manejemen b. Pengetahuan Komputer a. Riset Operasional c.

a. dipusatkan pada biaya-biaya yang sebanding dan melaksanakan kegunaan analisa yang lain untuk kontrol dan keputusan manajerial  . Akuntansi Manajemen Akuntansi keuangan. berhubungan dengan pengukuran pendapatan dalam suatu periode tertentu  Akuntansi manajerial (manajemen).

Riset Operasional Penekanan pada pendekatan sistematis untuk penyelesaian masalah  Memakai model dan prosedur matematis serta statistik dalam analisis  Bertujuan mencari keputusan atau kebijakan secara optimal  .b.

c. Teori Manajemen dan Organisasi Sifat dari teori keorganisasian dan pengambilan keputusan secara pribadi/perorangan  Motivasi dari setiap pribadi  Bagian proses dan pengambilan keputusan  Teknik kepemimpinan  Keorganisasian yang mengubah proses  Struktur dan design keorganisasian  .

komputasi. karena meliputi algoritma. Pengetahuan Komputer Sangat penting untuk SIM. software dan struktur data  Penekanan pada SIM adalah aplikasi dari kemampuan ilmu komputer secara teknik  .d.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful