ANEMIA IBU HAMIL

Pengertian Anemia 1.A. Anemia adalah suatu keadaan dengan kadar haemoglobin yang lebih rendah dari normal. . 2. Anemia gizi besi adalah anemia yang terjadi akibat kekurangan zat besi dalam darah.

 Kekurangan Zat Besi dalam Darah Berarti : Kadar haemoglobin dalam darah berkurang karena terganggunya pembentukan sel-sel darah merah akibat kekurangan kadar zat besi dalam darah. Zat Besi adalah salah satu unsur gizi yang merupakan komponen pembentukan haemoglobin atau sel darah merah  .

3 gr % b.3 bulan ) : 12.9 bulan ) : 10. 3 gr % c. Jadi anemia dalam kehamilan adalah suatu keadaan dimana kadar haemoglobin pada ibu hamil kurang dari 11 gr % . Trimester II ( 4-6 bulan ) : 11.Batas Normal Kadar Hb Dalam Darah Pada Ibu Hamil Trimester I ( 1. Trimester III ( 7.8 gr % a.

lemah. lidah. Sering mengeluh pusing dan mata berkunang – kunang 3. lalai 2. . Gejala lebih lanjut adalah kelopak mata. sesak nafas. letih. 5 L : lesu. dan telapak tangan menjadi pucat. Tanda dan Gejala Anemia 1. kulit. bibir. Berdebar-debar.B.

3. ini menyebabkan anemia Banyak ibu hamil yang berpantang makanan yang justru banyak mengandung zat besi. 2. Penyebab Anemia Sebagian besar anemia di Indonesia disebabkan oleh kekurangan zat besi. 4. misalnya : pendarahan.C. Anemia gizi besi dapat terjadi karena : Kandungan zat besi dari makanan yang dikonsumsi tidak mencukupi kebutuhan Pada ibu hamil kebutuhan zat besi meningkat karena zat besi diperlukan untuk pertumbuhan janin serta kebutuhan ibu sendiri Meningkatnya pengeluaran zat besi dari tubuh. . 1.

Tingkatan Anemia Pada Kehamilan Anemia Ringan kadar haemoglobin : 8 – 10 gr % 2.D. Anemia Berat kadar haemoglobin : < 7 gr % 1. . Anemia Sedang kadar haemoglobin : 7 – 8 gr % 3.

E. Pada Ibu a. selama kehamilan  Keguguran  Persalinan belum cukup bulan  Mudah terjadi infeksi  Pendarahan selama hamil . Akibat Anemia Pada Ibu Hamil 1.

Ketuban pecah sebelum waktunya SAAT PERSALINAN  Gangguan kekuatan saat mengejan  Waktu persalinan lama  pendarahan  b. Setelah Melahirkan    Mudah terjadi infeksi Pengeluaran ASI berkurang Anemia pada masa nifas .

Pada Bayi  Keguguran  Kematian bayi dalam kandungan  Berat badan lahir rendah  Dapat terjadi cacat bawaan  Kematian bayi waktu lahir  Bayi mudah terkena infeksi .2.

ikan. telur) dan bahan makanan nabati (sayur berwarna hijau tua. ayam. hati. tempe. Cara Mencegah dan Mengobati Anemia 1.F. kacang-kacangan. makan makanan yg banyak mengandung zat besi dari bahan makanan hewani (daging. Meningkatkan konsumsi bergizi. telur) .

2. Makan sayursayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C .

misalnya : minum teh atau kopi bersamaan dengan makan akan mempersulit penyerapan zat besi sedangkan makanan yang mengandung vitamin c dapat membantu tubuh menyerap zat besi. Berhati – hati dalam mengkombinasikan makanan. kombinasi makanan tertentu juga dapat mempengaruhi penyerapan zat besi oleh tubuh. .3.

4. Menambah Pemasukan Zat Besi Kedalam Tubuh Dengan Minum Tablet Tambah Darah .

Ada  Pertanyaan Bu…………. .??? Kalau tidak ada Maturnuwun….

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful