You are on page 1of 24

KANKER

Disusun oleh
Arvenda Dinitha

Dini

260110100025

Nurul Ugih sri rahayu 260110100042 Felinda Fajar hanggoro

Salah satu penyebab kematian utamadiindonesia dan dunia

Latar Belakang KANKER

Jumlah penderita kanker diindonesia belum diketahui secara pasti

Hanya beberapa penyakit kanker yang dapat diobati secara memuaskan

. •Sel-sel kanker akan berkembang dengan cepat.Apa itu kanker ???? Kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. dan akan terus membelah diri. dan menyerang organorgan penting serta syaraf tulang belakang. darah. selanjutnya menyusup ke jaringan sekitarnya (invasive) dan terus menyebar melalui jaringan ikat. tidak terkendali.

sehingga akan terjadi penumpukan sel baru yang disebut tumor ganas. . •sel kanker akan membelah terus meskipun tubuh tidak memerlukannya.•Dalam keadaan normal. sel hanya akan membelah diri jika ada penggantian sel-sel yang telah mati dan rusak.

PERKEMBANGAN SEL ABNORMAL DALAM TUBUH  Gen akan bekerja dengan baik jika tubuh dalam keadaan sehat. . Gen ini bertugas mengatur pembelahan sel di dalam tubuh dan memastikan bahwa setiap sel baru adalah replikasi induknya  Jika terjadi ketidaknormalan pada waktu proses pembelahan dan pembaharuan sel. maka akan terbentuk sel abnormal berupa benjolan yang disebut tumor.

2. dibanding seseorang yang tidak memiliki riwayat. Faktor genetik Seseorang yang memiliki riwayat (keturunan) penyakit kanker mempunyai risiko lebih besar terkena penyakit ini.Faktor yang mempengaruhi perkembangan sel abnormal di dalam tubuh(1/2) 1. . Faktor kekebalan (imunitas) sistem imunitas di dalam tubuh memiliki masalah. maka akan mempengaruhi pengenalan terhadap sel asing. sehingga sel tumor akan berkembang dan tumbuh dengan bebas.

. Faktor makanan 80-90% penyebab berbagai kanker berkaitan dengan makanan Misalnya.Faktor yang mempengaruhi perkembangan sel abnormal di dalam tubuh (2/2) 3. makanan yang diasinkan atau diacar. dan makanan yang banyak mengandung bahan-bahan kimia lainnya (zat pewarna dan perasa buatan). makanan yang diasap. makanan yang diawetkan.

Jenis-Jenis Kanker Karsinoma Kanker Kulit Limfoma Kanker Payudara Leukemia Kanker Uterus Sarkoma Kanker otak & Mulut Kanker Prostat Glioma .

tetapi memenuhi pembuluh darah dan mengganggu fungsi sel darah normal . ovarium. misalnya jaringan seperti sel kulit. leher rahim. sel melanin. payudara.1. Leukemia Kanker jenis ini tidak membentuk massa tumor. Karsinoma Yaitu jenis kanker yang berasal dari sel yang melapisi permukaan tubuh atau permukaan saluran tubuh. pancreas. testis. lambung. kolon. dan esofagus. 2. kelenjar mucus. rectum.

dan sumsum tulang. 5.3. Limfoma spesifik antara lain adalah penyakit Hodgkin (kanker kelenjar limfe dan limfa) . lacteal.sel yang ditemukan diotot dan tulang 4. Limfoma Yaitu jenis kanker yang berasal dari jaringan yang membentuk darah. Glioma Yaitu kanker susunan syaraf. limfa. . berbagai kelenjar limfe. timus. misalnya sel-sel glia (jaringan penunjang) di susunan saraf pusat. Sarkoma Yaitu jenis kanker dimana jaringan penunjang yang berada dipermukaan tubuh seperti jaringan ikat. misalnya jaringan limfe. termasuk sel .

Faktor prilaku 5.Farktor Penyebab Kanker Faktor-faktor terjadinya kanker : 1. Faktor keturunan 2. Virus 6. Faktor kejiwaan. Infeksi 7. Faktor makana yg mengandung bahan kimia 4. Radikal bebas . Faktor Lingkungan 3. emosional 9. Gangguan keseimbangan hormonal 8.

tanda & gejala penyakit kanker yaitu : Nyeri Pendarahan Perubahan kebiasaan buang air besar Penurunan berat badan dengan cepat akibat kurang lemak dan protein (kaheksia) Benjolan pada payudara Gangguan pencernaan Tuli & Luka yang tidak sembuh-sembuh .MANIFESTASI KLINIK Secara umum.

perubahan tidak normal pada penglihatan. Kanker mulut Terdapat sariawan pada mulut. epilepsi. lidah dan gusi yang tidak kunjung sembuh. mati rasa pada lengan & kaki. lemah. .mengantuk. perubahan pada ingatan. perubahan pada kepribadian. kesulitan berjalan.Gejala Kanker secara khusus berdasarkan jenis kanker yang dialami : Kanker Otak Sakit kepala pada pagi hari dan berkurang pada tengah hari. sulit bicara.

gatal.Kanker Payudara Adanya benjolan.Gejalanya: . gatal . rasa sakit yang tidak berhubungan dengan menyusui atau menstruasi. pengeluaran darah saat mens yang tidak seperti biasanya dan rasa sakit yang luar biasa. kemerahan. penebalan kulit (tickening). Kanker Rahim (uterus) Pendarahan diperiode . perubahan bentuk.periode datang bulan.

infeksi yang tidak sembuh .sembuh. rasa sakit yang terus menerus pada pinggang belakang. penis dan paha atas. .Kanker prostat Kencing tidak lancar. rasa sakit pada daerah tertentu. perubahan warna kulit berupa bercak-bercak. Kanker Kulit Benjolan pada kulit yang menyerupai kutil (mengeras seperti tanduk). bintikbintik berubah warna dan ukuran.

Lalu melalui aliran darah atau saluran limfatik. Jika sel tersebut mencapai bagian lain (menyebar) dari tubuh dan berkembang membentuk tumor baru di bagian itu disebut tumor sekunder(secondary tumor) o o o . sel kanker akan menyebar ke bagian tubuh lain. Sel kanker lepas dari sel kanker asal (primary cancer atau kanker primer). Karsinogenesis atau proses PROSES TERJADI KANKER o terjadinya kanker : Terjadi perubahan sederhana yang seringkali berubah menjadi tumor jinak hingga akhirnya menjadi tumor ganas atau kanker.

 Tumbuh autonom Sel kanker itu tumbuh terus tanpa batas (immortal). semaunya sendiri. Mendesak dan merusak sel-sel normal disekitarnya. SIFAT SEL KANKER . Tidak mengenal koordinasi dan batas-batas kewajaran.Bentuk dan struktur sel bermacam-macam (polymorph). Tidak menjalankan fungsinya yang normal. liar. Dapat bergerak sendiri (amoeboid).

Proses penyebaran Proses penyebaran terjadi secara bertahap meliputi : 1) Proses inisiasi 2) Proses Promosi 3) Lalu terjadi proses progresi Pada proses metastasis sel kanker akan menginvasi dan masuk ke dalam pembuluh darah dan akan : 1) Terhenti pada suatu tempat dan menempel pada endotel(dinding) pembuluh darah. 2) Sel kanker merusak membran basal dan matriks pembuluh darah 3) Se kanker migrasi ke jaringan ekstravaskuler 4) Sel kanker merangsang pertumbuhan pembuluh darah baru .

. Promotor adalah zat proliferatif. dimana promotor sendiri tidak dapat menginduksi perubahan kearah neoplasma sebelum bekerjapada sel terinisiasi .. oksigen dan sulfur Fase Promosi : Sel terinisiasi dapat tetap tenang bila tidak dihidupkan oleh zat yang disebut promotor. Tempat yang diserang adalah asam nukleat (DNA/ RNA) atau protein dalam sel terutama di atom nitrogen. Fase Inisiasi : Fase ini berlangsung cepat.LANJUTAN.

DIAGNOSIS KANKER SECARA DINI .

Cara Pencegahan Pencegahan secara Umum Pencegahan Terapi Mental .

dan hidup dengan pola sehat  dilakukan penapisan atau screening terhadap kemungkinan terkena kanker . hidup akif fisik. menambah makanan tinggi serat seperti sayuran dan buah. mengupayakan berat badan yang ideal. menghindari makanan tinggi lemak. misalnya tidak merokok.Pencegahan Secara Umum  mengurangi paparan terhadap bahan karsinogen.

Mengelola stress Menyadari adanya stress Dukungan moral pada pasien kanker Tetap aktif dan bergembira Berempati (mamahami beratnya beban mental yang dialami penderita untuk mendukung pemulihan kanker)  Optimis dalam menjalankan hidup  Buanglah dendam dan kebencian  Terapi doa      Terapi Mental .

Terimakasih wassalamualaikum .