TUGAS PKn PERADILAN INTERNASIONAL

KHAIRINA IGUSTINE

XI IPA 1
18

SMA NEGERI 11 SEMARANG

3. Komponen-komponen tersebut terdiri dari : 1. 2. yaitu: pranata peraturan. Setiap sistem hukum menunjukkan empat unsur dasar.Pengertian Sistem Peradilan Internasional Sistem peradilan internasional adalah unsur-unsur atau komponenkomponen lembaga peradilan internasional yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu kesatuan dalam rangka mencapai keadilan internasional. prosedur pemberian keputusan oleh pengadilan dan lembaga penegakan hukum. proses penyelenggaraan hukum. mahkamah pidana internasional dan pengadilan pidana dan mahkamah khusus internasional. . mahkamah internasional.

dua merangkap ketua dan wakil ketua dengan masa jabatan 9 tahun Ke-15 calon hakim tersebut direkrut dari warga negara anggota yang dinilai cakap dibidang hukum internasional.Mahkamah Internasional (The International Court of Justice) MI adalah organ utama lembaga kehakiman PBB. Biasanya 5 hakim MI berasal dari anggota tetap DK PBB. Rusia.). berfungsi sejak tahun 1946 sebagai pengganti dari Mahkamah Internasional Permanen. tugasnya untuk memeriksa dan memutuskan perkara yang disidangkan baik yang bersifat sengketa maupun yang bersikap nasihat. Amerika serikat. komposisi MI terdiri dari 15 hakim. . Belanda. Fungsi utama MI adalah untuk menjelaskan kasus-kasus persengkataan intersional yang subjeknya adalah negara. Inggris dan Prancis. untuk memilih anggota mahkamah dilakukan pemungutan suara secara independen oleh Majelis Umum (MU) dan Dewan Keamanan (Cina. Didirikan pada tahun 1945 berdasarkan piagam PBB. Statuta adalah hukumhukum yang terkandung Pasal 9 Statuta MI menjelaskan. yang kedudukan di Den Haag.

Dan yang bukan wilayah kerja Mahkamah Internasional boleh mengajukan kasusnya ke Mahkamah internasional dengan syarat yang ditentukan dewan keamanan PBB. Ada 3 kategori Negara. Negara bukan anggota PBB yang menjadi wilayah kerja Mahkamah intyernasional. . yaitu : Negara anggota PBB. harus membuat deklarasi untuk tunduk pada ketentuan Mahjkamah internasional dan Piagam PBB.Fungsi Mahkamah Internasional: Adalah menyelesaikan kasus-kasus persengketaan internasional yang subyeknya adalah Negara. Negara bukan wilayah kerja (statute) Mahkamah internasional. otomatis dapat mengajukan kasusnya ke Mahkamah Internasional.

b. c. d. Wewenang wajib Persyaratan . e. Akses ke Mahkamah hanya terbuka untuk negara (ratione personae) Kedudukan individu Kedudukan organisasi internasional Wewenang ratione materiae Kompromi f. g.Wewenang Mahkamah Internasional : a.

Mengenai yuridikasi lebih lanjut Click me . Kewenangan ini meliputi: Memutuskan perkara-perkara pertikaian (Contentious Case).Yuridikasi Mahkamah Internasional : Adalah kewenangan yang dimiliki oleh Mahkamah Internasional yang bersumber pada hukum internasional untuk meentukan dan menegakkan sebuah aturan hukum. Memberikan opini-opini yang bersifat nasehat (Advisory Opinion).

MPI (Mahkamah Pidana International) berkedudukan di Den Hagg. ICC disahkan pada tanggal 1 Juni 2002 dan dibentuk berdasarkan Statua Roma yg lahir terlebih dulu pada tanggal 17 Juli 1998. Belanda .Mahkamah Pidana Internasional (The International Criminal Court ICC) Merupakan mahkamah pidana internasional yg berdiri permanen berdasarkan traktat multilateral. ICC bertujuan untk mewujudkan supremasi hukum internasional dan memastikan bahwa pelaku kejahatan berat internasional dipidana.

2. agama tertentu) Kejahatan terhadap kemanusiaan Kejahatan perang Kejahatan agresi (kejahatan yang mengancam perdamaian) .Yuridiksi atau kewenangan ICC untuk menegakan aturan hukum internasional adalah memutus perkara terbatas pada pelaku kejahatan berat oleh warga negara yg telah meratifikasi Statua Mahkamah. Ada 4 jenis kejahatan berat. Kejahatan genosida (memusnahkan suatu bangsa. yaitu : 1. 3. ras. 4.

.Pengadilan Pidana dan Mahkamah Khusus Internasional (The International Criminal Tribunals and Special Courts) Adalah lembaga peradilan internasional yang berwenang mengadili para tersangka kejahatan berat internasional yang bersifat tidak permanen atau sementara (ad hoc) dalam arti setelah selesai mengadili maka peradilan ini dibubarkan.

politik. 6. 3. negara dengan individu-individu. atau keamanan regional dan internasional. Perebutan pengaruh ekonomi. atau negara dgn badan badan/ lembaga yg menjadi subjek hukum internasional.SENGKETA INTERNASIONAL adalah perselisihan yg terjadi antara negara dengan negara. 5. Salah satu pihak tidak memenuhi kewajibannya dalam mperjanjiann internasional. . Penghinaan terhadap harga diri bangsa. Perbedaan penafsiran mengenai isi perjanjian internasional Perebutan sumber-sumber ekonomi 4. Sebab-sebab sengketa internasional : 1. Adanya intervensi terhadap kedayulatan Negara lain. 2.

Ada dua cara penyelesaian segketa internasional. Penyelesaian secara damai. 1. 2. yaitu secara damai dan paksa. Penyelesaian secara paksa. kekerasan atau perang. kekerasan atau perang .

3. 2. 7. 6. 5.Penyelesaian secara damai meliputi : 1. Mediasi Konsiliasi Penyeledikan Penyelesaian oleh PBB Penjelasan Click me . Abitrase Penyelesaian yudisial Jasa jasa baik 4.

Tindakan tindakan pembalasan Blokade secara damai Intervensi Penjelasan Click me . 4.Penyelesaian secara paksa. kekerasan atau perang meliputi : 1. 2. Perang dan tindakan bersenjata non perang Retorsi 3. 5.

Meskipun ada cara penyelesaian nonyudisal. Kelima aturan tsb meliputi : 1. Panduan praktik 5. sengketa internasional sebaiknya dilaksanakan melalui proses yudisial yg dilakukan oleh Mahkamah Internasional. Ada 5 aturan dasar yg menjadi dasar dan rujukan proses persidangan MI. aturan mahkamah 4. Piagam PBB 1945 2. Resolusi tentang praktik yudisial internal mahkamah . Statua Mahkamah Internasional 3.

Mekanisme normal persidangan Mi dilaksanakan dgn urutan: 1. Penyerahan perjanjian khusus Pembelaan tertulis Presentasi pembelaan Keputusan . 4.Secara umum. yaitu mekanisme normal dan kmekanisme khusus. 2. 3. mekanisme persidangan mahkamah internasional bisa dibedakan menjadi 2.

persidangan MI bisa berlangsung secara khusus.Bila ada sebab tertentu . Intervensi . Dalam artian. Beracara bersama 5. Adanya keberatan awal 2. Penyebabnya yaitu : 1. ada penambahan tahap-tahap tertentu yg agak berbeda dari mekanisme normal. Putusan sela 4. Tidak hadirnya salah satu pihak 3.

Putusan MI adalah pernyataan majelis hakim MI dalam sidang pengadilan terbuuka. Apapun putusan yg telah ditetapkanoleh MI hendaknya dihargai dan diterima oleh para pihak yg bersengketa sebagai upaya masyarakat internasional untuk mewujudkan keadilan global. serta hares terima oleh para pihak sengketa. . berupa keteapan majelis terhdapa maslah yang disengketakan . memilki kekuatan hukum tetap dan final.

PBB dan dua lembaga hak asasi manusia meminta agar dilakukan sebuah investigasi mengenai detik-detik terakhir bagaimana pemimpin Libya Kolonel Muammar Khadafi tewas. Demikian diberitakan CNN." demikian disampaikan U. "Perlu detail yang lebih jelas apakah ia tewas dalam sebuah pertempuran atau malah setelah ia ditangkap. Ada empat atau lima versi berbeda bagaimana ia tewas. . Pertanyaan lain yang mengemuka adalah apa yang akan dilakukan terhadap mayat Khadafi. Seperti yang Anda tahu beredar pula video yang direkam menggunakan ponsel berkamera dan satu menunjukkan ia masih hidup dan satunya lagi menunjukkan ia sudah tewas. High Commissioner for Human Rights (UNHCR)." demikian disampaikan lembaga hak asasi internasional. Commissioner for Human Rights. Secara keseluruhan. video itu sungguh sangat menganggu.CONTOH KASUS TRIBUNNEWS.N. Sabtu (22/10/2011).COM . Keluarga Khadafi mengeluarkan pernyataan dan meminta kepada PBB dan lembaga Amnesty International untuk menekan pemerintahan Libya yang baru agar memberikan kepada mereka martir dari suku bersangkutan agar bisa dimakamkan secara Islam.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful