NASKAH

DRAMA

1

RETNADHI SURYANDARI, S.SN SMA NEGERI 2 KOTA TANGERANG SELATAN

NASKAH
Naskah/skenario di sini diartikan sebagai bentuk rencana tertulis dari suatu pertunjukan drama/teater. Judul biasanya diambil dari tema atau inti cerita. Terdapat tiga unsur pokok dalam naskah, yaitu: 1. tema/premis 2. karakter/lakon 3. plot/rangka cerita
2

NASKAH  Tema/Premis Tema/premis adalah rumusan inti sari cerita yang dipergunakan dalam menentukan arah tujuan cerita. Dari tema yang juga merupakan landasan pola bangunan karakter inilah kemudian dapat ditentukan lakonlakonnya 3 .

Karakter dihidupkan dari olah peran sang pemain. dan gerak gerik suatu tokoh yang menjadi ciri tokoh tersebut. Dalam cerita drama.NASKAH  Karakter/Lakon Karakter adalah sifat. karakter/lakon merupakan unsur yang paling aktif yang menjadi penggerak cerita 4 . watak.

yaitu: 1.NASKAH Dalam naskah ditentukan tiga dimensi karakter/lakon. Dimensi psikologis 5 . Dimensi sosiologi 3. Dimensi fisiologi 2.

agama. sikap dan kelakuan. dll 6 . temperamen. usia. hobby. pandangan hidup. keadaan tubuh. kehidupan pribadi. ciri-ciri muka. tingkat kecerdasan. dll  Dimensi psikologis: latar belakang kejiwaan.NASKAH Tiga Dimensi Lakon  Dimensi fisiologi : ciri-ciri badani. keahlian dalam bidang tertentu. dll  Dimensi sosiologi: latar belakang kemasyarakatan. sifat. status sosial. jenis kelamin. pekerjaan. peranan dalam masyarakat. mentalitas. pendidikan.

Tirtagonis : lakon pembantuyang menjadi penengah antara protagonis dan antagonis d.NASKAH Macam-macam lakon/peran : a. Antagonis : lakon utama lawan atau musuh penyebab konflik c. Figuran : lakon pelengkap/tambahan untuk memperkuat gambar suasana 7 . Protagonis : lakon utama yang menjadi pusat perhatian dalam cerita b.

NASKAH  Plot Plot adalah alur atau kerangka cerita. yaitu: 1. Epitasio (komplikasi/konflik awal) 3. Plot drama tersusun atas empat bagian. Protoasis (pemaparan/eksposisi) 2. suatu keseluruhan peristiwa di dalam naskah. Catastrophe (penyelesaian) 8 . Catastasis (klimaks dan krisis) 4.

waktu dan segala situasi dari para pelakunya sebagai pelukisan peran dan motif lakon. Pada bagian ini diceritakan mengenai tempat.PLOT  Protoasis (pemaparan/eksposisi) Protoasis merupakan bagian permulaan atau pengantar cerita dari suatu pementasan drama. Kepada penonton disajikan sketsa cerita sehingga penonton dapat meraba dari mana cerita ini dimulai 9 .

pendidikannya. Dalam drama para lakon harus berbicara dan apa yang diutarakan mesti sesuai dengan perannya. dsb.PLOT  Dialog Dialog berisikan kata-kata. dengan tingkat kecerdasannya. menjelaskan perihal tokoh. Dialog berfungsi untuk mengemukakan persoalan. dan membukakan fakta 10 . menggerakkan plot maju.

Konflik merupakan kekuatan penggerak drama 11 .PLOT  Epitasio (komplikasi/konflik awal) Pada bagian ini mulai timbul suatu perselisihan/komplikasi atau kerumitan yang bermasalah.

Konflik adalah satu komplikasi yang bergerak dalam suatu klimaks 12 .PLOT  Catastasis (klimaks dan krisis) Klimaks dibangun melewati krisis demi krisis dan menjadi puncak ketegangan dalam adegan.

di mana di dalamnya terdapat krisis-krisis yang memunculkan beberapa klimaks. Satu klimaks terbesar di bagian akhir selanjutnya diikuti adegan penyelesaian 13 .PLOT  Catastrophe (penyelesaian) Drama terdiri dari sekian adegan.

menjelaskan perihal tokoh.PLOT Dialog Dialog berisikan kata-kata. dengan tingkat kecerdasannya. Dalam drama para lakon harus berbicara dan apa yang diutarakan mesti sesuai dengan perannya. dsb. Dialog berfungsi untuk mengemukakan persoalan. dan membukakan fakta 14 . pendidikannya. menggerakkan plot maju.

desain dramatik kerucut tunggal 2. desain dramatik kerucut ganda Sebagai contoh. yaitu: 1. Ada dua macam desain dramatik.PLOT Plot/alur cerita bisa dibuat menjadi bermacam-macam skema. Skema pementasan ini disebut desain dramatik. kedua desain tersebut diterapkan dalam cerita rakyat Jawa berjudul “Timun Mas”  15 .

PLOT Desain Dramatik Kerucut Tunggal 16 .

PLOT Desain Dramatik Kerucut Tunggal 17 .

PLOT Desain Dramatik Kerucut Ganda 18 .

PLOT Desain Dramatik Kerucut Ganda 19 .

PLOT 20 .

Selamat Membuat Naskah… 21 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful