ASUHAN ANTENATAL DI KOMUNITAS

    

Adelia mona savitri Anggi marlia ningsih Anis khoeriyah Aresta Astri dwina

.ASUHAN ANTENATAL DI KOMUNITAS  Pengertian Asuhan Antenatal Menurut dinas kesehatan provinsi Dati I jawa timur dalam pedoman pelaksanaan dalam desa siaga provinsi jawa timur(2006) terdapat beberapa pengertian mengenai asuhan antenatal yaitu : Asuhan antenatal adalah pemeriksaan kehamilan untuk melihat dan memeriksa keadaan ibu dan janin yang dilakukan secara berkala di ikuti dengan upaya koreksi terhdap penyimpangan yang ditemukan selama kehamamilan.

Meningkatkan pengertian bahwa keluarga adalah bagian dari masyarakat.Pengertian asuhan antenatal secara luas dapat diuraikan melalui penjelasan berikut ini :  Merupakan upaya mempersiapkan pasangan remaja yang      baru menikah untuk menjadi orang tua yang efektif. Mencari factor social budaya yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kesehatan ibu Meningkatkan pengertian dan merencanakan program keluarga berencana. Menanamkan perhatian tentang hubungan seksual yang sehat guna meningkatkan keharmonisan keluarga Pemberian konseling tentang kehamilan .

Tujuan Asuhan Antenatal  Tujuan umum memelihara dan meningkatkan kesehatan ibu dan janin sesuai kebutuhan.  Tujuan khusus -Memantau kemajuan kehamilan untuk memastikan kesehatan serta pertumbuhan dan perkembangan bayi -Mendeteksi adanya komplikasi yang dapat mengancam jiwa ibu dan janin -Merencanakan asuahan khusus sesuai dengan kebutuhan -Mempersiapkan persalinan serta kesiagaan dalam menghadapai komplikasi -Mempersiapakan masa nifas dan pemberian asi ekskusif.sehingga kehamilan dapat berjalan secara normal dan bayi dapat lahir dengan sehat. .

6 STANDAR PELAYANAN ANTENATAL  Identifikasi ibu hamil  Pemeriksaan dan pemantauan antenatal  Palpasi abdominal  Pengelolaan anemia dalam kehamilan  Pengelolaan dini hipertensi pada kehamilan  Persiapan persalinan .

Ukur tinggi fundus uteri 3. Pemberian tablet tambah darah atau zat besi minimum 90 tablet selama kehamilan 5. Tes terhadap penyakit menular seksual 6. Pemberian imunisasi TT lengkap 4. Temu bicara dalam rangka persiapan rujukan . Ukur tekanan darah 2.pelayanan atau asuhan standar asuhan minimal mencakup 7 T yaitu sebagai berikut: 1.Standar Minimal Asuhan Antenatal  Standar minimal asuhan antenatal merupakan salah satu kebijakan program pemerintah untuk menurunkan angka kematian ibu.

perencanaan.STANDAR ASUHAN KEBIDANAN  Standar asuhan kebidanan adalah acuan dalam proses pengambilan keputusan dan tindakan yang dilakukan oleh bidan sesuai dengan wewenang dan ruang lingkup praktiknya berdasarkan llmu dan kiat kebidanan. implementasi evaluasi dan pencatatan asuhan kebidanan. Mulai dari pengkajian. . perumusan diagnosa dan atau masalah kebidanan.

.pertolongan persalinan perawatan nifas. Meningkatkan mutu pelayanan ibu hamil.dan perinatal secara terpadu. Membangun jejaring kerja dengan fasilitas rujukan dan tokoh masyarakat setempat atau terkait.khususnya kesehatan perempuan diwilayah kerja bidan. Menurunkan jumlah kasus-kasus yang berkaitan dengan resiko kehamilan.persalinan nifas dan perinatal. Mendukung program-program pemerintah lainnya untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu dan anak. Tujuan khusus  Meningkatkan cakupan pelayanan kebidanan komunitas sesuai     dengan tanggung jawab bidan.Tujuan standar asuhan kebidanan Tujuan umum Mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

` Terima kasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful