Megalitikum

Zaman Batu Besar
Oleh Nama : Amyda Ayu Dianritami Kelas : X7 Absen :2

karena pada zaman ini manusia sudah dapat membuat dan meningkatkan kebudayaan yang terbuat dan batu-batu besar.Pengertian Megalitikum Megalit adalah batu besar yang digunakan untuk membangun struktur atau monumen. dan lithos yang berarti batu. Megalitik adalah struktur yang dibuat oleh batu besar. . Megalitik berasal dari kata mega yang berarti besar. Zaman Megalitikum biasa disebut dengan zaman batu besar.

yaitu kepercayaan terhadap roh nenek moyang.Zaman Megalitikum Kebudayaan Megalitikum berkembang dari zaman Neolitikum sampai zaman Perunggu. Bangunan Megalitik ini dipergunakan sebagai sarana penghormatan dan pemujaan . Pada zaman ini manusia sudah mengenal kepercayaan. Kepercayaan ini muncul karena pengetahuan manusia sudah mulai meningkat.bangunan monumental yang terbuat dari batu . Kebudayaan Megalitikum adalah kebudayaan yang utamanya menghasilkan bangunan . Walaupun kepercayaan mereka masih dalam tingkat awal.batu besar dan masif.

ciri Megalitikum » Manusia sudah dapat membuat dan meninggalkan kebudayaan yang terbuat dari batu-batu besar » Berkembang dari zaman neolitikum sampai zaman perunggu » Manusia sudah mengenal kepercayaan utamnya animisme .Ciri .

Kubur Peti Batu 5.Hasil Kebudayaan Megalitikum 1. Menhir 2. Arca . Waruga 7. Sarkofagus 6. Punden Berundak 3. Dolmen 4.

•Sebagai lambang phallus atau simbol kesuburan untuk bumi.Menhir Menhir adalah tiang atau tugu batu yang terbuat dari batu tunggal dan ditempatkan pada suatu tempat Istilah menhir diambil dari bahasa keltik dari kata men (batu) dan hir (panjang). Fungsi Menhir • Sarana pemujaan terhadap arwah nenek moyang. . •Tempat memperingati seseorang (kepala suku) yang telah meninggal. •Tempat menampung kedatangan roh.

Punden Berundak Punden berundak adalah bangunan pemujaan yang bertingkat – tingkat (berundak – undak). Sukabumi. Contohnya adalah Candi . Tempat pemujaan ini banyak ditemukan di daerah Cisolok. Fungsi Punden Berundak •Sebagai tempat mengadakan saji-sajian bagi masyarakat purba yang masih beragama animisme dan dinamisme.

agar mayat tersebut tidak dapat dimakan oleh binatang buas maka kaki mejanya diperbanyak sampai mayat tertutup rapat oleh batu. Kata "sarkofaus" berasal dari bahasa .Dolmen Dolmen atau Stonehenge adalah meja batu sebagai tempat sesaji dan pemujaan kepada roh nenek moyang. Adakalanya di bawah dolmen dipakai untuk meletakkan mayat.

Fungsi: Tempat menyimpan mayat yang disertai bekal kuburnya Dalam agama Hindu. Jawa Barat. Kubur peti batu banyak ditemukan di Kuningan. arca adalah Murti (Dewanagari) yang merujuk kepada citra yang menggambarkan Roh atau Jiwa Ketuhanan (murta) .Kubur Peti Batu Kubur peti batu adalah peti jenazah yang terpendam di dalam tanah berbentuk persegi panjang dan sisi sisinya dibuat dari lempengan lempengan batu.

Menurut masyarakat Bali Sarkofagus memiliki kekuatan magis/gaib. tetapi mempunyai tutup. Sarkofagus . Berdasarkan pendapat para ahli bahwa sarkofagus dikenal masyarakat Bali sejak zaman logam.Sarkofagus atau keranda adalah peti jenazah yang terbentuk seperti palung atau lesung. Sarkofagus banyak ditemukan di Bali dan di Sumbawa Barat.

Bagian atas berbentuk segitigas eperti bubungan rumah Bagian bawah berbentuk kotak yang .Waruga Waruga adalah kuburan atau makam leluhur orang Minahasa yang biasanya terbuat dari batu dan terdiri dari dua bagian.

kerbau. Arca tersebut ditemukan di . harimau dan moyet. Maksudnya. Bentuk binatang yang digambarkan adalah gajah. Sedangkan bentuk arca manusia yang ditemukan bersifat dinamis. Arca/patung-patung dari batu yang berbentuk binatang atau manusia.arca Megalitik banyak ditemukan di Sumatra Selatan diteliti oleh Von Heine Geldern. Arca batu gajah adalah patung besar dengan gambaran seseorang yang sedang menunggang binatang yang diburu.Arca Arca . wujudnya manusia dengan penampilan yang dinamis seperti arca batu gajah.

Megalith Muda menyebar ke Indonesia pada zaman perunggu (1000-100 SM) dibawa oleh pendukung Kebudayaan Dongson (Deutro Melayu). kebudayaan ini masih . Sampai sekarang. dolmen.Persebaran Megalitikum di Indonesia Menurut Von Heine Geldern. punden berundak-undak. kebudayaan Megalithikum menyebar ke Indonesia melalui 2 gelombang yaitu : 1. Contoh bangunan megalithnya adalah peti kubur batu. banyak ditemukan manik-manik. Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan bangunan batu besar seperti kuburan batu pada zaman prasejarah. Contoh bangunan Megalithikum adalah menhir. alat-alat perunggu dan besi. waruga Sarkofagus dan arca-arca dinamis. Hasil kebudayaan megalithikum biasanya tidak dikerjakan secara halus. Arca-arca Statis. 2. tetapi hanya diratakan secara kasar dan terutama hanya untuk mendapatkan bentuk yang diperlukan. Megalith Tua menyebar ke Indonesia pada zaman Neolithikum (2500-1500 SM) dibawa oleh pendukung Kebudayaan Kapak Persegi (Proto Melayu).

Persebaran Dolmen di Dunia Click (the vide o) to PLA Y the Vide o .

Terima Kasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.