Teori Atom Niels Bohr

Kelompok 4

Setiap atom terdiri dari sebuah inti kecil yang terdiri dari proton dan neutron dan sejumlah elektron pada jarak yang jauh.Pendahuluan • Atom adalah satuan unit terkecil dari sebuah unsur. • Model atom Bohr memperbaiki kelemahan model atom Rutherford (tidak dapat menjelaskan mengapa elektron yg mengelilingi inti atom tidak jatuh ke dalam inti atom sesuai dengan teori fisika klasik) .

Perbaikan Teori Rutherford Bohr menyatakan bahwa elektron mengelilingi inti dalam berbagai tingkat energi. . berdasarkan pengamatannya terhadap spektrum dari atom hidrogen yang dipanaskan yang menghasilkan cahaya pada gelombang tertentu.

Atom tersusun atas inti bermuatan positif dan dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif. . Elektron mengelilingi inti atom pada orbit tertentu dan stasioner (tetap). dengan tingkat energi tertentu. 2.Teori Atom Bohr 1.

elektron dapat berpindah dari orbit yang lebih tinggi ke yang rendah dengan melepaskan energi. 4. Sebaliknya. elektron menempati tingkat energi terendah (disebut tingkat dasar = ground state). Pada keadaan normal (tanpa pengaruh luar). Elektron pada orbit tertentu dapat berpindah lebih tinggi dengan menyerap energi. .3.

.Kelemahan Teori Bohr Hanya dapat menerangkan spektrum dari atom atau ion yang mengandung satu elektron (seperti hidrogen) dan tidak sesuai dengan spektrum atom atau ion yang berelektron banyak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful