R A K A E

G N

TI

BI

NA

W BA BA DI NGSA ER BU B

UPACARA SEBAGAI ALAT PENDIDIKAN

A

LA KS A

A M U K

A
NA

P
IH
S LA
K BA

R

I.

PENGERTIAN
Upacara adalah serangkaian perbuatan yang ditata dalam suatu ketentuan peraturan yang wajib dilaksanakan dengan khidmat dan tertib, sehingga merupakan kegiatan teratur untuk menciptakan kebiasaan yang mengarah kepada budi pekerti luhur.

II. TUJUAN Untuk membentuk manusia patriot Indonesia yang berbudi pekerti luhur dan taqwa kepada Tuhan YME. III. SASARAN 1. Memiliki rasa cinta kepada tanah air, bangsa dan agama 2. Memiliki rasa tanggungjawab dan disiplin diri. 3. Memiliki jiwa gotong royong dan percaya diri. 4. Selalu tertib dalam hidup sehari-hari. 5. Dapat memimpin dan dipimpin. 6. Dapat melaksanakan upacara dengan khidmat dan tertib 7. Meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan YME.

IV. ACARA POKOK
1.

Upacara dalam satuan Gerakan Pramuka ; - Pengibaran dan penghormatan Bendera sang Merah Putih. - Pembacaan Pancasila - Pembacaan ketentuan moral Pramuka - Do’a Bentuk barisan sesuai dengan ketentuan yang berlaku; di luar Gerakan Pramuka dilaksanakan dengan ketentuan penyelenggaraan upacara dan berlaku secara umum.

2.

V. MACAM UPACARA DALAM GERAKAN PRAMUKA
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

Upacara Umum Upacara Pembukaan Latihan Upacara Penutupan Latihan Upacara Pelantikkan Upacara Kenaikan Tingkat Golongan Upacara Pindah Golongan Upacara Pelepasan

VI. PELAKSANAAN
1.

2.

3.

Mengingat upacara dalam Gerakan Pramuka bersifat pendidikan, hendaknya dapat dilaksanakan secara menarik, menyenangkan, tertib, khidmat dan bervariasi Supaya tidak membosankan dan mencapai sasaran yang diinginkan, Pembina harus memahami : - PP Upacara dalam Gerakan Pramuka (Nomor : 178 tahun 1979 tanggal 27 Oktober 1979) - Acara Pokok dalam upacara - Keadaan dan perkembangan Peserta Didik Upacara akan menjadi kegiatan menarik yang mengandung unsur pendidikan, jika Pembina mampu berkreasi untuk menciptakan variasi, misalnya : - Tempat petugas upacara tidak tetap. - Pemberian penghargaan kepada kelompok yang paling rapi, disiplin, lengkap anggota, tepat waktu datang dsb. Hindari ada hukuman.

4. Lari atau berjalan dengan langkah tegap sebelum laporan 5. Menambah menyanyikan lagu wajib yang dapat membangkitkan semangat dan rasa persatuan 6. Dan sebagainya.

VII. CATATAN
Variasi pelaksanaan upacara hendaknya tidak mengurangi dan tidak menyimpang dari pokok peraturan upacara yang ada serta inti dan tujuan upacara tersebut, sehingga dalam halhal tertentu dapat dilaksanakan dengan gerakan tanpa kata hanya dengan isyarat

TERIMA KASIH

“TETAP MEMANDU “SALAM PRAMUKA !”

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful