Di susun oleh : 1. Aries Pratama 2. Asep Sudrajat 3. Endan Permana 4.

Ismatul Maula

Psikotropika dan Zat Adiktif.  Narkoba adalah suatu zat yang berpengaruh pada susunan syaraf pusat yang dapat menimbulkan perubahan kesadaran. Sri Astuti Psi Psikolog Rumah Sakit Jiwa Lampung). Selain "narkoba". . juga zat yang dapat menimbulkan adiksi. isi pikiran. istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah napza yang merupakan singkatan dari Narkotika.Pengertian Narkoba  Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. ini merupakan suatu pola penggunaan yang bersifat patogenik berlangsung dalam jangka waktu tertentu dan dapat meninbulkan ganggua fungsi sosial (Dra. perasaan dan perilaku pemakai.

1. Jenis-jenis narkoba  Opium  Cocain  Sabu-sabu  Ganja  Putau  Ekstasi .

muka pucat.Efek Narkoba 1. Fisik  berat badan turun drastis  mata terlihat cekung dan merah. dan bibir kehitam-hitaman  tangan ada tanda bekas luka sayatan. Goresan dan perubahan warna kulit di tempat bekas suntikan .

.Lanjutan. 2. dia malah menunjukkan sikap membangkang  emosinya naik turun dan tidak ragu untuk memukul orang atau berbicara kasar terhadap anggota keluarga atau orang di sekitarnya  nafsu makan tidak menentu. . Emosi  sangat sensitif dan cepat bosan  bila ditegur atau dimarahi.

. Perilaku  malas dan sering melupakan tanggung jawab dan tugas-tugas rutinnya  sering bertemu dengan orang yang tidak dikenal keluarga. pergi tanpa pamit dan pulang lewat tengah malam  suka mencuri uang di rumah. tempat sepi dan gelap.Lanjutan… 3. sekolah dan menggadaikan barang-barang berharga di rumah. Begitupun dengan barang-barang berharga miliknya.  waktunya kerapkali dihabiskan di kamar tidur. banyak yang hilang.

Yang Menyebabkan Seseorang Menggunakan Narkoba  Untuk bergembira /hura-hura. Solidaritas kelompok Karena takut kena tekanan dari anggota kelompok Ingin menonjol dan tampil berani Menghilangkan rasa bosan dan stress karena menganggap narkoba dapat menyelesaikan masalah Keinginan berontak terhadap kekuasaan orang tua.  Mudah dipengaruhi teman  Rasa ingin tahu yang tinggi untuk mendapatkan pengalaman baru dan         sensasi baru Ikut-ikutan teman karena takut kena ejekan. Mudah mendapatkan narkoba Rendahnya penghayatan terhadap agama . misalnya tidak macho seperti banci.

 Konsultasilah kepada petugas kesehatan bila anda memiliki masalah kesehatan termasuk gangguan pikiran.  Bina hubungan yang harmonis dengan orang tua sehingga perilaku kita lebih terkontrol. .Bagaimana pencegahannya?  Ketahuilah bahwa obat tersebut sangat berbahaya dan jangan sekali-kali mencoba.  Katakan tidak bila ada yang menawari.

INGAT. PESAN INI !              SANGAT MUDAH MENDAPATKAN OBAT TERLARANG SANGAT MUDAH UNTUK KETAGIHAN SEKALI MENCOBA AKAN KETAGIHAN BILA SUDAH KETERGANTUNGAN ANDA KEHILANGAN MASA DEPAN TIADA GUNA SESAL KEMUDIAN. . LEBIH BAIK TIDAK MENCOBA ANDA MASIH MUDA. PIKIRKAN MASA DEPAN MASA DEPAN ADALAH UNTUK ANAK DAN CUCU KITA..

.Terima Kasih. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful